Video Tutorial Membagi Koneksi Internet Modem Huawei ke Smartphone


Membagi koneksi Internet menggunakan Modem Huawei ini sudah pernah Saya bahas pada artikel Sharing Koneksi Internet Menggunakan Modem Huawei E173. Kali ini Saya akan sedikit mengulasnya kembali tentang hal tersebut namun kali dalam bentuk tutorial video, serta akan kembali sedikit menjelaskan beberapa hal yang berkaitan dengan pembagian koneksi internet modem huawei

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui saat akan mencoba untuk membagi sebuah koneksi internet modem huawei ke perangkat smartphone, diantaranya:

  1. Modem Huawei 
  2. Laptop yang Memiliki Wi-Fi Adaptor
Modem Huawei ini sudah dilengkapi dengan aplikasi Mobile Partner yang merupakan aplikasi antar muka, antara pengguna dengan perangkat modem. Dalam aplikasi tersebut sebenarnya ada banyak fasilitas yang bisa di dapatkan oleh pengguna, menerima dan mengirim SMS, Menerima atau Melakukan panggilan telepon, dan yang terakhir adalah menu Wi-Fi yang berfungsi untuk membagi koneksi internet ke perangkat lain.

Berdasarkan pengalaman, ketika wifi laptop dalam keadaan mati/tidak aktif, fasilitas Wi-Fi Hotspot Modem Huawei ini tidak akan bisa diaktifkan, karena sebenarnya perangkat si Modem sendiri menggunakan jalur Wifi dari laptop, jadi perangkat smartphone tidak langsung melakukan koneksi ke modem melainkan melalui Wifi yang terdapat pada laptop
koneksi yang dibagi melalui adaptor wifi laptop


Ketika menu Wifi Hotspot Modem huawei diaktifkan maka secara otomatis, akan ada koneksi baru yang dibuat pada komputer, serta akan terdeteksi oleh perangkat lain yang juga memiliki adaptor wifi

Koneksi baru akan terbuat dan otomatis koneksi tersebut juga akan memiliki sebuah ip address seperti yang terlihat pada gambar diatas. Jadi nanti akan ada dua koneksi, yaitu : 
  1. Koneksi Mobile Broadband 
  2. dan yang Kedua koneksi wireless, dimana koneksi yang kedua akan menjadi jembatan bagi perangkat smartphone yang akan menikmati koneksi dari modem huawei.

Setiap perangkat smartphone yang berada di radius 100 meter sekitar modem Huawei, maka perangkat tersebut bisa ikut menikmati koneksi internet, hanya saja koneksi/sinyal tidak akan begitu bagus, sehingga sangat disarankan perangkat smartphone yang ingin ikut menikmati koneksi internet dari modem huawei ini berada pada jarak yang dekat atau 1-5 meter supaya koneksinya lancar.

Perangkat Smartphone yang bisa terhubung dan menikmati koneksi internet yang dibagi modem huawei bisa dibatasi, dan sangat disaranakan untuk membatasinya apalagi bila koneksi internet yang Anda miliki terbatas. Secara default pengaturan pembagian koneksi internet tersebut adalah 2 client


menu modem huawei untuk melihat perngkat yang sedang terhubung ke jaringan

Melalui menu Setting > Operation > Wi-Fi Hotspot. Anda bisa melihat daftar client/smartphone yang terhubung ke jaringan modem huawei Anda, seperti yang bisa Anda lihat pada gambar dibawah ini


melihat client yang terhubung ke jaringan modem

Disana akan di tampilkan nama Client hostname, Active for, Ip Address dan Mac address perangkat yang terhubung. Terlihat disana bahwa IP Address yang didapatkan oleh perangkat Smartphone adalah satu “network” dengan dengan koneksi Wi-FI yang kedua yaitu 192.168.137. 
IP address tersebut didapatkan secara otomatis atau dalam bahasa jaringan komputer disebut DHCP, jadi disini smartphone yang terhubung tidak langsung melakukan koneksi ke modem, melainkan melalui adaptor laptop, yang berperan sebagai koneksi kedua atau bisa disebut juga sebagai gateway/penghubung antara perangkat smartphone dengan modem yang terhubung ke laptop. 
Gambaran/alur pembagian koneksi internet modem huawei ke smartphone
Gambaran/alur pembagian koneksi internet modem huawei ke smartphone

Semua yang telah dijelaskan, hanya gambaran saja, bagiamana proses pembagian koneksi dari modem ke perangkat smartphone. Bila penjelasan Saya diatas keliru, mohon untuk diluruskan.

Video Tutorial Membagi Koneksi Internet Modem Huawei ke Smartphone





1 Response to "Video Tutorial Membagi Koneksi Internet Modem Huawei ke Smartphone"

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...