Disable Control Panel Windows

Control Panel merupakan antar muka yng bisa digunakan oleh pengguna Windows dalam melakukan pengaturan tertentu, seperti misal pengaturan koneksi jaringan, management user, menghapus program/aplikasi yang terpsng dan lain sebagainya, oleh karenanya control panel memiliki peranan yang cukup penting, mengingat antar muka dari control panel windows sendiri sangat dibutuhkan oleh pengguna dalam melakukan pengaturan – pengaturan tertentu.

Akse ke Control Panel sebenarnya bisa Anda batasi untuk setiap usernya dengan mengatur Local Group Policy Editor. Berikut ini adalah langkah – langkah untuk bisa disable control panel windows
  1. Klik button start, pada kotak search program and files tulisakan gpedit.msc
  2. Klik User Configuration > Administrative Template > Control Panel

    local group policy editor disable control panel
  3. Pada bagian “Prohibit access to the Control Panel” double Klik, sehingga akan muncul jendel baru seperti yang terlihat pada gambar diatas.
  4. Terakhir klik Enabled > Apply > OK

Sampai disini Control Panel sudah tidak bisa di akses lagi, bahkan menunya dihilangkan dari start menu windows, sekalipun user akan mencoba memamanggil control panel dari command prompt atau dari RUN, Control Panel tetap tidak akan bisa di akses, karena pada dasarnya yang dihilangkan bukan hanya menunya saja, melainkan fungsi/akses ke control panelnya juga akan dihilangkan selama pengaturan pada local group policy editor masih aktif.

1 Response to "Disable Control Panel Windows"

  1. Ini penting ya kang agar Control Panel komputer kita tidak bisa di akses orang lain...

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...