Sekring Listrik Rusak Tagihan Listrik Melonjak

Bulan lalu (Juli) tagihan listrik dirumah saya melonjak, tagihannya naik dua kali lipat, biasanya tagihan listrik hanya sekitar Rp. 60 sampai 70 ribu namun pada bulan Juli lalu tagihan listrik dirumah saya mengalami kenaikan yang sangat sulit dimengerti.

Saat itu saya mencoba membayar tagihan listrik di alfamart terdekat dengan membawa uang hanya Rp. 100.000 saja karena saya berpikir uang tersebut cukup untuk membayar tagihan listrik . Tapi ternyata uang tersebut tidak cukup karena tagihan listrik Saya mencapai Rp. 164.498. Yang jadi permasalahan disini bukan masalah nominalnya, tapi mengapa bisa naik secara tiba – tiba, padahal seumur hidup saya belum pernah membayar tagihan listrik dengan jumlah sebesar itu. Bukan karena masalah nominalnya tapi karena ini tidak seperti dari biasanya.

tagihan listrik


Saya pun terheran – heran dan kasir alfamart juga hanya bisa menduga – duga “mungkin” listriknya naik mas “, begitulah katanya. Akhirnya saya kembali kerumah membawa uang untuk membayar kekurangannya. Namun tetap saja waktu itu saya masih terus mencari tahu penyebab dari naiknya tagihan listrik dirumah saya.

Listrik dirumah Saya itu dua paket, tidak banya peralatan elektronik, hanya tv, kulkas, dispenser, kipas angin dan komputer. Yang paling sering digunakan itu komputer dan kipas angin, namun dulu juga tagihannya tidak sampai melebihi angka seratus ribu meskipun sering digunakan.

Beberapa waktu yang lalu sekring dirumah saya rusak, saya coba perbaiki namun hasilnya kurang maksimal, listrik sering tiba – tiba padam dan kejadian tersebut berlangsung selama dua hari. Hingga semuanya teratasi setelah saya mengganti sekring menggunakan NCB. Saya jadi curiga apakah karena gara – gara hal tersebut tagihan listrik dirumah jadi melonjak ?


Baca :  
Saya pun coba tanya ke saudara yang kebetulan juga menggunakan listrik dua paket, namun ternyata tagihannya masih normal – normal saja, hanya sekitar enam puluh ribuan saja. Sampai disini saya jadi berpikir bahwa tidak ada kenaikan untuk listrik dua paket, tapi entahlah saya juga kurang paham, karena memang pernah juga mendengar tentang berita kenaikan listrik dari televisi dan teman – teman.

Dalam beberapa hari saya masih sedikit heran dengan tagihan listrik tersebut, apa karena pemakaian, apa karena sekring rusak atau karena memang listrik naik. Pemakain laptop dirumah memang sedikit lebih dominan, dalam sehari saya bisa memakai laptop yang disambungkan ke listrik hingga 8 jam, pagi 4 jam dan malam 4 jam, bahkan mungkin bisa lebih dari itu.

Semua keheran saya ini akhirnya terjawab setelah saya membayar tagihan listrik pada bulan ini (Agustus). Pada bulan Agustus ini saya juga dibuat heran dengan tagihan listriknya yang totalnya hanya Rp. 21.800. Seumur hidup saya belum pernah membayar tagihan listrik semurah itu, padahal biasanya saja sekitar enam puluh ribuan, tentu ini sangat sulit dimengerti dan baru kali ini saya mengalami kejadian seperti ini, bulan lalu tagihannya mahal tidak seperti biasanya dan bulan ini sangat murah juga tidak seperti biasanya. Penggunaan laptop memang saya kurangi, tapi tetap saja ini membuat saya heran karena dulu ketika belum punya laptop juga tagihan listrik sekitar enam puluh ribuan, nah sekrang tagihannya malah sangat murah, jadi saya pikir penggunaan laptop ini juga sebenarnya tidak bermasalah terhadap tagihan listrik pada bulan juli lalu.
tagihan listrik


Sampai sekarang saya masih saja kebingungan dengan masalah ini, terutama ini hanya dirumah saya saja sedangkan ada beberapa rumah yang menggunakan listrik 2 paket tapi tidak mengalami hal semacam ini. Pertanyaannya saya semakin meruncing, apakah karena gara – gara sekring dirumah rusak, komputer di alfamart tidak beres atau sistem PLN yang bermasalah ? atau otak saya yang rusak ? hehe….

Saya hanya bisa menduga – duga, mungkin saya akan lebih paham lagi tentang hal ini pada tagihan listrik bulan berikutnya atau mungkin perlu juga memahami tentang bagaimana menghitung tagihan listrik. Semoga saja tagihan berikutnya normal, karena kalau tidak normal pasti akan membuat orang jadi bertanya – tanya.

3 Responses to "Sekring Listrik Rusak Tagihan Listrik Melonjak"

  1. Wah.. repot kalo gitu kang, kenapa gak ganti yang pake token aja, jadi bisa pilih sesuai kebutuhan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi ada juga lho mas tetangga saya yang pakai token tapi boros, isi yang 20 ribu cuma 3 hari sudah habis, padahal cuma pakai lampu,

      Delete
  2. Mungkin terjadi kesalahan dengan petugas PLN yang mencatat gan, karena didaerah saya ada yang seperti itu, tagihan bulan juli cuma Rp 11.768 giliran tagihan bulan agustus naik jadi Rp 67.856 padahal biasanya cuma sekitar 20 ribuan

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...