Mengarahkan Domain ke Hosting Lain Tanpa harus Transfer Domain, Bisakah ?


Sebelumnya kemarin saya menulis Pengalaman Mentransfer Domain ke Layanan Hosting Lain. Saya sedikit salah kaprah, saya pikir kalau saya punya domain dari sebuah hosting itu tidak bisa diarahkan secara langsung ke layanan/hosting lain, #duh katro. Saya pikir hanya bisa diarahkan ke layanan seperti blogspot atau webbly saja, ternyata katanya kita juga bisa mengarahkan domain yang kita beli ke layanan hosting lain dengan cara mengupdate nameserver dari layanan hosting yang ada

Saya kemarin sedikit tanya – tanya sama orang yang kerja di hosting, dan ternyata mereka bilang hal tersebut bisa dilakukan. Jadi saya bisa saja mengarahkan domain saya ke hosting lain dengan cara mengupdate nameservernya saja. Jadi tidak usah transfer domainnya, hanya cukup update nameservernya saja dan diarahkan kehosting yang kita inginkan. 
Mengarahkan Domain ke Hosting Lain Tanpa harus Transfer Domain, Bisakah ?


Tapi yah sudahlah, meskipun proses transfer domain sebelumnya bisa saja dibatalkan, namun saya berfikir ada untungnya juga, soalnya kalau domain dan hostingnya ditempat yang sama, saya pikir akan ada kemudahan – kemudahan tertentu yang belum saya ketahui ketimbang domain dan hostingnya dari layanan yang berbeda. Walaupun memang ada yang membuat domain dan hosting secara terpisah, saya sering melihat hal tersebut pada website – website Pemerintah, mereka menggunakan subdomain yang sama, namun kadang di hosting di tempat yang berbeda, caranya adalah dengan mengarahkan subdomainnya ke alamat IP Hosting lain. pemisahan ini juga sebenarnya ada untungnya, misalnya kalau satu website terkena serangan dan si penyerangan berhasil menanam semisal backdoor, maka website lain yang dihosting ditempat lain tidak akan terpengaruh. 
Mengarahkan Domain ke Hosting Lain Tanpa harus Transfer Domain, Bisakah ?


Mungkin nanti saya akan mencoba belajar lagi tentang masalah ini, semoga nanti bisa mempraktekannya, punya banyak waktu dan ada biaya untuk membeli domain baru dan mengarahkannya ke layanan hosting yang berbeda.

Related Posts :

3 Responses to "Mengarahkan Domain ke Hosting Lain Tanpa harus Transfer Domain, Bisakah ?"

  1. dulu pernah ngarahin domain 1 ke domain 2. dulu sih gara2 sebuah platform mau tutup layanan.

    ReplyDelete
  2. Hatur nuhun, Mang sharingnya, saya juga baru tahu nih. Sebenarnya sih bukan karto lho, Mang. Da gimana lagi emang baru tahu :D

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...