Cara Mengetahui Teknologi Yang Digunakan Sebuah Website

Terkadang ketika browsing di internet sering sekali Saya merasa penasaran dengan website yang sedang diakses, rasa penasaran tersebut berkaitan dengan teknlogi yang digunakan oleh website tersebut, seperti CMS apa yang digunakan, Framework, Bahasa pemrograman atau server jenis apa yang digunakan. Dalam contoh kasus tertentu, sebenarnya kita bisa saja mencari tahu misal tentang CMS apa yang digunakan, dengan memeriksa kode sumber (view-source) melalui browser, tapi tetap saja, kadang – kadang merasa kesulitan untuk mengidentifikasi teknologi yang digunakan sebuah website, terutama jika memang kita memiliki keterbatasan pengetahuan tentang jenis – jenis cms, atau framework yang ada.
 
Baca juga : Cara Mengetahui Sebuah Website di Hosting Dimana

Wappalyzer merupakan tools yang dibuat oleh seorang Programmer asal Australia yang bernama Elbert Alias. Tools atau scanner ini bisa digunakan untuk melakukan identifikasi teknologi yang digunakan sebuah website, identifikasi ini meliputi penganalisaan Bahasa pemrograman yang digunakan, jenis CMS, framework, server website, sistem operasi dan lain sebagainya.

Anda bisa melakukan identifikasi sebuah teknologi yang digunakan sebuah website dengan mengakses situsnya di Wappalyzer.com atau juga bisa mengunduhnya dalam bentuk ekstensi yang bisa dipasang pada aplikasi web browser seperti Mozilax Firefox

Kali ini Saya akan sedikit mendemonstrasikan bagaimana cara menggunakan Wappalyzer dengan menggunakan scanner yang terdapat pada situs Wappalyzer.com

  1. Akses Wappalyzer.com
  2. Kemudian pada bagian box Analyse a website in real-time masukan website yang akan dianalisa
    melakukan analisa website
  3. Selanjutnya nanti akan ditampilkan informasi mengenai teknologi yang digunakan
  4. Dalam contoh scaning pada bagian halaman depan website seperti diatas, informasi yang ditampilkan masih terbatas, hanya ditampilkan informasi seperti server yang digunakan, bahasa pemrograman, framework javascript dan bootstrap (frontend)
  5. Dalam contoh penggunaan Wappalyzer melalui ekstensi mozilax firefox, lalu mencoba mengakses halaman login websitenya, ditampilkan informasi jenis framework (backend) yang digunakan oleh website, yaitu jenisnya adalah yii framework (bingkai kerja web)
    yii framework

Mungkin penggunaan wappalyzer ini akan jauh lebih baik bila digunakan dalam bentuk ekstensi (plugins) yang dipasang langsung pada web browser.

0 Response to " Cara Mengetahui Teknologi Yang Digunakan Sebuah Website"

Post a Comment

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...