Membuat Laptop Restart Secara Terus Menerus Saat Dihidupkan

Bisa dibayangkan jika sebuah komputer/laptop saat pertama dinyalakan justru melakukan restart secara terus, pasti akan sangat memusingkan bukan ? hal tersebut memang bisa saja terjadi akibat sistem mengalami kerusakan, atau bisa saja itu terjadi akibat ulah iseng teman Anda.

Sebuah perangkat Laptop ataupun Komputer yang menggunakan Sistem Operasi Windows bisa di set untuk menjalankan program/perintah tertentu saat pertama kali dinyalakan/startup, dengan memanfaatkan fungsi untuk mengatur program yang dijalankan pada saat sebuah komputer windows starup, maka tentu saja hal tersebut sangat mudah sekali untuk dilakukan, termasuk salah satunya adalah membuat sistem menjalankan perintah untuk melakukan restart ketika windows melakukan startup.

Local Group Policy Editor Windows merupakan salah satu fungsi yang bisa dimanfaatkan untuk menjalankan rencana iseng ini, dengan cara mengatur proses Logon Windows supaya menjalakan perintah untuk melakukan restart. 

Supaya Saya tidak terlalu banyak menjelaskan silahkan pelajaribaca dulu artikel tentang Membuat Ucapan Selamat Ulang Tahun Ketika Komputer Dinyalakan

Pada artikel sebelumnya Saya memanfaatkan Local Group Policy Editor untuk kepentingan mengucapkan selamat ulang tahun dalam bentuk gambar ketika windows selesai melakukan startup, windows akan menjalankan file gambar dengan ucapan selamat ulang tahun.

Nah kali ini juga Saya akan membahas hal yang tidak jauh berbeda dengan artikel sebelumnya, namun dengan kepentingan yang berbeda, yaitu sama – sama mengatur file untuk dijalankan saat pertama kali Windows Startup, namun disini file yang dijalankan adalah file batch/cmd yang berisi perintah untuk melakukan Restart

Baca  : Tips Shutdown Komputer Secara Otomatis Dengan Waktu

Bentuk perintahnya sedikit berbeda dengan parameter shutdown/restart biasa yang dilakukan pada command prompt, karena disini kita akan membungkus perintahnya menjadi sebuat file BAT, file tersebut tentunya berisi perintah restart yang kemudian  nantinya  di tambahkan pada script LOGON Local Group Policy Editor agar di jalankan saat windows start up

Secara default perintah untuk shutdown ataupun restart adalah sebagai berikut

1.    Shutdown : shutdown –s
2.    Restart : shutdown –r
 
Kemudian nanti Anda bisa saja memainkan waktu dari shutdown/restart tersebut dengan menambahkan parameter –t (waktu)

Contoh 1:
shutdown -r -t 500

Perintah diatas merupakan perintah yang digunakan untuk melakukan Restart dalam waktu 8 menit. Hitungannya 1=60 detik, 500/60 = 8,3 menit. Jika dijalankan secara normal bentuk perintahnya memang seperi contoh diatas, namun bila itu disimpan dalam sebuah bentuk file BAT/CMD, maka nanti penulisannya  seperti ini

Contoh 2 :
@echo off
shutdown.exe –r –t 500

Nanti buat file atau copy script pada contoh 2 ke notepad kemudian simpan dalam ektensi .bat

file bat yang berisi perintah untuk restart
 
Selanjutnya untuk membuat laptop/komputer restart secara terus menerus, silahkan ikuti langkah berikut
  1. Siapkan batch file/script cmd yang berisi perintah untuk restart 
  2. Kemudian buka Local Group Policy Editor Windows

    mengatur logon windows supaya menjalankan file
  3. Nanti pada script logon windows settings tambahkan file cmd yang sudah dibuat sebelumnya 
  4. Terakhir klik OK

Nanti saat windows startup/pertama kali dinyalakan, maka akan ada peringatan seperti berikut

peringatan shutdown

Dari peringat diatas, Saya mengeset waktu restartnya selama 8 menit, bila ingin lebih cepat restartnya, silahkan set waktunya seminim mungkin.

Kemudian bila ingin lebih kejam lagi, silahkan pelajari artikel : Jangan Pernah Melakukan Pengaturan ini Terhadap Komputer Windows Temanmu, dari artikel itu nanti Anda bisa mengeset supaya Local Group Policy tidak bisa dibuka lagi, sehingga pengaturan startup tidak bisa dikembalikan ke pengaturan semula.

Semua yang Anda pelajari ini semata – mata hanya untuk pembelajaran saja, bila tidak ingin jadi korban dari ulah iseng orang – orang yang tidak bertanggung jawab, maka Saya sarankan untuk tidak memberikan hak akses laptop/komputer kepada orang yang tidak Anda percaya.

Bila Anda menggunakan cara ini, maka semua kerusakan ataupun kerugian materil yang dialami oleh korban maka hal tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda.


Lihat Video Tutorialnya juga 





1 Response to "Membuat Laptop Restart Secara Terus Menerus Saat Dihidupkan"

  1. Teringat laptop ku restart terus
    Ternyata ulah dari dia yang jenius
    Mengganggu aku karena online teruuuuus

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...