Mengganti Banyak Kata Dalam Sekali Klik di MS.Word

Microsoft Office word merupakan salah satu aplikasi favorite yang sering digunakan untuk mengetik di komputer, meskipun sering sekali mengetik menggunakan Ms.Word namun Saya pribadi tidak pernah luput dari yang namanya “salah” ketik atau terkadang sering mengalami “kelabilan” saat menulis, misalnya Saya menggunakan kata “Website” dalam sebuah artikel yang Saya tulis, namun setelah selesai Saya berfikir untuk mengganti kata website menjadi “situs”

Bila mengganti hanya satu atau dua lembar saja,  mungkin bisa  menggunakan cara yang manual, menghapus dan menggantinya satu persatu. Namun bayangkan bila terdapat banyak kata yang ingin dirubah dalam 100 dokumen, tentu kita tidak mungkin melakukannya secara manual, selain merepotkan hal tersebut juga sebenarnya sangat tidak efisien.

Untuk itu disini Saya akan memberikan contoh cara untuk Mengganti Banyak Kata Dalam Sekali Klik di MS.Word
  1. Buka dokumen yang didalamnya berisi kata yang akan diganti 
  2. Tekan CTRL + H atau juga bisa klik menu “Replace” yang terdapat di pojok kanan atas menu “HOME” 
  3. Sehingga nanti muncul kotak/jendela seperti berikut 
    menampilkan kotak dialog find and replace
  4. Klik Tab “Replace” kemudian pada kotak “Find What” masukan kalimat/kata yang  ingin Anda ganti 
  5. Pada kotak “Replace With” masukan kalimat/kata yang baru

    mereplace tulisan
  6. Misalnya disini Saya ingin mengganti kata “Website” menjadi “Situs” maka pada kotak Find What Saya masukan kata “Website” dan pada kotak Replace With Saya masukan dengan kata yang baru yaitu situs “Situs” 
  7. Klik tombol “Replace” Untuk menggantinya secara satu persatu atau bisa tekan tombol “Replace All” untuk mengganti banyak kata sekaligus

Sebenarnya bukan hanya kata/kalimatnya saja yang bisa diganti, tapi formatnya juga bisa diganti, maksud format disini seperti underline (garis bawah), bold (tebal) ataupun italic (miring). 

 
Jadi nanti bisa lebih spesifik antara kata yang diganti dengan kata/kalimatnya penggantinya. Misalnya kata “Website” ingin diganti dengan kata “Situs” namun kata penggantinya ingin dicetak tebal, miring atau dengan garis bawah, maka pada kolom “Replace with” Anda bisa menekan CTRL+B, CTRL+I ataupun CTRL+ U, sehingga nantinya kata penggantinya akan dirubah sesuai format yang dimasukan pada kolom “Replace with”


2 Responses to "Mengganti Banyak Kata Dalam Sekali Klik di MS.Word"

  1. Biasanya saya pake cara ini kalo lagi rewrite.., hehehe

    ReplyDelete
  2. wah, informasinya sangat bermanfaat sekali mas...!! terima kasih atas infonya :)

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...