Melihat Rincian Laporan Penghasilan Adsense Perbulan


Bila ingin serius menjadi publisher adsense tentu ada banyak hal yang perlu kita lakukan untuk menunjang keberhasilan kita agar sukses menjadi seorang publisher adsense seperti salah satunya adalah dengan melakukan pengamatan atau pengontrolan laporan adsense setiap bulannya.

Hasil laporan tersebut tentu nantinya bisa dicatat dan dibandingkan dengan laporan penghasilan bulan sebelumnya, kemudian nanti laporan penghasilan tersebut dibandingkan dengan jumlah trafik blog setiap bulannya.

Sebelumnya Saya sudah melakukan beberapa percobaan untuk iklan Adsense diantaranya ;
  1. Mencoba Fasilitas Keseimbangan Iklan Google Adsense 
  2. Mengoptimalkan Iklan Adsense Dengan Iklan Khusus Mobile

Sebenarnya sudah satu bulan saya melakukan uji coba tersebut, terutama yang paling Saya amati adalah untuk fasilitas keseimbangan iklan, karena fasilitas tersebut akan membuang iklan – iklan dengan nilai rendah sehingga dampaknya iklan yang ditampilkan juga akan sedikit, namun disisi lain iklan yang sudah diseimbangkan akan menyisakan iklan – iklan dengan nilai bayaran yang tinggi, tapi hal tersebut tidak menjadi jaminan, terutama jika memang trafik situs kita rendah. Disisi lain Saya juga sempat berfikir bahwa bila iklan tidak diseimbangkan maka semakin banyak dan beragam iklan yang bisa ditampilkan meskipun nilainya kecil, kendati demikian saya masih penasaran untuk mencoba fasilitas keseimbangan iklan untuk melihat dan membandingkan hasil setiap bulannya.

Sementara ini fasilitas keseimbangan iklan yang Saya coba menghasilkan nilai yang rendah dibandingkan sebelum mengaktifkan fasilitas ini, meski perbedaanya tidak terlalu jauh berbeda, namun tetap saja fasilitas ini belum mampu menaikan penghasilan Adsense saya secara signifikan.

Melihat Rincian Laporan Penghasilan Adsense Perbulan
Kadang saya tidak ingin terlalu repot melihat rincian laporan pengahsilan adsense secara detail setiap harinya, Saya lebih suka melihat laporan rincian perbulannya. Untuk dapat Melihat Rincian Laporan Penghasilan Adsense Perbulan caranya sebagai berikut :
  1. Masuk ke akun adsense masing – masing 
  2. Lalu Klik menu adsense > settings > payments

    melihat transaksi
  3. Selanjutnya klik link “MELIHAT TRANSAKSI”, nanti Anda akan langsung diarahkan ke halaman berikut 
    melihat rincian penghasilan
  4. Pada menu bagian atas Anda bisa mengeset untuk melihat laporan per 3 bulan atau semua laporan 
  5. Laporan adsense biasanya akan dibagi menjadi beberapa kategori atau bagian, tergantung dari jenis konten atau layanan Adsense yang kita gunakan, misal dalam laporan diatas laporan penghasilan dibagi menjadi 3 bagian, diantaranya
    • Penghasilan – Youtube
      Saya mengaktifkan dan memonetisasi video di youtube menggunakan akun adsense yang sama, sehingga laporannya akan dibuat pada halaman ini
       
    • Lalu Lintas Tidak Valid – Adsense Konten
      Lalu linta tidak valid maksudnya adalah lalu lintas, atau klik iklan yang tidak menghasilkan apa – apa, bila penghasilan dalam satu bulan adalah $75, lalu ada lalu lintas tidak valid sebesar $0,5 maka nanti $75 – 0,5 = nilai akhir
      [Baca : Mengapa Saldo Akun Adsense Jadi Minus ? ]
    • Penghasilan Adsense Untuk Konten
      Ini maksudnya penghasilan untuk jenis iklan konten text, image, image+text, atau tautan
       
    • Penghasilan Adsense Penelusuran
      Penghasilan ini didasarkan pada penghasilan yang didapat dari penelusuran atau kotak telusur Adsense yang terdapat di blog [ Baca : Cara Terbaru Menambah Kotak Penelusuran Adsense ]


Dengan melihat rincian laporan penghasilan adsense setiap bulannya, kita jadi tahu berpa jumlah penghasilan setiap bulannya, dan konten mana yang paling besar memberikan keuntungan, selanjutnya laporan tersebut mungkin bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk menyusun strategi dalam meningkatkan penghasilan setiap bulannya.


2 Responses to "Melihat Rincian Laporan Penghasilan Adsense Perbulan"

  1. Ya mas terkadang kita terlalu terburu-buru untuk mendapatkan hasil dari iklan adsense. Sebentar-sebentar liat penghasilan adsense, padahal jika kita bisa santai sedikit maka tidak akan dipusingkan dengan hal demikian.

    So, nikmati saja perjalanan adsense seperti menanam sebuah pohon yang kelak akan berbuah jika sudah waktunya.

    ReplyDelete
  2. Saya mah dari dulu belum di terima juga sama adsense

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...