Tips Download Driver Notebook / Laptop


tips download driver dari internet

Driver komputer adalah sebuah perangkat lunak yang bertugas mengontrol setiap perangkat keras yang terpasang di komputer, agar setiap perangkat keras yang terpasang bisa berinteraksi dengan Sistem Operasi ,aplikasi dan berinteraksi dengan perangkat yang lain, tanpa driver ini, perangkat keras yang terpasang seperti LAN, WLAN tidak akan bisa digunakan

Ketika membeli sebuah Laptop / Notebook baru biasanya kita juga akan mendapatkan sebuah CD Driver , namun misalnya jika driver tersebut hilang atau bila laptop / notebook yang dibeli merupakan barang second yang tidak dilengkapi dengan CD Driver, tentu nantinya hal ini akan merepotkan, terutama pada saat sistem operasi yang kita gunakan bermasalah dan perlu melakukan instal ulang.

Bila menginstal Sistem Operasi seperti Microsoft Windows 7/8/10 biasanya memang beberapa driver bersifat plug and play saat sistem operasi selesai di instal, namun tidak semua, perangkat seperti LAN atau Wirelles LAN tidak tersedia sehingga kita perlu melakukan instal driver untuk perangkat tersebut. Driver yang bersifat plug and play saat windows selesai di instal, terkadang ada yang perlu di instal lagi (ditambah) seperti Driver untuk VGA, Audio dll. Penambahan driver dilakukan adalah untuk performa dari perangkat Notebook / Laptop itu sendiri, seperti misalnya pada artikel sebelumnya saya mengalami masalah tidak bisa mengatur kecerahan notebook, hal tersebut dapat di atasi dengan mudah dengan cara menginstal (menambah) driver baru untuk VGA.

Permasalahan utama pada saat akan mendownload adalah mencari driver yang cocok untuk perangkat notebook / laptop yang kita gunakan, jika driver yang digunakan tidak cocok maka akan terjadi kegagalan fungsi atau nanti biasanya pada device manager akan ditandai dengan tanda seru (!) untuk menandai bahwa driver tersebut tidak cocok.

Berikut ini adalah poin – poin penting yang perlu diketahui seseorang saat akan mendownload sebuah Driver :

Tips Download Driver Notebook / Laptop

1. Anda harus tahu jenis / spesifikasi dari Notebook atau Laptop

Bila akan mendownload sebuah driver, maka Anda perlu tahu jenis ataupun spesifikasi dari Notebook / Laptop yang Anda gunakan. Jenis yang di maksud disini lebih spesifik, misal Notebook Anda merek Acer, dari merek tersebut biasanya ada beberapa jenis dan dibedakan dengan nomor atau kode tertentu seperti Acer E3-111 C9LG dll. Jadi nanti Anda bisa menggunakan kata kunci tersebut di mesin pencari untuk mendownload driver
Baca : Cara Mengetahui Informasi Spesifikasi Perangkat Keras Computer/Laptop

Selain itu perlu diketahui juga tentang jenis BIT dari sistem operasi yang Anda gunakan, karena kita ketahui sendiri bahwasanya sistem operasi saat ini dibedakan menjadi dua bagian yaitu 32 bit dan 64 bit. Perbedaan 32 bit 64 bit harus Anda pahami sebelum mendownload sebuah driver. Hal ini nantinya akan berkaitan dengan proses pencarian yang yang dilakukan pada mesin pencari, contohnya, nanti pada mesin pencari Anda bisa menggunakan kata kunci seperti berikut “Download Driver Acer E3-111 C9LG 64 bit windows 7”


2. Download Driver dari situs resminya

Idealnya memang, jika akan mendownload driver untuk laptop atau notebook itu dari situs resminya atau dari situs – situs terpercaya. Anda bisa menggunakan kata kunci dari merek Notebook / Laptop untuk mencari jenis driver yang cocok. Biasanya kalau mencari di situs resminya, Anda cuku memasukan kata kunci dari merek laptop Anda pada kolom pencarian, atau kalau di situs seperti Acer.com, Anda bisa memasukan kata kunci menggunakan serial number yang terdapat di belakang body notebook

3. Paham dengan Device Manager
 
Device Manager di Windows dipahami sebagai antar muka yang digunakan untuk menampilkan perangkat keras atau driver apa saja yang sudah / belum terpasang pada sistem. Di Windows untuk masuk ke Device Manager, Anda bisa klik start > klik kanan ‘computer’ > properties > Device Manager.

Pemahaman disini meliputi pengetahuan tentang seperti apa driver yang sudah berhasil terinstal, belum terinstal atau tidak cocok (gagal di instal). Sebelum mendownload driver, tentu hal ini harus dipahami terlebih dahulu

Poin terpenting sebenarnya adalah, Anda harus tahu jenis / spesifikasi dari Laptop ataupun Notebook, termasuk jenis BIT dari sistem operasi yang digunakannya, apakah itu 32 bit atau 64 bit.


Baca juga  :

4 Responses to "Tips Download Driver Notebook / Laptop"

  1. oh ya kang Ahmad mau tanya ni
    kalo windows 10 sering minta aktifin licensi gimana itu mengatasinya tanpa install ulang
    soalnya aku pake windows bajakan si
    udah pake aktivator, tapi satu bulan kemudian begitu lagi
    Ada enggak yang permanen gitu hehehehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saymah biasanya pake R*move W*T, banyak di internet, tinggal download saja

      Delete
    2. ok deh kang
      makasih informasi nya

      Delete
  2. Menggunakan device manager kayaknya lebih aman dalam mendownload software ya kang dibanding dengan yang alinnya.

    Oh ya kang ada giveaway di saungmaman, ikitan nggak?

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...