Masalah Komputer Tidak Mau Menyala

Ada banyak faktor yang bisa membuat sebuah komputer tidak mau menyala, tidak mau booting, namun disini Saya hanya ingin menceritakan pengalaman Saya menghadapi masalah komputer yang tidak mau menyala.

dell komputer

Saya memiliki DELL Komputer Dengan Processor mPGA478B, setelah Mengganti Processor DELL Komputer Intel 2.2GHz Menjadi 1.8 GHz  komputer tersebut menyala dengan baik, namun beberapa hari kemudian entah mengapa komputer tiba – tiba mau booting. Ada beberapa hal yang Saya amati dari kejadian komputer tidak mau menyala tersebut, diantaranya :
  1. Lampu pada bagian motherboard menyala 
  2. Saat di tekan tombol power, kipas pendingin/coller processor berpatar sebentar kemudian mati kembali 
  3. Komputer tidak mau menyala, tidak mau booting

Awlanya Saya sedikit kesulitan dalam melakukan diagnosa kerusakan pada komputer, karena memang disana tidak bisa dikatakan power supply mengalami kerusakan mengingat lampu pada mother menyala yang menandakan listrik mengalir dengan baik, selain itu pada saat tombol power dinyalakan, coller/kipas pendingin processor menyala.


Saya mencoba metode sederhana untuk mendiagnosi bagian mana yang mengalami kerusakan, yaitu dengan cara melepas/menonaktifkan komponen hardisk dengan cara melepas kabel powernya.

Saat hardisk dinonaktifkan/daya dari power supply yang menuju hardisk dilepas komputer bisa booting dengan baik, namun saat Saya kembali memasngkan kabel power ke hardisk, komputer tidak bisa booting.

Sempat berfikir bahwa ada yang salah dengan kabel power supply, namun saat dicoba dipasangkan ke CD-ROM, ternyata komputer bisa booting.

Meskipun belum begitu yakin, tapi bisa disimpulkan bahwa penyebab komputer yang tidak mau menyala atau booting tersebut diakibatkan karena rusaknya komponen hardisk.

8 Responses to "Masalah Komputer Tidak Mau Menyala"

  1. Nah ini masalahnya sama, kemarin temen anak saya minta tolong laptopnya gak mau nyala, saya coba utak atik ga mau nyala juga, akhirnya saya pukul2 bagian bawahnya pelan2 eh gak disangka malah nyala, kang....

    ReplyDelete
  2. Saya pernah mengalaminya kang, waktu pertama belum tahu mah kagetnya minta ampun dan bahkan sampai berniat untuk membeli yang baru, tapi setelah saya panggil teman saya yang jago soal service komputer alhamdulillahnya bisa sembuh lagi deh.

    ReplyDelete
  3. biasanya sih saya coba hardisknya di komputer lain, kalo memang di komputer lain masalahnya jg sama, ya berarti benar hardisknya

    ReplyDelete
  4. Ya Allah...jangan samapi komputer saya nggak nyala, soalnya saya mah nggak ngerti soal jeroannya, masa sih saya kudu bawa komputer saya ke Pangandaran hanya untuk nyala-in komputer...jangan Ya Allah....jangan

    ReplyDelete
  5. saya ga berani otak atik jika komputer ga nyala..

    ReplyDelete
  6. Komputer saya nggak mau tampil padahal kipas cpu nyala,lampu hdd nyala eh taunya monitor yang masalah taunya setelah dicoba ke monitor lain jalan

    ReplyDelete
  7. kemungkinan RAMnya yg bermasalah menurut pengalaman saya

    ReplyDelete
  8. power supply bisa jadi faktor masalah kasus di atas, pengalaman saya :) ...

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...