Memahami Log Pencarian di Facebook


Setiap kita melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu pada kolom pencarian di facebook, maka secara otomatis facebook akan menyimpan data pencarian tersebut ke database mereka. Data pencarian yang disimpan disini maksudnya adalah “kata kunci” yang kita gunakan untuk mencari seseorang, halaman, group atau hal lainnya yang pernah diketikan pada pencarian akan disimpan di dalam log pencarian.

Log pencarian ( Riwayat Pencarian ) di facebook ini sebenarnya merupakan fasilitas yang sudah ada dalam beberapa waktu terakhir, namun masih bisa terbilang baru, dan ini juga merupakan bagian dari  log aktivitas, sehingga mungkin masih banyak orang yang belum mengetahuinya

Pemanfaatan Log Pencarian Facebook

Log pencarian / data pencarian tentu hanya dapat dilihat oleh sang pemilik akun atau orang yang mengetahui (username & password) yang valid. Log pencarian ini sebenarnya bisa saja kita manfaatkan untuk keperluan atau kepentingan tertentu seperti misalnya, untuk mengawasi pencarian yang dilakukan oleh sang pacar, suami atau istri kita. Bisa saja istri, suami atau pacar Anda belum bisa move on dari mantannya, sehingga log pencarian ini bisa Anda manfaatkan untuk sedikit “kepo. Untuk melakukan hal ini tentu saja Anda perlu punya akses ke akun yang bersangkutan, atau mungkin Anda bisa memintanya secara baik – baik. Selain itu hal ini bisa saja dimanfaatkan untuk mengawasi aktivitas pencarian di akun facebook Anda, bisa saja anak Anda melakukan pencarian hal – hal negatif di facebook.

Cara Kerja Log Pencarian Facebook

Log Pencarian ini menurut Saya mungkin digunakan facebook untuk mempermudah dalam memberikan sugesti/ saran pencarian kepada sang pemilik akun. Misalnya pada kolom pencarian difacebook Anda sering melakukan pencarian dengan menggunakan kata kunci “Ahmad”, maka secara otomatis nanti facebook akan mengingat dan menyimpan kata kunci tersebut, untuk selanjutnya digunakan kembali sebagai saran pencarian ketika Anda menggunakan fasilitas pencarian.

Perhatikan contoh dibawah ini 
contoh log pencarian


Contoh diatas adalah merupakan saran pencarian ketika kursor diletakan pada kolom pencarian, dan secara otomatis facebook akan mengakses log pencarian sebelumnya yang sering digunakan, lalu kemudian menampilkannya kepada pemilik akun

Menghapus Log Pencarian


Perhatikan kembali gambar log pencarian diatas, bila Anda klik “Sunting” maka secara otomatis Anda akan dibawa kehalaman log pencarian seperti berikut ini
log pencarian yang tersimpan

Terlihat bahwa pada contoh gambar diatas, facebook menyimpan / mengumpulkan data pencarian yang pernah kita ketikan pada kolom pencarian. Untuk menghapus data log pencarian, Anda cuku klik Hapus Pencarian.

Log Pencarian ini sebenarnya bukan hanya berlaku di facebook, pada situs seperti Youtube pun juga mereka menyimpan data log pencarian yang pernah dilakukan oleh pemilik akun. Mungkin bukan hanya mereka yang memiliki akun (youtube) saja, tapi yang tidak memiliki akun pun bisa saja datanya direkam, seperti untuk keperluan Analytics seperti Google Analytics contohnya.



0 Response to "Memahami Log Pencarian di Facebook"

Post a Comment

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...