Memenangkan Sengketa di Youtube


Beberapa bulan yang lalu salah satu video saya terkena copyright dimana konten yang dipermasalahkan adalah konten audio/musik yang terdapat di video. Pihak yang mengklaim video saya tersebut mengatasnamakan “Believe Music” yang setelah ditelusuri ternyata adalah scammer yang sudah lama beraksi di youtube dan bukan hanya saya saja yang videonya pernah diakui oleh believe music, namun ada beberapa orang yang juga sudah menjadi korbannya.

Waktu itu saya mengajukan proses sengketa terhadap video yang terkena copyright. Setelah menunggu selama 30 hari akhirnya Saya memenangkan proses sengketa tersebut. Bila proses sengketa tidak diajukan, maka penghasilan dari video yang diakui akan diberikan kepada pihak yang telah mengklaim, dalam kasus tertentu pihak yang telah mengklaim memang dapat memonetisasi video yang telah diakui, namun ketika proses sengketa diajukan maka nanti orang yang memenangkan sengketa akan menikmati penghasilan dari video tersebut.

memenankan sengketa

Perlu diingat hal terburuk ketika video Anda terkena copyright kemudian Anda mengajukan proses sengketa namun sengketa Anda ditolak / Anda kalah dalam sengketa maka channel Anda bisa dinonaktifkan oleh Youtube karena dianggap telah melakukan penipuan karena mengajukan sengketa palsu. Oleh karena itu, perlu diperhatikan kembali saat akan mengajukan sebuah proses sengketa, Anda harus benar – benar yakin bahwa konten yang akan diajukan dalam sengketa adalah milik Anda dan yakin akan memenangkannya, kalau tidak sebaiknya biarkan saja yang penting channel youtube Anda Aman.

Saya sudah menuliskan tentang tata cara mengajukan proses sengketa terhadap video yang terkena copyright agar Anda bisa memenangkan proses sengketanya. Silahkan baca ulasannya pada artikel berikut Believe Music Copyright Scam Youtube

3 Responses to "Memenangkan Sengketa di Youtube"

  1. Kalau merlin music yes termasuk scammer nggak mas. Soalnya aku sering kena claim manual dari situ.

    ReplyDelete
  2. Hahaha... mantap. Betewe, subscribe juga dong channel youtube saya :D

    ReplyDelete
  3. ada juga ternyata scam yang bekerja seperti ini ya. mau mengambil penghasilan orang lain.

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...