Dapat Peringatan Dari Adsense Lagi, Karena Konten Menyesatkan


Sebenarnya bukan kali pertama ini saja saya mendapatkan peringatan yang berkaitan dengan akun adsense, beberapa waktu lalu, salah satu akun adsense saya juga pernah mendapatkan peringatan, entah itu peringatan yang berasal dari konten yang dibuat di youtube atau di blog, intinya jika situs web atau layanan semacam youtube yang telah Anda miliki di integrasikan dengan program periklanan seperti Google Adsense, maka konten setiap konten yang ada akan diawasi, jika mematuhi kebijakan maka Anda akan mendaptkan apa yang Anda inginkan (uang), jika tidak maka Anda akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan apa yang Anda harapkan dari program periklanan tersebut.
Baca juga :
Bukan Manusia Tapi Mesin

Terdapat jutaan situs web atau orang yang mungkin telah bekerja sama dengan program periklanan seperti google adsense, dan secara logika tim adsense tidak mungkin memeriksa semua situs / layanan yang telah di integrasikan dengan program perikalanan mereka secara manual. Mereka pasti memiliki perangkat lunak atau mungkin semacam aplikasi untuk membantu memeriksa semua konten di situs web yang telah bekerjasama dengan adsense. Sehingga tak heran jika misalnya mungkin Anda merasa tidak melanggar kebijakan, namun adsense tetap menggapnya sebagai sebuah pelanggaran. Mungkin bisa dikatakan bahwa seseorang yang memeriksa situs Anda melanggar kebijakan atau tidak, itu bukan seratus persen manusia, tapi sistem / mesin buatan manusia. Bukan berarti analisa yang dilakukan tidak akurat, tapi Saya pribadi merasa bahwa “kadang” sepertinya ada yang salah dengan cara mereka memeriksa situs, atau mungkin ini hanya ego saya saja

Yang dimaksud Konten Menyesatkan
 
Sebenarnya waktu itu salah satu blog saya hanya membahas tentang tutorial pembuatan direct download dari blog ke Google drive, artikel tersebut sudah sangat lama, dan baru mendapatkan peringatan ketika saat itu saya sudah berhasil melakukan verifikasi alamat penerima pembayaran adsense.

Tim adsense menganggap konten yang dibuat disalah satu blog milik saya “terindikasi” telah melakukan ketidakjujuran atau menyesatkan orang lain, padahal diluar sana banyak konten serupa yang membahas hal yang sama.

Dalam tutorial yang adsense anggap sebagai konten menyesatkan waktu itu sebenarnya Saya hanya mengajarkan tentang bagaimana cara merubah link download yang dihasilkan google drive bisa dirubah menjadi link “direct download”, download langsung tanpa harus menyentuh atau melihat halaman google drive. Adsense menganggap hal itu (konten) sebagai sebuah penyesatan, saya berpikir mungkin itu benar, hanya saja Saya merasa ini terkesan terlalu dibatasi, dan terlalu mengada – ada, sebuah trik merubah link google drive menjadi direct download dianggap sebagai sebuah kesalahan

Proses Pemberian Peringatan

Umumnya jika terdapat sebuah kesalahan pada konten yang telah di monetisasi, tim google adsense akan berusaha menghubungi pemilik konten atau situs melalui email, atau memberi notifikasi langsung di akun adsense, makanya kadang Saya merasa membuka email setiap hari itu sebenarnya sangat bermanfaat untuk keberlangsungan karir saya didunia maya.

Cara Menyelesaikan Masalah
 
Setiap kali Adsense memberi peringatan, tim adsen juga akan menjelaskan letak kesalahan yang telah dilakukan seorang publisher, mereka akan menampilkan detail konten mana yang mereka anggap melangar, kemudian juga akan memberikan bagaimana solusi untuk mengatasinya. contohnya seperti berikut ini

contoh pesan peringatan dari adsense
 
Pelanggan yang Terhormat,

Pesan peringatan ini bertujuan untuk memperingatkan Anda tentang adanya tindakan yang diperlukan agar akun AdSense Anda kembali mematuhi kebijakan program AdSense kami. Di bawah ini kami cantumkan detail lainnya beserta tindakan yang perlu Anda lakukan.

Situs web yang terpengaruh: (nama situs)

Contoh laman tempat terjadinya pelanggaran: ............htt://(konten yang melanggar)

Diperlukan tindakan: Segera lakukan perubahan pada situs Anda untuk mematuhi kebijakan program AdSense.

Status akun saat ini: Aktif


Penjelasan pelanggaran

Seperti yang dinyatakan dalam kebijakan program kami, iklan Google tidak boleh ditempatkan di halaman dengan konten yang membantu pengguna menyesatkan orang lain. Ini mencakup, namun tidak terbatas pada, konten yang mempromosikan pembuatan dokumen palsu atau aspal, informasi atau produk untuk mengakali tes narkoba, dan konten yang mempromosikan aktivitas penipuan.

Cara mengatasi:

  • Jika Anda menerima notifikasi mengenai konten laman, hapus konten tersebut dari situs Anda atau hapus iklan dari laman yang melanggar. 
  • Jika Anda menerima notifikasi tentang cara penerapan iklan di situs Anda, lakukan perubahan yang diperlukan pada penerapan Anda.

Anda tidak perlu menghubungi kami jika Anda melakukan perubahan. Perlu diketahui bahwa jika terjadi pelanggaran lainnya, penayangan iklan dapat dinonaktifkan untuk situs web yang terpengaruh yang tercantum di atas. Anda harus segera meluangkan waktu untuk meninjau konten Anda dan memastikan bahwa konten sudah mematuhi kebijakan kami.

Selain itu, perlu diketahui bahwa URL di atas hanya merupakan sebuah contoh dan pelanggaran yang sama mungkin terjadi pada laman lain dalam situs web ini atau situs lain yang Anda miliki. Untuk mengurangi kemungkinan adanya peringatan dari kami di masa yang akan datang, kami sarankan agar Anda meninjau kepatuhan semua situs Anda. Berikut adalah beberapa referensi berguna yang mungkin menarik untuk Anda.
 


Jadi kalau kita pahami dan sederhanakan pesan peringatan diatas , maka untuk menyelesaikan masalah ini, Anda bisa menggunakan 2 (dua) opsi

  1. Hapus konten yang dianggap melanggar
  2. Jika Anda yakin bahwa Anda tidak melanggar kebijakan, sebaiknya simpan dulu ke draft konten yang dianggap melanggar kebijakan tersebut, kemudian perbaiki lagi cara penyampaian atau penulisannya, intinya dirubah saja, lalu selanjutnya nanti publikasikan kembali. Hal ini dilakukan supaya Anda tidak kehilangan konten dari situs Anda, terutama jika Anda berpikir bahwa konten tersebut berharga bagi situs Anda.
Terakhir pada dasboard adsense, Anda bisa klik laman peringatan, kemudian lakukan action untuk menyelesaikan masalahnya, atau melakukan konfirmasi bahwa Anda telah melakukan tindakan seperti yang diinginkan oleh tim adsense
konten yang dianggap bermasalah

Sampai disini Saya harap Anda paham dengan apa yang dimaksud “Dapat Peringatan Dari Adsen Lagi, Karena Konten Menyesatkan”, karena jika tidak, Saya akan mentlaktir Anda makan mie ayam… , tapi bayar sendiri…. hahah

7 Responses to "Dapat Peringatan Dari Adsense Lagi, Karena Konten Menyesatkan"

  1. senasib, saya juga pernah..., di salah satu blog saya juga.., ternyata memang ga boleh yang berbau dewasa.., akhirnya saya hapus artikelnya.., hehehe

    ReplyDelete
  2. Saya juga pernah, dengan alasan pelanggaran berbeda untung bisa segera di selesaikan...

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah jangan sampailah dapat SP hehe

    ReplyDelete
  4. saya punya blog downloadan soal yg mengarah ke Google Drive
    tapi belum dapet peringatan
    semoga gak apa2 ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya bukan linknya yang dipermasalahkan,, tapi pemabahasannya yang dipermasalahkan dan dianggap sesat hahah... tapi yah gak apa2 kalau pake direct download

      Delete
  5. dulu saya juga pernah dapat peringatan ini, malas mengatasi utak-atik lainnya, langsung aja saya delet kontennya mas.

    tapi kadang adsense juga mengindeksi berdasarkan jumlah direk link tujuan, mungkin kebanyakan pada waktu itu banyak kunjungan dari sana ke link tertentu... bisa aja terjadi walau kecil kemungkinan.

    ReplyDelete
  6. Pada waktu alapun saya seperti itu, namun bila kit perhatikan dengan teliti dari proses cara pembahasan dari setiap isi konten tentunya yang bisa berbeda dan memberikan manfaat untuk banyak orang itu hal yang paling penting ya kang ?

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...