Perpanjang Domain di Niagahoster Dengan Mandiri Virtual Account

Jujur saja waktu itu Saya sedikit keder ketika akan melakukan pembayaran perpanjangan domain di Niagahoster, karena biasanya Saya melakukannya secara manual, yaitu langsung mengirim uang ke rekening Bank Mandiri Niagahoster,kemudian mengupload bukti pembayarannya. Yang membuat keder sebenarnya adalah disana pihak Niagahoster sudah tidak lagi mencantumkan no rekening bank Mandiri yang biasa saya gunakan untuk transfer, disana hanya tertera Bank BRI, BNI dan BCA.

Saat ditanyakan mengapa Niagahoster tidak lagi mencantumkan no.rekening Bank Mandiri, pihak Niagahoster mengatakan bahwa Pembayaran lewat Mandiri sekarang sudah otomatis aktifasi melalui Mandiri Virtual Account. Disini Saya sebenarnya masih bingung apa maksudnya otomatis aktifasi dan Mandiri Virtual Account

Apa itu Mandiri Virtual Account ?

Kata Virtual memang pernah Saya dengar, tapi bukan dalam dunia perbankan melainkan istilah tersebut pernah Saya temukan dala enkripsi TrueCrypt, dimana Truecrypt akan membuat sebuah Virtual drive, satu drive (hardisk/flashdisk) yang terdapat di komputer bisa dibagi menjadi dua, bahkan bisa bisa lebih, tapi bukan partisi, namun itu hanya seolah – olah saja terlihat menjadi seperti ada dua paritisi.

Dari pembelajaran tersebut menurut paham Saya,  mungkin yang dimaksud dengan Mandiri Virtual Account tersebut adalah layanan yang bisa membuat sang pemilik akun menjadi seolah – olah memiliki banyak akun dengan kode transaksi yang berbeda, namun masih tetap menggunakan satu akun yang sama.

Tata Cara Perpanjang Domain di Niagahoster Melalui Mandiri Virtual Account

Caranya sangat mudah, pertama silahkan lakukan order perpanjangan domain terlebih dahulu seperti biasa, lihat caranya pada artikel : 
Mengecek Tanggal Kadaluarsa Domain dan Cara Memperpanjangnya di Niagahoster, kemudian nanti catat kode pembayarannya
  1. Cari ATM terdekat, disini Saya menggunakan ATM Mandiri 
  2. Masukan kartu ke Mesin ATM seperti biasa 
  3. Pada layar ATM pilih menu Bayar/Beli

    pilih menu bayar/beli
  4. Pilih lainnya 
  5. Kemudian nanti pilih menu “Multi Payment”

    pilih menu multy payment
  6. Langkah berikutnya 
  7. Masukan kode bayar perusahaan / Instansi, untuk kode bayar dari  Niagahoster ini adalah 70002, klik benar

    masukan kode bayar instansi/perusahaan
  8. Selanjutnya masukan Kode Merchant (264), lalu klik benar

    memasukan kode merchant
  9. Berikutnya masukan kode pembayaran Anda, klik benar

    masukan kode pembayaran
  10. Bila kode pembayaranya benar, maka secara otomatis nanti akan ada rincian pembayaran serta nama perusahaan penerima pembayarannya secara otomatis 
    menampilkan detail pembayaran
  11. Selanjutnya tekan angka 1, lalu klik Ya 
  12. Kemudian setelah itu konfirmasi  kembali dan kelik Ya

Saya sebenarnya belum pernah melakukan pembayaran dengan metode seperti ini sebelumnya, jadi memang agak sedikit keder,meskipun sebenarnya memang dari Niagahoster sendiri sudah ada petunjuknya, maklum wong deso, jarang main ATM

Setelah melakukan pembayaran dengan metode ini, domain secara otomatis langsung di perpanjang, kalau dulu harus repot – repot upload bukti pembayaran terlebih dahulu, sekarang jika sudah dibayar,  domainnya secara otomatis langsung di perpanjang. Jadi memang metode pembayaran dengan Virtual Account Mandiri ini bisa dibilang lebih praktis dan efisien, baik itu dari pihak Niagahosternya, maupun pihak client yang menggunakan layanan niagahoster

Tapi meskipun memang hal tersebut dilakukan secara otomatis ketika dibayar, alias tidak perlu scan dan upload bukti pembayaran, namun Saya sarankan untuk tetap menyimpan bukti pembyarannya untuk jaga – jaga kalau – kalau terjadi kegagalan dalam sistem.

Kesimpulan :
Untuk melakukan perpanjangan domain di Niagahoster menggunakan metode Mandiri Virtual Account
  1. Catat kode pembayaran 
  2. Catat nomor kode bayar perusahaan (70002) 
  3. Catat Kode Merchant (264) 
  4. Terakhir pergi ke mesin ATM terdekat, lalu gunakan menu “Bayar/Beli” kemudian pilih jenis pembyarannya yaitu “Multi Payment”

1 Response to "Perpanjang Domain di Niagahoster Dengan Mandiri Virtual Account"

  1. Wah Usia domain Root93 sudah setahun Yah makin tua makin berisi nih...Saya malah april ini perpanjang.Bagi yang biasa transfer bank mungkin pakai virtual agak ribet karena harus mencatat kode perusahaan dan kode merchant.

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...