Acer Aspire ES1-421 Driver Wireless Atheros QCA9565 / AR956x Windows 10 64 bit

Beberapa hari ini saya sangat kesal sekali berurusan dengan Acer Aspire ES1-421, pasalnya waktu itu saya amat kesulitan untuk mencari drivernya khususnya driver wireless merek Atheros QCA9565 / AR956x, semua ini tidak begitu sulit jika CD Driver dari Laptop tersebut ada.
Untuk mengetahui Nama / Jenis Wireles, Anda bisa baca : Cara Menentukan Driver Wireless Yang Cocok Untuk Laptop

Pada awalnya Saya mengganti sistem Laptop tersebut menggunakan Windows 7, tapi sayangnya saya kesulitan untuk menemukan Driver untuk Wirelessnya. Sedangkan Acer hanya mensupport prodak terbaru untuk sistem operasinya yaitu Windows 8 64 bit dan Windows 10 64 bit.

Akhirnya singkat cerita Saya instal menggunakan Windows 10 64 bit, dan saya tetap mengalami kesulitan untuk menemukan driver untuk Wireless, pasalnya saya melihat di situs resmi acer driver yang tersedia hanya untuk Windows 8 64bit, sedangkan pada daftar driver untuk Windows 10 64 bit tidak ditampilkan daftar drivernya seperti berikut ini


Pada gambar diata hanya terlihat 1 Driver saja.

driver ES1-421 Windows 8 64 bit


Sedangkan pada Windows 8 64 bit daftar drivernya ditampilkan semuanya secara lengkap. Disana terlihat ada 11 driver


Memang awalnya Saya tidak paham, saya stress, frustasi, tapi alhamdulillah berkat bantuan Allah SWT, akhirnya saya menemukan jalan, otak saya diberikan cahaya dan kemudahan.

Awalnya Saya memahami bahwa kalau driver atheros Windows 8 64bit yang tersedia di support Acer tidak akan berjalan dengan baik pada sistem Windows 10 64bit padahal saya belum mencobanya, pemahaman ini juga dikarenakan daftar driver tidak ditampilkan pada list Windows 10 64bit. 
ES1-421 Wireless driver Windows 10 64bit
Akhirnya saya download Driver Atheros Windows 8 64bit Acer Aspire ES1-421  untuk diinstalkan ke Windows  10 64 bit

Karena sudah sangat tertekan, maka saya akhirnya mencoba menginstalkan driver atheros Acer Aspire ES1-421 untuk Windows 8 64 bit ke Windows 10 64 bit, dan ternyata driver tersebut bekerja dengan baik di windows 10 64 bit. Dari sini saya mulai berpikir bahwa saya sebelumnya telah salah dalam memahami soal ketersedian driver tersebut, belum juga dicoba sudah berfikir bahwa hal tersebut tidak akan berhasil.

Perlu dicatat juga, jangan sampai asal dalam menginstal driver, soalnya dalam kasus ini saya pernah melakukan instal driver secara manual yang didapat dari situs diluar acer, dan hasilnya si Windows 10 tidak bisa diakses, kemudian saya masuk safe mode dan menghapus driver agar windows berjalan normal kembali

Intinya jika akan menginstal sistem operasi apapun pada Laptop, pastikan dulu soal dukungan dan ketersedian driver pada situs pembuat Laptop Anda, hal ini tentunya berlaku jika Anda tidak memiliki CD Driver. Selain itu juga kita harus memastikan soal ketersedian atau dukungan driver dari sistem operasi yang digunakan, maksudnya, misal Saya menggunakan ACER ES1-421 maka saya harus memastikan sistem operasi apa yang didukung oleh ACER ES1-421, misalnya dukunganya Windows 8 dan 10, kalau misal Anda instal Windows 7 meskipun bisa, tapi kemungkinan nantinya Anda akan mengalami kesulitan seperti yang Saya ceritakan diatas.

Tapi sebenarnya saya masih penasaran, mungkin saja Driver tersebut juga support untuk Windows 7 64 bit , tapi berhubung sekarang sudah diganti menjadi Windows 10 64 bit, jadi saya hanya sekedar menebak - nebak saja, tidak bisa membuktikannya. Tapi dengan masalah ini saya jadi bersyukur, karena saya jadi punya pengalaman baru.

Kalau yang lebih mudah khususnya untuk prodak acer, dalam menentukan driver yang cocok untuk Acer, kalian mungkin bisa menggunakan Acer Software yang tersedia di situs resmi Acer



Related Posts :

2 Responses to "Acer Aspire ES1-421 Driver Wireless Atheros QCA9565 / AR956x Windows 10 64 bit"

  1. Untungya cepat ketemu solusinya kalau ngggak! bisa nggak ngeblog ngubek ngubek laptop terus

    ReplyDelete
  2. Puyeng juga mencari solusinya ya kang, apalagi sampai bolak-balik uji cobanya. Alhamdulillah sekarang sudah mulai on.

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...