Menelusuri Kata Kunci Yang Digunakan Pengunjung Website

Salah satu fitur yang cukup menarik yang terdapat pada Google Analytics adalah fitur yang mampu menangkap / merekam semua kata kunci yang pernah digunakan oleh pengunjung pada mesin pencari untuk mengakses sebuah situs web/blog, maksudnya ketika seseorang menggunakan kata kunci tertentu pada mesin pencari, kemudian pada hasil pencarian tersebut ditampilkan beberapa website yang kemudian ada salah satu website yang di klik oleh pengunjung, maka jika website tersebut memasang Google Analytics, “kata kunci” yang digunakan oleh pengunjung akan direkam atau dilaporkan oleh Google Analytics.

Bila digambarkan secara sederhana, mungkin alurnya terlihat seperti berikut 
alur google analytics organic search

Sederhananya, kata kunci yang direkam itu merupakan sumber lalu lintas ‘organik’ yang didatangkan dari mesin pencari. Sebenarnya pada Statistik blogger pun sudah disediakan antar muka yang menampilkan sumber lalu lintas organik / kata kunci yang digunakan oleh pengunjung sebelum akhirnya diarahkan ke website kita, hanya saja tidak semuanya ditampilkan, itu hanya berupa rangkuman yang datanya akan berubah – rubah sesuai dengan kepopuleran kata kunci yang pernah digunakan dalam beberapa hari, minggu atau bulan.

Bila kita menginginkan laporan yang lebih detail, maka website/blog kita perlu dipasang Google Analytics, dengan menggunakan Google Analytics maka semua data, kata kunci/keyword yang pernah digunakan oleh pengunjung di mesin pencari sebelum akhirnya memilih blog kita akan direkam setiap harinya, disimpan laporan tiap bulannya

Lalu Bagaimana supaya kita sebagai administrator website/blog tahu kata kunci apa saja yang pernah digunakan oleh pengunjung di mesin pencari sebelum akhirnya masuk ke website kita ?

Jawabannya adalah :

Anda perlu memasang Google Analytics pada website atau blog yang anda kelola suapaya bisa menelusuri atau memantau semua kata kunci yang digunakan oleh pengunjung di mesin pencari sebelum akhirnya masuk ke website Anda. Bila ada menggunakan platform blogspot, Anda bisa lihat tata cara pemasangannya pada artikel Mencoba Metode Verifikasi Google Analytics

Perlu diingat, bahwa ketika pertama kali memasang Google Analytics, laporan tidak akan langsung tiba – tiba ada, karena ini butuh proses dan tergantung juga pada situs web yang Anda kelola, jika memang ada sumber lalu lintas organik yang didatangkan dari mesin pencari berdasarkan kata kunci tertentu yang digunakan oleh pengunjung sehingga mereka memilih blog Anda, maka Google Analytics akan merekam, mencatat dan melaporkannya untuk Anda.

Bila sudah mendaftarkan website di Google Analytics maka selanjutnya Anda bisa memeriksanya melalui halaman Google Analytics menggunakan cara – cara berikut :

  1. Masuk ke akun Google Anlytics masing – masing
  2. Selanjutnya klik Menu AKUISISI > Semua Lalu Lintas > Saluran, sehingga nanti akan muncul tampilan seperti berikut
    memilih menu akuisisi
  3. Disana akan ditampilkan 5 kategori, yaitu berdasarkan Organic search, Dirrect, Referral, Social dan Email
  4. Karena disini kita ingin melihat lalu lintas berdasarkan kata kunci/keyword yang digunakan oleh pengunjung, maka kita klik menu “Organic Search”, lalu nanti Anda akan melihat laporan (jika ada) lalu lintas organik berdasarkan kata kunci, seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini
    menampilkan lalu lintas organik/kata kunci
Selain bisa melakukan analisa berdasarkan sumber lalu lintas/kunci yang digunakan oleh pengunjung, Google Analytics juga mampu menganalisa pengunjung berdasarkan perangkat yang yang digunakan, provider dan perkiraan ukuran layar perangkat yang digunakan. Semuanya data yang dilaporkan oleh Google Analytics bisa kita pantau juga secara realtime.

Dengan mengetahui dan mempelajari kata kunci yang didatangkan dari mesin pencari, diharapkan nantinya kita bisa lebih pandai dalam meracik kata kunci atau membuat artikel yang sekiranya bisa mendatangkan banyak lalu lintas organik, selain itu ketika kita melakukan analisa misal berdasarkan perangkat yang digunakan oleh pengunjung, maka tentu nanti tulisan / artikel yang dibuat akan bisa lebih tertarget.

Pada dasarnya semua hal ini khususnya bagi saya pribadi sangatlah bermanfaat, untuk keberlangsungan serta kemajuan dalam mengelola sebuah website yang sudah di monetisasi. Cara pemanfaatan data kunci ini bisa Anda baca pada artikel : Cara Memanfaatkan Kata Kunci Yang Didapatkan Dari Google Analytics


5 Responses to "Menelusuri Kata Kunci Yang Digunakan Pengunjung Website"

  1. Google analystics itu penting dan saya sudah lama menerapkannya. Awal mula untuk mentarget kata kunci itu sangatlah sulit, tapi seiring dengan lamanya ngeblog dan nulis, kata-kata kunci itu mudah sekali.

    ReplyDelete
  2. saya pasang analytic duluuu kali pas maudaftar GA. seskarang ga peduli lagi, hihi, ga pernah buka malah analytic nya... saya mau pensiun dari blogger, batman lelah kaka

    ReplyDelete
  3. Ternyata fungsi utama google analytic ini ya kang

    ReplyDelete
  4. Nambah pengetahuan nih, jadi gak asal pasang juga biar tahu :)
    Aku belum lama ini baru pasang juga, Kang..

    ReplyDelete
  5. di google analytics memang sudah sangat rinci mengenai keyword2 yg sering dipakai user,
    tinggal kita2 yg mesti pinter2 mengolah keyword2 tsb agar lebih tertarget :D

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...