Memperbaiki Komputer Core i3 yang Tidak Tampil di Monitor atau Ngeblank

Banyak sekali ditemukan kasus – kasus komputer yang mengalami masalah tidak tampil ke layar monitor atu ngeblank. Walau terkadang kondisinya hampir mirip, tetapi tidak semua dapat diatasi dengan cara yang sama, seperti yang ada pada contoh kasus komputer core i3 yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini.

Sebelum menceritakan bagaimana cara saya memperbaiki komputer core i3 yang ngeblank, saya akan ceritakan dulu secara singkat bagaimana awalnya komputer tersebut bisa mengalami masalah tidak ada tampilan ke layar monitor. Jadi awalanya komputer core i3 ini normal, menggunakan dua layar monitor, satu ke onboard dan satu ke VGA card, namun dalam beberapa hari kemudian saat komputer digunakan bermain games, tiba – tiba komputer mati atau konslet atau kata orang sunda disebut sebagai kondisi “ngajepluk”

Baca juga : 

Setelah kejadian tersebut komputer ternyata masih bisa dihidupkan, power supply menyala, kipas processor menyala, namun komputer tidak menampilkan apa – apa ke layar monitor, tampilannya ngeblank serta tidak naik ke keyboard, maksudnya saat menggunakan keyboard tombol caplock dan numlock tidak menyala.

Untuk mengatasi masalah ini ada beberapa upaya sederhana yang saya lakukan, berikut ulasannya

#1
Menyeleksi Perangkat Keras
Walaupun Saya yakin jika masalah ini terdapat pada bagian memori, tapi saya masih perlu menyeleksi beberapa perangkat, maksudnya menyeleksi disini adalah memastikan bahwa perangkat lain tidak ada yang rusak, kita bisa menggunakan dua cara, yaitu
  1. pertama kita bisa mencoba perangkat seperti Hardisk, VGA dan Memori di Komputer yang dalam kondisi normal, atau
  2. kedua melepas beberapa komponen perangkat keras seperti Hardisk, CD/DVD room, dan VGA sehingga nanti komponen yang tersisa hanyalah komponen perangkat mother board, processor, dan RAM (memori)
Proses penyeleksian ini selain untuk menghindarkan kerusakan pada komponen hardware lain juga untuk mempermudah kita dalam mendiagnosa kerusakan, karena perangkat yang dicek jadi lebih sedikit, dimana disini jadi akan ada tiga kemungkinan, hardware mainboard, RAM (Memori) atau Processor.
#2
Reseting Bios
Hal yang tak kalah penting dalam perbaikan ini adalah proses reseting bios, hal ini dilakukan untuk mengembalikan perangkat ke pengaturan awal. Anda dapat mencabut baterai cmos atau jumper cmos, lalu menyalakan dan matikan komputer, lalu pasangkan lagi atau bisa juga tanpa harus menyalakannya terlebih dahulu, jadi langsung cabut dan pasangkan cmos tanpa harus dinyalakan atau di hidupakan komputernya.
#3
Proses Penyelesaian Masalah
 
Memperbaiki Komputer Core i3 yang Tidak Tampil di Monitor atau Ngeblank
 
Seperti yang saya jelaskan pada poin pertama meskipun saya meyakini bahwa dalam kasus ini memori yang mengalami masalah, namun saya masih melakukan beberapa pengujian dari poin sampai 2. Hal yang sama mungkin perlu Anda lakukan jika mengalami permasalahan seperti kasus yang saya alami ini.

Karena Hardware sudah diseleksi, jadi hanya tinggal tiga perangkat yang kemungkinan mengalami masalah atau kerusakan, pada awalnya saya menginginkan memori di cek pada komputer normal, namun karena memang tidak memungkinkan alias komputer normal yang ingin digunakan untuk mengeceknya pun tidak ada, dan karena itu saya bersyukur sekali tidak menggunakan komputer normal untuk mengeceknya, karena jika saja saya menggunakan komputer normal untuk mengecek memori dan didapatkan hasil bahwa memori bagus alias terbaca, maka mungkin saya akan menuduh mainbord yang rusak

Karena di mother board terdapat 4 slot memori (DDR3) maka saya coba pindahkan.
Pertama saya pindahkan ke slot 3 (ketiga) warna hitam, hasilnya komputer menyala namun tetap tidak tampil ke layar monitor bahkan melakukan restart/mati sendiri.

Kemudian saya pasangkan ke slot memori bagian 2 (kedua) warna biru dan hasilnya komputer menyala namun sekarang hasilnya komputer menyala dan tampil ke layar monitor dengan pesan bios berhasil di reset, serta indikator caplos lock atau Num lock naik (menyala)

Jadi disini kita sudah berhasil menemukan letak permasalahannya, yaitu terdapat pada slot memori, kemungkinan ada kesalahan atau kerusakan pada slot memori pertama, entah itu ada konsleting atau hal lannya yang saya sendiri tidak mengetahuinya secara pasti.

#4
Kesimpulan
Seperti yang saya paparkan pada awal paragraf meskipun banyak sekali ditemukan kasus komputer yang mengalami masalah tidak tampil ke layar monitor atu ngeblank. Walau terkadang kondisinya hampir mirip, tetapi tidak semua dapat diatasi dengan cara yang sama. Bisa saja memori kotor kemudian cukup digosok menggunakan penghapus, komputer jadi tampil lagi, tetapi dalam kasus ini ternyata saya masih perlu memindahkan memori ke slot lain. Dalam contoh lainnya, ada juga masalah seperti ini (tampilan tidak masuk ke layar) namun setelah hardisk dicabut, komputer bisa menyala dengan normal, oleh karena itu kesimpulannya adalah perlu dilakukan penyeleksian perangkat keras sebelum melakukan tindakan diagnosa kerusakan sehingga dapat mempersempit/memperkecil dugaan/perkiraan kerusakan pada perangkat keras ataupun semua komponen yang terlibat di dalam komputer (Hardisk, VGA, Memori dsb).

Related Posts :

5 Responses to "Memperbaiki Komputer Core i3 yang Tidak Tampil di Monitor atau Ngeblank"

  1. thanks sharingnya mas jadi bisa berjaga jaga kalau ada masalah blank komputer

    ReplyDelete
  2. Laptop saya yg buat nulis ini suka ngelag kalau sinyalnya gak stabil mas. Itu kenapa ya mas. Terus kalau buat menyetel musik kadang ngeblank gt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus diperiksa dulu, banyak kemungkinannya sih gan.. harus periksa secara langsung.. bisa aja ngelag karena virus, bisa juga karena kondisi hardisk dan lain sebagainya,,..

      Delete
  3. Hal-hal kasus seperti diatas ,saya pernah mengalami dan melakukan setiap tahapan. Itulah aseknya jika sudah tergila-gile dengan komputer. Suka otak-atik sendiri.
    Komputer ya seperti itulah, sepertinya masa keawetannya sudah ditentukan.
    Belum lama ini saya ganti matheborad.

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...