Membatasi Jumlah Maximal – Minimal Input Menggunakan PHP


Membatasi Jumlah Maximal – Minimal Input Menggunakan PHP

Terkadang ada beberapa input pada form input  yang sebenarnya memang harus dibatasi jumlah Maximal ataupun minimal data yang boleh dimasukan, seperti contohnya untuk nilai input seperti No. Handphone, NIK, NISN dan jenis data lainnya  yang memiliki ketetapan atau panjang nilai yang seragam. Dengan membatasi jumlah input Maximal – minimal data pada form input, maka diharpkan kita bisa mendapatkan data yang valid atau sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga :

Selain didefinisikan jumlah makmimal dan minimal inputnya pada formulir/form HTML dengan menambahkan fungsi maxlength dan minlength, Anda juga perlu memvalidasi jumlah input makmimal dan minimalnya menggunakan PHP sebelum diproses/disimpan ke database.

Cara termudah untuk memeriksa jumlah inputan yang dikirim oleh user yaitu dengan menggunakan fungsi strlen PHP. Fungsi strlen dapat memeriksa berapa jumlah variabel/data yang tersimpan ataupun dikirim oleh user. Jumlah data yang dikirim nantinya akan dibandingkan dengan nilai Maximal atau minimal karakter yang boleh dimasukan, jika jumlah maximal ataupun minimalnya tidak terpenuhi, maka pada percabangan akan menghasilkan pesan kesalahan sehingga perintah selanjutnya tidak akan dieksekusi.

Anda dapat menggunakan tanda <  untuk nilai tidak boleh lebih kecil/kurang dan tanda > untuk tidak lebih besar atau juga bisa menggunakan operator array seperti mengunakan operator != untuk mencari ketidaksamaan dalam perbandingan, atau == untuk nilai sama dan lain sebagainya.

Membatasi Jumlah Maximal – Minimal Input Menggunakan PHP


Misalnya saya memiliki nilai input untuk nomor Handphone, dimana nilai input yang saya inginkan tidak boleh lebih dan kurang dari 12 karakter maka, Saya dapat menggunakan operator != untuk melakukan perbandingan dengan nilai/jumlah variabel yang didapatkan oleh fungsi strlen.

Contoh – Contoh :

<?php
$nilai="aaaa";
if(strlen($nilai) >3){
    echo "Input nilai terlalu banyak";
}else{
    echo "Nilai Benar";
}
?>


Hasil eksekusi kode diatas akan menghasilkan pesan “Input Nilai terlalu banyak” karena nilai yang terdapat pada variabel berjumlah 4 karakter, sedangkan pada percabangan nilai tidak boleh lebih besar > dari 3


Sekarang jika diimplementasikan pada variabel yang dikirim dari sebuah form menggunakan POST, maka contohnya adalah sebagai berikut :

<?php
if(strlen($_POST['nilai']) >3){
 echo "Input nilai terlalu banyak";
}else{
 echo "Nilai Benar";
}
?>


Mengatur Jumlah Maxmimal atau Minimal

Jika ingin membatasi jumlah maximal atau minimal misalnya pada form input yang harus memasukan jumlah maxmimal atau minimal 12 karkater, maka bisa menggunakan operator !=
Contoh
<?php
if(strlen($_POST['nilai']) !=12){
 echo "Input nilai salah";
}else{
 echo "Nilai Benar";
}
?>


Related Posts :

1 Response to "Membatasi Jumlah Maximal – Minimal Input Menggunakan PHP"

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...