Cara Mengatur Cartridge Printer


Cartridge merupakan tempat menampung tinta pada printer, selain itu cartridge juga bertugas untuk menyalurkan warna yang ditampungnya ke objek kertas ketika ada user yang melakukan pencetakan / print dokumen.

Umumnya pada jenis printer biasa, terdapat dua penampung tinta (cartridge) yang terdiri dari 4 warna yaitu,dibagi menjadi 2 kategori, cartridge pertama berisi tinta berwarna hitam dan cartridge kedua adala berisi tinta berwarna Cyan, Magenta dan Yellow.

Cartridge yang terdapat pada printer umumnya bisa diatur penggunaanya, maksudnya Anda bisa saja mensetting cartridge printer supaya bekerja dengan (satu cartridge) mode warna hitam saja, atau bekerja dengan (satu cartridge) mode warna saja.

Proses pengaturan ini tentu saja akan sangat bermanfaat terutama dalam kasus –kasus tertentu, seperti misal ketika salah satu cartridge rusak atau mengalami masalah yang membuatnya tidak bisa bekerja secara optimal, maka Anda bisa mengatur sementara waktu printer agar menggunakan satu cartridge.

Sebagai contoh saja ketika semisal salah satu cartridge hitam Anda bermasalah atau tintanya tidak keluar, maka Anda bisa menonaktifkan cartridge yang menampung warna hitam secara sementara dan bekerja hanya dengan cartridge mode warna saja (cyan, magenta dan yellow). Hal ini tentu akan sangat membantu terutama ketika misal Anda belum memiliki cukup uang untuk mengganti cartridge yang rusak.

Cara Mengatur Cartridge Printer

Kali ini Saya akan mencontohkan bagaimana mengatur / menonaktifkan salah satu cartridge pada printer caon ip2770, dan berikut ini adalah caranya :

  1. Klik Start > Devices and printers
  2. Kemudian Pilih atau Klik Kanan pada printer yang ada, lalu klik printer properties.
  3. Selanjutnya klik tab / menu Maintenance
    mengatur cartridge printer
  4. Untuk mengatur cartridge, Anda bisa klik Ink Cartridge Settings
  5. Pada jendela Ink Cartridge Settings > Ink Cartridge : silahkan Anda ;pilih menu naik turun
  6. Anda bisa bekerja dengan satu cartridge, misal dengan memilih Color Only atau Black Only
  7. Terakhir Klik Ok. Lalu Apply > OK

1 Response to " Cara Mengatur Cartridge Printer"

  1. enak kalo pake aplikasi langsung dari printernya, tapi kadang sering ga muncul T.T

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...