Cara Memperbaiki Sekring Listrik Yang Bermasalah



Menurut kamus bahasa Indonesi sekring adalah  alat untuk mengukur atau mengamankan arus listrik. Sepotong kawat yang menghubungkan rangkaian arus listrik, tapi kadang juga orang – orang sering menyebutnya Sikring. Sedangkan pada artikel Wikipedia disebut Sekering, tapi pada initinya semua kata tersebut merujuk pada suatu benda yang sering digunakan sebagai pengaman dalam suatu rangkain listrik


Pengertian Sekring
Sekring/Sekering  adalah suatu alat yang digunakan sebagai pengaman dalam suatu rangkaian listrik apabila terjadi kelebihan muatan listrik atau suatu hubungan arus pendek.

Cara Kerja Sekring
Cara kerjanya apabila terjadi kelebihan muatan listrik atau terjadi hubungan pendek, maka secara otomatis sekering tersebut akan memutuskan arus listrik dan tidak akan menyebabkan kerusakan pada komponen yang lain.

Sekring /sikring memang tidak ada hubungannya dengan dunia komputer tapi kalau sekring dirumah bermasalah atau rusak maka peralatan komputer tidak bisa digunakan, atau bahkan bisa saja kalau listrik dirumah tidak stabil sering padam dan menyala tiba – tiba, bisa saja mengakibatkan kerusakan pada peralatan komputer yang kita gunakan dirumah. 

Baru – baru ini juga sekring dirumah Saya sedikit bermasalah, Saya tidak tahu pasti apa penyebabnya, namun kurang lebih gejala – gejala yang ditimbulkan akibat masalah tersebut adalah sebagai berikut

1. Aliran Listrik Tidak Stabil
Listrik dirumah kadang – kadang menyala, kadang – kadang padam dengan tiba – tiba, seperti tidak stabil

2. Kilometer Listrik Dalam Keadaan ON / Menyala
Seharusnya kalau memang ada kelebihan beban atau konsleting, biasanya kilometer listrik akan langsung menutup alirannya, atau langsung otomatis menutup tombol ke OFF, tapi hal tersebut tidak terjadi pada aliran listrik dirumah Saya, jadi memang sama sekali tidak ada konsleting

3.  Arus listrik tempat sekring ditempatkan masih mengalirkan listrik
Bila dicek menggunakan tespen, ternyata arus listrik pada sekring ada dan masih mengalirkan listrik, ini ditunjukan oleh lampu indikator tespen yang menyala

Cara Memperbaiki Sekring Listrik Yang Bermasalah
Sekring yang digunakan dirumah Saya merupakan sekring yang mungkin terbilang jadul kalau dibandingkan dengan sekring yang ada pada saat ini, sekring ini harganya kalau tidak salah hanya Rp. 3.000. Langkah perbaikan sekring yang saya lakukan adalah sebagai berikut
  1. Tutup dulu aliran listrik dari kilometer
  2. Cabut Sekring dengan memutarnya seperti baud sampai terlepas
  3. Setelah itu pisahkan bagian dalam sekring dari rumahnya (isolator)
    skring dipisangkan dari casingnya
  4.  Bila Sekring sudah dipisahkan, nanti persiapkan sebuah tembaga, atau isi kabel yang kecil, atau bisa juga menggunakan isi kabel yang tembaganya berserat – serat

  5. Lepas tutup sekring bagian bawah yang menutup tembaga, sehingga nanti akan terlihat seperti berikut

    sekring
    • 1) Cabut kabel/tembaga sebelumnya, lalu ganti dengan yang baru, ukurannya yang sedang saja, atau bisa juga pakai satu tembaga
    • 2) Masukan tembaga yang sudah dipersipakan dari bagian lubang no. 2, sampai ujung tembaganya keluar, kaitkan/lipat ujungnya ke pinggir supaya tidak terlepas, lalu tutup kembali, begitupun dengan ujung tembaga nomor 2 lipat ujungnya supaya menempe

  6. Terakhir pasang kembali sekring ke tempat asalnya, lalu nyalakan kembali kilometer listrik

Dalam kasus ini  ternyata sekring yang dipasang diatas tidak berhasil, listrik memang bisa kembali normal, hanya saja, masih tidak stabil,  kadang tiba – tiba padam, tidak bisa bertahan dalam waktu lama. Saya berfikir, ada kemungkinan karena tembaga yang saya gunakan kecil sehingga listrik tidak stabil

Karena Saya tidak mau repot akhirnya Saya coba beli sekring yang otomatis, Saya tidak tahu mengapa disebut sekring otomatis, mungkin karena ada tombolnya

sekring otomatis
Sekring ini memiliki dua tombol, tombol yang besar harus ditekan/dipencet supaya sekring aktif, sedangkan yang kecil digunakan untuk menonaktifkan fungsi sekring, mirip seperti tombol on/off, kurang lebih begitu apa yang Saya pahami dari penjualnya.

Meskipun pada gambar terlihat ada sebuah penampang/alas seperti penutup, tapi sebenarnya sekring yang ada didalamnya tidak memiliki alas seperti yang terlihat pada dus. Saat ditanyakan pada penjualnnya, sekring tersebut memang tidak memiliki alas. Mungkin itu hanya untuk menggambarkan menempelnya antara sekring bagian dudukan sekring listrik. Saat Saya beli, sekring tersebut harganya Rp. 18.000, kalau dibandingkan dengan sekring yang dulu, mungkin agak mahal, tapi memang kemampuan dan desainnya tidak seperti sekring yang murah.

Instalasi Sekring Automatic/Otomatis New Pallas
Sebenarnya instalasinya sama saja seperti sekring biasa pada umumnya, hanya saja memang sekring ini memiliki tombol saja yang perlu ditekan sebelum ditempel kedudukan.
  1. Pastikan kilometer dalam keadaan mati
  2. Tekan tombol besar yang terdapat pada sekring
  3. Lalu pasangkan sekring ke tempatnya seperti gambar dibawah ini
    Sekring sudah dipasang
  4. Untuk memasangnya Anda cukup memasukan sekring pada tempatnya, lalu memutarnya seperti memasang baud
  5. Terkahir nyalakan listrik/kilometernya

Perlu diperhatikan saat memasang sekring ini, pastikan ujung sekring menempel dengan baik pada tempat sekring/saklar (benda hitam), saat memasang ke area saklar jangan terlalu menekannya secara kuat, yang sedang – sedang saja, karena berdasarkan pengalaman, saat sekring dipasangnya terlalu menekan atau kuat, listrik malah tidak mau menyala, jadi biasa – biasa saja seperti memasang bola lampu. 

Pada akhirnya dari pada repot, mending beli sekring baru, tapi memang sebelum membeli sekring baru, perlu ada diagnosa - diagnosa kecil untuk memastikan bahwa memang yang menjadi penyebab atau sumber kerusakan ada pada sekring listrik

#update tambahan
Setelah menggunakan sekring otomatis, ternyata dalam beberpa jam sekitar kurang lebih 3 - 6 jam pemakaian ,  listrik dirumah tiba - tiba padam, namun kilometer masih dalam keadaan menyala, hal tersebut berulang sampai 3 kali dengan rentan waktu yang berbeda - beda, disini Saya sedikit bingung, terakhir saya coba pasang sekring secara kuat sampai berbunyi krek, seperti ada benturan dengan besi penampangnya, dan listrik kembali menyala, namun meskipun sudah menyala, tapi saya tidak yakin bisa bertahan lama.

Jadi memang teori pemasangan sekring, baik ditekan secara keras ataupun sedang - sedang tidak berpengaruh, karena memang kalau antara ujung besi sekring dengan penampangnya tidak pas atau ada masalah, ada kemungkinan listrik tidak akan menyala, atau sekalipun menyala, mungkin tidak dapat bertahan lama seperti yang saya alami. Jadi diduga kuat bahwa Box Sekring bermasalah


Baca : 

6 Responses to "Cara Memperbaiki Sekring Listrik Yang Bermasalah"

  1. Dulu sih serng ngeliat ortu melakukan seperti hal di atas saat sekering rusak, tapi saya gak brani nyoba kang, resikonya besar kjalo gak ngerti caranya...

    ReplyDelete
  2. Usahakan satu tembaga yang tipis/sedang. saya setuju. Sebab kalau terlalu banyak takutnya nanti saat konslet sekering tidak mau putus. Berbahaya pastinya.
    Sekering otomatis lebih terasa enak karena lebih praktis.

    ReplyDelete
  3. kalau udah mati atau nyala mati biasanya nggak berani nyalain, dibiarin mati aja bang sampai ada yang benerin :D

    ReplyDelete
  4. kalo di saya sekarang ga ada itu ya mas pasng listrik itu. langsung MCB di kilometernya aja. kalo konslet langsung jeklek aja di kilometerya itu

    ReplyDelete
  5. Kalo sekarang sudah banyak yang diganti menggunakan MCB mas, karena dirasa lebih praktis dari pada menggunakan sekring

    ReplyDelete
  6. Saya sering liat bapak selalu perbaiki sekring listrik kayak metodenya mas, tapi jujur saya sampai sekarang masih belum berani main-main dengan peralatan listrik.

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...