Mencoba Modul Drupal Quicktabs


Quicktabs merupakan salah satu module di drupal yang berguna untuk menampilkan sebuah konten, node, view ataupun block didalam tab dengan nilai yang berbeda – beda. Module ini memungkinkan Anda untuk menambahkan kontan view, block, ataupun node yang berbeda – beda pada setiap tab yang ditambahkan. Contohnya bisa Anda lihat pada situs kemenkeu.go.id

quicktabs


Waktu itu saya memang sedikit penasaran tentang bagiamana membuat sebuah block tab,  dimana pada setiap tabnya diisi dengan konten yang berbeda – beda, atau view yang berbeda- beda, dan akhirnya saya menemukan modul quicktabs yang bisa memenuhi keinginan saya tersebut. Penggunaan modul ini sangatlah mudah, kita bisa menambahkan sebuah node, view atau block kedalam tab, jadi nanti kalau ingin menambahkan sebuah view atau block yang dibuat menggunakan view, maka buatlah dulu konten view atau blocknya terlebih dahulu.


Instalasi dan Konfigurasi Module Quictabs
  1.  Download module quictabs dari situs resmi drupal, kemudian instal dan aktifkan modul tersebut 
  2. Selanjutnya untuk menambahkan quick tab baru. Klik menu structure > quicktabs > add quick tabs instance 
  3. Pada kolom title masukan judul dari quick tabs yang Anda buat 
  4. Kemudian pada style silahkan juga pilih gaya dari tab yang akan ditampilkan 
  5. Selanjutnya Silahkan sebuah tab baru seperti dibawah ini

    konfigurasi modul quicktabs
  6. Pada tab title silahkan tambahkan judul tabnya, kemudian nanti pada tab type pilihlah tipe data yang ingin ditampilkan pada tab. 
  7. Jika Anda ingin menambahkan tab lainnya, silahkan klik tombol Add tab 
  8. Terkahir, bila sudah selesai klik Save

Sampai disini sebuah tab sudah berhasil ditambahkan. Ketika sebuah quick tabs sudah dibuat, maka secara otomatis dia akan berada pada konfigurasi block. Jadi nanti Anda pergi ke konfigurasi block kemudian tempatkan tab posisi atau pada bagian tertentu di website.


Video Instalasi dan Konfigurasi Drupal Quicktabs


4 Responses to "Mencoba Modul Drupal Quicktabs"

  1. Setiap saya mampir ke blog ini pasti dapat pengetahuan baru, meskipun kadang saya cuma bisa manggut-manggut aja

    ReplyDelete
  2. sejak pertama kalidikenalkan oleh mang admin soal drupal, sejak itu pulak sayah mah menggunakan Modul Drupal Quicktabs, maklum lima hari setelah berkenalan, saya mah langsung maen kerumahnya sih...malahan udah kenal sama kedua orang tuanya saya mah...mang admin pasti belum kenal kan?

    ReplyDelete
  3. Kira-kira ini bisa dipasang diblog kagak ya ? atau hanya untuk website yang berbayar ? Sebenarnya saya baca juga sedikit kurang bisa memahami.

    ReplyDelete
  4. Yang mau coba Drupal Quicktabs silahkan baca ulasannya di blog keren ini yak..

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...