Sound Komputer Tiba - Tiba Tidak Bisa Mengeluarkan Suara


Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan sound komputer ataupun laptop tidak bisa berfungsi dengan baik, bisa karena hardwarenya rusak, atau karena softwarenya seperti karena driver sound belum diinstalkan, disini permasalahan yang Saya hadapi adalah sound komputer tiba – tiba tidak berfungsi seperti biasanya, tidak mengeluarkan suara, padahal driver sound sudah terinstal.

Awalnya Sound komputer bisa mengeluarkan suara seperti biasa, namun waktu itu ketika selesai melakukan uninstal software BlueSoilel, sound di komputer tiba – tiba jadi tidak bisa mengeluarkan suara, padahal driver sound di komputer sudah terinstal.
Sebenarnya ketika mendownload aplikasi blusoilel terbaru lalu kemudian menginstalnya di komputer, sound masih berjalan normal seperti biasa, namun permasalahan muncul ketika melakukan uninstal program tersebut.

Setelah melakukan pengamatan, ternyata setiap kali program blusoilel di Instal di komputer, dia juga menginstalkan sebuah driver sound dengan nama Bluetooth AV/HS Audio, Saya juga mencoba di komputer lain, dan memang komputer yang terinstal bluesoilel, bila dicek di device manager bagian soundnya, akan ada driver dengan nama “Bluetooth AV/HS Audio”
 
 
device manager win 7
 
Untuk dapat mengatasi hal tersebut dan membuat sound pada komputer kembali normal, caranya cukup mudah. Anda hanya cukup masuk ke bagian Device manager, disini sistem operasi yang Saya gunakan adalah Windows 7, untuk masuk ke device manager dan menguninstal driver sound, maka Anda bisa mengikuti langkah – langkah berikut
  1. Masuk ke windows explorer
  2. Klik kanan pada bagian komputer lalu pilih properties 
  3. Selanjutnya pilih Device Manager, maka nanti akan ditampilkan Device Manager/Driver yang terinstal akan ditampilkan disana, seperti yang bisa Anda lihat pada gambar diatas 
  4. Hapus/Uninstal semua driver Audio. Klik kanan lalu pilih uninstal 
  5. Selanjutnya bila sudah terhapus, klik kanan kembali pada device manager bagian sound, lalu pilih Scan for hardware changes 
  6. Nanti driver bawaan saat pertama kali instal windows akan di cari dan dipasangkan kembali, karena pada dasarnya jika di windows 7, biasanya driver dari hardware tertentu akan bersifat plug and play. 
  7. Terakhir restart komputer


Dengan cara diatas, sound komputer Saya bisa kembali normal dan bisa mengeluarkan suara seperti biasa.

Kadi permasalahan utama yang mengakibatkan sound komputer Saya tidak berfungsi adalah karena Saya melakukan uninstal aplikasi Blusoilel, dimana saat di uninstal, driver dengan nama Bluetooth AV/HS Audio tidak ikut terhapus, sehingga mengakibatkan gangguan pada driver sound yang lain.


0 Response to "Sound Komputer Tiba - Tiba Tidak Bisa Mengeluarkan Suara"

Post a Comment

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...