Cara Mengatasi Failed to get available update data Drupal


Beberapa hari yang lalu Saya mengalami masalah Failed to get available update. Masalah tersebut terjadi setelah Saya melakukan update drupal. Awalnya Saya mencoba melakukan update drupal dari versi 7.51 ke 7.52 dan berhasil, tidak terjadi masalah apapun, kemudian Saya coba update lagi dari versi 7.52 ke 7.56 dan berhasil juga, versi Drupal Core berhasil dirubah hanya saja pada halaman available update, baik pada drupal core maupun module yang digunakan terdapat pesan “Failed to get available update data”, seolah – olah ada yang salah atau error
 
Saat mengalami masalah tersebut hal pertama yang Saya coba lakukan adalah melakukan pengosongan atau pembersihan cache atau “Flush all caches” namun hasilnya pada halaman available updates masih menampilkan pesan “Failed to get available update data”

Akhirnya setelah coba – coba Saya menemukan cara untuk mengatasi permasalahan tersebut, dan cara ini berhasil mengatasi masalah “Failed to get available data” pada situs Drupal Saya.

Berikut ini adalah Cara Mengatasi Failed to get available update data di Drupal

  1. Pertama bersihkan dulu semua cache (Flush all caches) 
  2. Disini saya menggunakan menu module Adminitrasi, jadi untuk melakukan pembersihan cache. Arahkan kursor ke icon home kemudian pilih “Flush all caches” 
  3. Lalu jalan file update, atau bisa arahkan mouse ke icon home lalu pilih “Run Updates” 
  4. atau nanti bisa jalankan file update secara langsung misal, situsanda.com/update.php 
  5. Bila berhasil nanti tidak akan ada lagi pesan Failed to get available update data seperti berikut

    berhasil mengatasi masalah, update available
Setelah berhasil melakukan perbaikan terhadap masalah diatas besoknya masalah tersebut muncul lagi. Pada halaman available updates kembali terdapat pesan Failed to get available update data, kemudian akhirnya Saya coba melakukan flush all caches, dan pesan tersebut menghilang, mungkin bila tidak berhasil Anda bisa coba jalankan kembali perintah update.

Saya kurang paham penyebab dari masalah ini, namun ada yang bilang bahwa pesan kesalahan tersebut diakibatkan karena koneksi internet lambat, sehingga situs tidak bisa menampilkan update yang sudah tersedia dan hanya menampilkan pesan failed. Sepertinya memang masalahnya seperti itu, karena setelah menggunakan koneksi yang lebih baik, masalah tersebut tidak muncul lagi



0 Response to "Cara Mengatasi Failed to get available update data Drupal"

Post a Comment

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...