Laptop Restart Terus dan Blue Screen Berulang kali


Kasus laptop restart terus dan blue screen berulang kali ini memang beda dengan kasus sebelumnya yang pernah saya tulis pada artikel Cara Memperbaiki Notebook Yang Restart Terus dan Tidak Bisa Masuk Bios

Kasus seperti ini sering terjadi dan pernah saya alami khususnya pada windows 8 atau windows 10, saya tidak tahu secara pasti apa ini juga termasuk dalam kategori blue screen atau tidak, tapi yang jelas memang layar laptop tampil dengan layar biru dengan tulisan seperti berikut :
Laptop Windows 10 Restart Terus dan Blue Screen Berulang kali

“Your PC ram into problem and needs to restart We’re just collecting some error info and then restart for you. “

Mungkin ini termasuk salah satu cara terbaru si windows 8 atau 10 untuk memberi tahu user bahwa ada masalah pada sistem komputernya, dengan menampilkan layar biru seperti yang terlihat pada gambar diatas. Mungkin ini bisa dibilang termasuk blue screen terbaru di windows 8 atau 10, karena kalau yang saya tahu blue screen itu (contohnya seperti di Win 7 atau XP) akan menampilkan layar biru juga namun ada tulisan blue screen

Penyebab Blue screen di Windows 8 atau 10


Saya tidak tahu secara pasti, oleh karena itu saya akan menjelaskanya Penyebab Blue screen di Windows 8 atau 10 berdasarkan pengalaman yang pernah saya alami.

Jadi waktu itu saya pernah mengalami masalah Laptop restart terus dan berulang kali masuk blue screen setelah selesai menginstal sebuah driver di Laptop Acer ES1-421 Windows 10 64 bit. Jadi Laptop berulang kali menampilkan pesan error seperti diatas, lalu kemudian melakukan restart, dan saya pikir sepertinya windows 8 atau windows 10 ini agak sedikit sensitif, ketika ada perangkat lunak yang dianggap tidak sesuai, sistem windows langsung mengalami error, blue screen dan melakukan restart. Hal yang sama juga pernah terjadi ketika menginstal sebuah aplikasi 32 bit pada sistem windows 10 64 bit, hanya saja tidak berulang kali seperti masalah sebelumnya, namun blue screeen dan restart terjadi ketika aplikasi dijalankan.

Sepertinya memang ada banyak hal yang bisa menyebabkan Windows 8 atau Windows 10 mengalami blue screen dan restart berulang kali, diantaranya seperti :


  1.  Instal Driver Yang tidak Sesuai (tidak support)
    Seperti yang sudah saya ceritakan bahwasanya, saya pernah mengalami kegagalan fungsi windows setelah melakukan kesalahan dalam menginstal driver dan mengakibatkan Widows 10 Blue Screen dan restart terus. Sudah saya pastikan bahwa hal tersebut diakibatkan oleh kesalahan saya karena menginstal driver yang tidak sesuai. Hal ini juga dapat dibuktikan ketika saya masuk ke safe mode Windows 10 dan menguninstal Driver yang diduga tidak sesuai, lalu kemudian Windows Normal kembali.

    Hal ini mungkin bisa saja juga terjadi pada sistem Windows 7, tapi kalau setahu saya, baik di windows 7 atau windows xp, kalau driver tidak cocok, maka akan ada tanda seru pada antar muka device manager dari perangkat yang bersangkutan
  2. Instal Aplikasi Yang Tidak Sesuai (tidak support)
    Umumnya Laptop yang beredar sekarang dipasaran menggunakan Sistem Windows 8 atau Windows 10 64 bit. Pada teori artikel Perbedaan 32 bit dan 64 bit saya pernah menjelaskan bahwa software/aplikasi 32 bit dapat berjalan pada lingkungan 64 bit, dan memang ada beberapa software yang mendukung operasi 32bit dan 64 bit. Dan memang sperti yang kita ketahui semua, bahwasanya baik pada sistem Windows 8 64 bit atau Windows 64 bit tersedia Program Files (x86) yang artinya 32 bit.

    Kendati demikian sudah banyak developer software atau aplikasi yang mengupgrade aplikasinya atau menyediakan versi aplikasi yang dibuatnya ke versi 64 bit dengan demikian alangkah lebih baik, ketika akan menginstal sebuah aplikasi ke Laptop dengan lingkungan Windows 64 bit maka alangkah baiknya juga kita harus menginstal versi aplikasi yang 64 bit juga. Karena ketika misalnya Anda menginstal aplikasi 32bit ke lingkungan 64 bit, kemungkinan kalau versi softwarenya tidak mendukung untuk beroperasi di lingkungan 64 bit maka kemungkinan Windows khususnya Windows 8 atau Windows 10 64 bit akan mengalami error ketika Aplikasi di jalankan.

    Saya pernah mengalami Blue Screen di Windows 10 64 bit, ketika saya instal Aplikasi/Software Modem Huawei 32 bit. Pada saat instal memang Laptop Normal, namun ketika saya sudah selesai melakukan setting koneksi dan akan mencoba koneksi, windows 10 mengalami blue screen, tapi untungnya ini tidak terjadi berulang kali seperti yang terjadi ketika saya salah menginstal driver
Catatan * Penyebab Blue Screen of Deat (BSOD) biasanya disebabkan adanya masalah dengan hardware atau software driver pada komputer kamu. Software biasa tidak akan menyebabkan komputer kamu mengalami masalah seperti ini. Penyebab Blue Screen disebabkan oleh masalah hardware atau software dengan tingkat rendah yang berjalan di kernel Windows. Blue Screen terjadi ketika Windows bertemu dengan Error STOP sehingga terjadi kegagalan kritis yang menyebabkan Windows crash dan berhenti bekerja. Satu-satunya yang dapat dilakukan Windows disaat seperti ini hanyalah restart - winpoin.com 


Cara Mengatasi Laptop Restart Terus dan Blue Screen Berulang kali di Windows 8/10 64bit

Secara sederhana Anda dapat mengatasi masalah ini dengan cara masuk kedalam SAFE MODE WINDOWS, kemudian menghapus aplikasi/software atau driver yang diduga menjadi penyebab terjadinya Blue Screen, karena kemungkinan besar ada aktifitas tertentu yang pernah Anda lakukan sebelum akhirnya Laptop Restart Terus dan mengalami Blue Screen secara Berulang kali.

Nah biasanya, kalau windows blue screen seperti pada contoh gambar diatas, nanti memang biasanya juga akan ada pilihan untuk memperbaiki secara software yaitu dengan masuk kedalam safe mode, melalui menu Troubleshoot.

Untuk cara masuk ke safe mode Windows, baik Windows/7/8/10 sudah saya jelaskan pada artikel : Memulai Windows Dalam Safe Mode atau Safe Mode With Networking

Related Posts :

3 Responses to "Laptop Restart Terus dan Blue Screen Berulang kali"

  1. Pernah ngalamin kayak kasus diatas...
    Tapi, Alhmd... ada solusinya...

    ReplyDelete
  2. Soal jeroan pc saya ampun deh kang, semua saya serahin teknisi yang siap dipanggil, hehee...

    ReplyDelete
  3. kemarin sama seperti itu, sudah berulang-ulang install ulang tetap saja, akhirnya ganti PC

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...