Masalah Tidak Bisa Mengatur Kecerahan Layar Notebook / Laptop


Masalah ini sebenarnya terjadi ketika Saya baru selesai menginstal ulang Notebook Acer Aspire E3-111-C9LG. Setelah selai menginstal, saya sedikit kebingungan untuk mengatur brigthess/contras atau kecerahan layar Notebook, karena pada taksbar baterai biasanya ada link yang bisa di klik untuk mengatur kecerahan layar. Tapi hal ini tidak saya temukan pada pengaturan notebook tersebut, tidak ada pilihan, link atau tombol yang bisa digunakan untuk mengatur kecerahan layar.

Mengatur kecerahan (screen brightness) layar itu menurut saya penting, karena dalam kondisi tertentu kadang mata seseorang mungkin akan lelah bila menatap layar lyang terlalu terang dalam waktu yang lama.

Awalnya saya tidak mengerti dengan penyebab masalah ini, kemudian saya lihat di beberapa forum di internet, bahwa kita perlu menginstal driver untuk VGA. Seperti yang kita ketahui bahwa sebenarnya Driver VGA ini akan terpasang secara otomatis ketika Windows telah selesai di instal, atau dikenal dengan sebutan ‘plug and play’, namun ternyata mungkin ada beberapa perangkat yang memang tidak cocok dengan driver tersebut sehinga kita perlu menginstal driver yang sesuai dengan perangkat Notebook, jika hal tersebut tidak dilakukan maka performa tampilan layar monitor (Graphic) jadi kurang sempurna, atau mungkin nanti bisa membuat Anda kesulitan untuk mengatur kecerahan (screen brightness) seperti yang saya alami.

Cara Mengatasi Masalah Tidak Bisa Mengatur Screen Brigthness Notebook / Laptop
 
mengatur kecerahan layar notebook / laptop
 

Saya pikir hal ini juga berlaku untuk laptop, intinya kalau mengalami permasalahan yang sama seperti yang paparkan diatas, Anda bisa mencoba menginstal driver VGA yang diperuntukan khusus atau sesuai dengan merek laptop / Notebook massing – masing. Untuk drivernya bisa Anda cari sendiri di internet atau di situs resmi produsen Laptop / Notebook Anda.

Secara default, atau biasanya ketika selesai menginstal windows, pada device manager bagian Display adapters itu akan terlihat jenis driver dengan nama Standar VGA Graphic , nanti Anda tidak perlu menginstal ulang Graphic tersebut, langsung saja instal Driver baru yang sesuai merek laptop / notebook yang Anda gunakan.
 
Perlu diingat juga, nanti jangan sampai salah dalam menginstal driver, perhatikan jenis sistem operasi yang Anda gunakan, apakah itu 32 bit atau 64 bit, pahami perbedaan antara 32 bit dan 64 bit supaya nanti tidak terjadi kesalahan saat menginstal driver.



0 Response to "Masalah Tidak Bisa Mengatur Kecerahan Layar Notebook / Laptop"

Post a Comment

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...