Peringatan Dari Google Adsense : Penghasilan Anda berisiko - Satu atau beberapa file ads.txt Anda tidak berisi ID penayang AdSense


Peringatan Dari Google Adsense : Penghasilan Anda berisiko - Satu atau beberapa file ads.txt Anda tidak berisi ID penayang AdSense


Beberapa hari yang lalu, salah satu akun adsense Saya mendapatkan peringatan kembali, peringatan ini sebenarnya bukan kali ini saja, tapi sebelumnya juga pernah mendapatkan peringatan dari Adsene, hanya masalahnya berbeda – beda

Baca juga :


Waktu itu saya mendapatkan peringatan dari Google Adsense dengan pesan seperti berikut “Penghasilan Anda berisiko - Satu atau beberapa file ads.txt Anda tidak berisi ID penayang AdSense. Perbaiki masalah ini sekarang juga untuk menghindari dampak yang serius pada pendapatan Anda.”


 Peringatan Dari Google Adsense : Penghasilan Anda berisiko - Satu atau beberapa file ads.txt Anda tidak berisi ID penayang AdSense


“Sites with ads.txt issues
Publisher ID missing from ads.txt file:

  • mysite.com/ads.txt
This will prevent a potentially severe impact on your earnings. Copy and paste the following code snipper into each ads.txt file : 
google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0
If you’ve already done this, please allow our system up to 24 hours to reflect the changes”

Sampai disini saya tidak mengerti apa yang dimaksud oleh Adsen, tapi yang jelas saya terasa kehilangan sekitar $10, sedikit memang, soalnya saya lihat kemarin ada $10 yang harusnya itu juga dikalkulasikan pada akhir bulan

Penejelasan Dari Google Adsense Soal File ads.txt

https://support.google.com/adsense/answer/7532444?hl=id

Authorized Digital Sellers, atau ads.txt merupakan inisiatif IAB yang membantu memastikan inventaris iklan digital Anda hanya dijual melalui penjual resmi (seperti AdSense) yang telah Anda identifikasi. Membuat file ads.txt Anda sendiri memberi Anda kontrol yang lebih besar terhadap siapa yang diizinkan untuk menjual iklan di situs Anda dan membantu mencegah inventaris palsu ditampilkan kepada pengiklan.

Penggunaan ads.txt tidak wajib, namun direkomendasikan. File ads.txt dapat membantu pembeli mengidentifikasi inventaris palsu dan membantu Anda menerima lebih banyak pembelanjaan pengiklan yang pada kasus lain mungkin mengarah ke inventaris palsu.

Membuat file ads.txt Anda sendiri untuk AdSense

Berikut cara membuat file ads.txt untuk mendeklarasikan kepada publik bahwa Google diotorisasi untuk menjual inventaris iklan Anda:

  1. Buat file teks (.txt).
  2. Sertakan baris berikut: google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0
  3. Penting: Pastikan Anda mengganti pub-0000000000000000 dengan ID penayang Anda sendiri.
  4. Hosting ads.txt di root domain Anda (misalnya, https://example.com/ads.txt).
Di sini, "root domain" didefinisikan sebagai satu tingkat ke bawah dari daftar akhiran publik, seperti yang didefinisikan di spesifikasi ads.txt IAB. Misalnya, "google.co.uk" akan dianggap sebagai root domain karena "co.uk" berada dalam daftar akhiran publik, namun "maps.google.co.uk" tidak akan dianggap sebagai root domain.

Langkah-langkah ini menjelaskan cara membuat file ads.txt untuk penayang Google AdSense. Untuk SSP/bursa lainnya, kunjungi masing-masing dokumentasi terkait cara membuat file ads.txt atau hubungi mereka.

Bagaimana cara Google menerapkan ads.txt?

Setiap kali file ads.txt diposting di root domain, Google akan menggunakan konten file tersebut untuk menentukan akun penjual Google mana yang akan diizinkan untuk menayangkan iklan di root domain tersebut.

Saat Anda meminta iklan untuk situs tertentu, kami akan memeriksa apakah root domain situs tersebut berisi file ads.txt. Jika tidak ada file ads.txt, berarti tidak ada penegakan tambahan. Jika ada file ads.txt dan ID penayang Anda tercantum dengan benar, kami akan menjalankan lelang dan menampilkan iklan pemenang. Jika ada file ads.txt dan ID penayang Anda tidak tercantum dengan benar, kami tidak akan menjalankan lelang untuk permintaan tersebut.

Sistem kami secara otomatis memeriksa file ads.txt yang baru dan telah diupdate. Perlu diketahui bahwa jika Anda mengupdate atau menghapus file ads.txt, sistem kami memerlukan waktu hingga 24 jam untuk mendaftarkan perubahan Anda.

Sampai disini pun saya masih belum mengerti.

Mengatasi Masalah Peringatan Dari Google Adsense : Penghasilan Anda berisiko - Satu atau beberapa file ads.txt Anda tidak berisi ID penayang AdSense

Saya memahami bahwa setiap publisher khususnya yang menggunakan platform blogspot akan secara otomatis memiliki file ads.txt, misalnya blogsaya.com/ads.txt, maka secara otomatis Google akan mendeteksi id publisher. Contohnya seperti berikut ini


id pub ads.txt
Id pub ads.txt
Saya mungkin lupa pernah memasang sebuah skrip page level ads / iklan tingkat laman pada salah satu blog saya, id publisher iklan tingkat laman yang saya gunakan itu ternyata berbeda dengan id publisher iklan lain yang terdapat di blog, jadi saya memang memiliki beberapa akun adsense, dan di blog terdapat 2 id publshier yang berbeda, sehingga ini mungkin jadi bermasalah. Tapi yang saya heran mengapa Google Adsense baru komplain sekarang ? padahal itu sudah terjadi dalam beberapa bulan.

Jadi intinya saya tinggal menghapus salah satu id-pub atau menggantinya dengan id-pub yang sama, misalnya jika id pub saya pub-0000000000000256, maka seluruh iklan yang terpasang harus menggunakan id pub-0000000000000256, jika berbeda maka kemungkinan akun Anda akan mendapatkan peringatan seperti akun milik saya.

Jadi nanti tinggal hilangkan iklan dan Authorization iklan di pengaturan adsense pada situs yang bermasalah

Kesimpulan :
  • Jangan pasang iklan dalam satu blog menggunakan 2 id publisher / akun adsense yang berbeda, gunakan satu id publisher saja.
  • Secara defaut ketika sebuah blog (blogspot/blogger.com) didaftarkan atau pernah didaftarkan ke adsense (meskipun tidak diterima)  akan secara otomatis diberi id pub-0000 (adsenseClientId)
  • Id pub (adsenseClientId) bukan hanya terpasang secara manual di skrip iklan adsense, namun juga akan terpasang pada bagian tag _WidgetManager._SetDataContext([{'name': 'blog', 'data': {'blogId': yang nilainya tidak bisa dirubah dari mode Edit HTML..... pada bagian baris tersebut akan dimasukan identitas id publisher (adsenseClientId) yang membolehkan blog tersebut menampilkan iklan (authorized) tapi blog tersebut tidak akan memiliki file ads.txt meskipun blog tersebut bisa menampilkan iklan
  • Jadi hanya blog yang sudah pernah di daftarkan ke adsen saja yang akan memiliki id pub- (AdsenseClientid)
  • Atau blog yang sudah diberi otoritas (authorization) yang akan memiliki AdsenseClientid
  • Sehingga kalau ada blog yang sudah pernah didaftarkan ke adsen (Meski tidak diterima) kemudian dipasang iklan adsen dari akun yang diterima, kemungkinan masalah seperti diatas akan Anda alami
  • Karena Adsense mungkin akan mendeteksi ada 2 id pub yang berbeda
  • Sebaiknya kalau ingin iklan adsen dipasang dibanyak blogspot perlu diperhatikan soal apakah blog tersebut pernah didaftarkan sebelumnya atau belum
Terakhir, kalau kesimpulan saya ini keliru, mohon untuk diluruskan

#Update 4/2/2018

Untuk Ads.txt ternyata bisa di custom, Anda bisa mengubah custom Ads.txt melalui halaman blogger. Klik Setting > Search Preferences > Monetization > Custom ads.txt, jadi nanti saya perlu menambahkan id-pub ke blog yang ingin menampilkan iklan , dalam contoh kasus ini sebenarnya blog tersebut sudah di daftarkan ke adsense dan berhasil diterima, hanya saja jenis akunnya hosted account, maka jika saya ingin menampilkan iklan dari akun non hosted yang kedua, maka saya perlu menambah custom Ads.txt yang terdapat di blog yang ingin menampilkan iklan,  tidak perlu ditukar/diganti akunnya

Untuk mengetahui id publisher atau angka ads.txt, Anda cukup mengeceknya dengan cara seperti berikut : namabloganda/ads.txt

Setelah menambahkan custom Ads.txt, id publisher dari blog yang dipasangi iklan tidak akan langsung berubah, biasanya dalam jangka waktu sehari custom ads.txt baru bisa muncul





Related Posts :

7 Responses to " Peringatan Dari Google Adsense : Penghasilan Anda berisiko - Satu atau beberapa file ads.txt Anda tidak berisi ID penayang AdSense"

  1. berhubung saya belum pernah main adsense saya cukup nyimak dulu deh.. secepatnya moga bisa maen adsense juga.. nice artikel bang..

    ReplyDelete
  2. Kemerin sempet panik ini kang saya
    tapi syukurlah bisa di atasai
    maklum saya kurang paham soal adsense nya -_

    ReplyDelete
  3. Jadi harus bener2 di cek ulang ya gan setiap script penayang iklan nya, apakah benar2 sudah sama satu id pub atau belum.
    Saya ga mengalami nya sih, cuma sering liat pertanyaan seperti ini di grup facebook. Kali aja suatu saat juga terjadi pada saya..

    ReplyDelete
  4. cangguh juga ya google ya, pengin punya kun ga dua, tapi semua blog saya sudah saya kaitkan

    ReplyDelete
  5. Setahu saya, berbeda Id tidak masalah. Kemungkinan besar ,kode atau scirpt GA ada orang lain yang menduplikatnya. Mencuri kode GA orang lain itu gampang selama platfromnya blogspot.
    Atau bisa jadi template ini ada orang lain yang menggandakannya, template yang tertera kode GA.

    ReplyDelete
  6. dah lama banget berhenti jadi member adsense karena diblokir
    hmm -_-

    ReplyDelete
  7. terima kasih info nya mas....kebetulann saya belum pernah mendapatkan peringatan kaya gitu mas....ini mungkin salah satu hal yang sangat berhatihati tentang ads txt. ini mas..
    semangatt ngblognya mas

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...