Perbedaan SDRAM, DDR1, DDR2 dan DDR3

Dalam perkembangannya RAM (Random Access Memory) telah banyak mengalami perkembangan, hal tersebut memang sejalan dengan perkembangan hardware lainnya seperti processor, motherboard dll, yang memang telah didesain agar memiliki kinerja lebih dari perangkat sebelumnya.


Bila diperhatikan setiap generasi RAM memiliki perbedaan, selain kemampuan secara teknis juga bila dilihat secara fisik memang terdapat perbedaan, terutama pada bagian soketnya yang memang telah di rancang berbeda mengikuti soket memori yang terdapat di motherboard

perbedaan ram DRAM, DDR1, DDR2 dan DDR3



SDRAM
SDRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory) RAM jenis ini memiliki kemampuan setingkat di atas EDO-RAM. Slot memori untuk SD RAM adalah 168 pin. Bentuk SD RAM adalah Dual Inline Memory Modul (DIMM). Memiliki kecepatan di atas 100 MHz. Biasanya masih banyak dipakai untuk Komputer Pentium 2 dan Pentium 3 dan Komputer Pentium 4 generasi pertama ada yang masih menggunakan jenis RAM ini

Doule Data Rate (DDR) SDRAM (sering disebut DDR1),
Dengan data transfer 64 bits, DDR SDRAM menggunakan DIMM 184 pin. DDR SDRAM memberikan transfer rate sebesar : memory bus clock rate x 2 x 64 / 8. Jika frekuensi bus 100 MHz, berarti maksimum kecepatan transfer datanya adalah (100x2x64) /8, yaitu 1600 MB perdetik.

DDR 2 SDRAM,
Merupakan kelanjutan dari teknologi DDR SDRAM. Diperkenalkan pertama kali pada kwartal kedua tahun 2003, kemudian pada akhir tahun 2004 DDR2 mulai menggantikan standar DDR1. Tidak seperti DDR SDRAM, DDR2 menggunakan DIMM 240 pin, dan tidak kompatibel dengan DDR SDRAM yang menggunakan 184 pin.

DDR3 SDRAM,
Merupakan pengembangan lanjutan dari DDR2, dimana keuntungan utama dari DDR3 adalah memiliki kemampuan transfer data dua kali lebih cepat dari DDR2. DDR3 mengkonsumsi daya 30% lebih hemat dari DDR2, hanya 1.5 V (DDR2 1.8V, DDR1 2.5 V). Pasokan daya 1.5 V, bekerja dengan baik dengan teknologi 90 nanometer.

Lihat juga : 

1 Response to "Perbedaan SDRAM, DDR1, DDR2 dan DDR3 "

  1. Klau punya laptop yg masih ddr2 bisa ngg dipasan ddr3 kan sama pinx gan.. dan kira2 ada efekx ngg ya.?

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...