Mengapa Saya Tidak Menggunakan Aplikasi PayTren


Mengapa Saya Tidak Menggunakan Aplikasi PayTren

Pertama saya akan bicara sebagai orang yang tidak tahu, kedua tidak ada maksud saya untuk menjelek – jelekan produk atau aplikasi tertentu. Anggap saja tulisan ini hanyalah sebagai kiritik ataupun saran

Jadi mengapa saya tidak menggunakan Aplikasi PayTren ?

#1
Karena Saya Sudah Menggunakan Aplikasi Bukalapak

Setahu saya aplikasi PayTren hanya tersedia dalam bentuk aplikasi yang perlu di instal pada perangkat smartphone, karena pernah waktu itu ada yang menawari saya aplikasi tersebut, dan saya tanya apakah apakah harus punya/mengggunakan smartphone, dan dia bila ia. Sedangkan bila menggunakan aplikasi bukalapak, selain bisa menggunakan versi mobile atau aplikasi smartphone juga tersedia dalam versi desktop yang bisa diakses mealui komputer/laptop

Baca juga : Cara Jualan Pulsa di Bukalapak

#2
Aplikasi PayTren Terbatas


Yang saya tahu aplikasi bayar – bayar PayTren itu terbatas, maksudnya terbatas disini adalah PayTren hanya digunakan dalam pembayaran – pembayaran seperti tagihan listrik, tokeon, pulsa, tiket pesawat dan lain sebagainya. Sedangkan Aplikasi Bukalapak bisa melakukan hal yang sama (pembayaran – pembayaran) seperti yang dapat dilakukan oleh PayTren, bukan hanya itu saja kita juga bisa melakukan belanja online dengan berbagai macam produk dan pembayaran yang mudah, selain hanya sekedar berbelanja online kita juga bisa bergabung menjadi Agen Bukalapak, berjualan online di Bukalapak.

Jadi saya pikir Aplikasi Bukalapak lebih fleksibel dibandingkan dengan PayTren, hal – hal yang bisa dilakukan oleh PayTren juga bisa dilakukan dengan mudah menggunakan Aplikasi Bukalapak, bahkan bukan hanya terbatas pada pembayaran digital saja, tapi belanja atau berjualan online pun juga bisa.

#3
Membernya Kebanyakan  Nyepam 

Promosi memang bagus, tapi jika terlalu banyak bahkan sampai masuk ke kategori promosi terselubung yang malah mengarah ke spaming justru malah tidak baik. Saya tidak tahu secara pasti mengapa member – member PayTren begitu masive dalam melakukan promosi, dan biasanya mempromosikan atau memberi layanan konsultasinya secara pribadi bukan langsung ke pihak perusahaan, terkadang jatuhnya malah seperti bisnis multi level marketing tapi yah tidak jadi masalah juga sih, namun bukankah promosi itu harusnya dilakukan oleh pemilik perusahaannya dengan cara membeli slot iklan di TV, Google Adwords atau sejensisnya ?

Saya pikir sistem semacam ini seperti layaknya sistem Kawan Agen Bukalapak, dimana jika kita mengajak orang untuk bergabung menggunakan aplikasi akan diberi reward atau hadiah dengan komisi tertentu, tapi jujur saja saya jarang sekali lihat member ataupun agen bukalapak banyak promosi atau mengajak orang lain untuk bergabung. Karena memang jika ingin bergabung jadi agen bukalapak atau berjualan layanan pembayaran digital di bukalapak, tinggal daftar langsung melalui aplikasi atau situs resmi bukalapak, tanpa melalui pihak lain, sehingga jadi member – membernya pun jarang melakukan promosi, sekalipun promosi, paling promosi produk yang dijualnya bukan promosi aplikasinya.

Ini merupakan salah satu alasan terkahir saya mengapa, jadi kurang begitu tertarik menggunakan PayTren.

#4
Kesimpulan


Jadi tidak masalah Anda menggunakan Aplikasi PayTren atau tidak untuk keperluan bisnis Anda, toh itu merupakan aplikasi yang legal dan aman digunakan untuk keperluan pembayaran digital seperti tagihan listrik, pulsa dsb. Hanya saja seperti yang saya paparkan dari ketiga poin diatas, bahwa secara keseluruhan Aplikasi PayTren menurut saya hanya terbatas pada pembayaran – pembayaran digital/online saja.

Sedangkan Aplikasi lainnya seperti contoh Bukalapak tidak hanya terbatas pada itu saja (pembayaran), kita bisa berbelanja atau berjualan online pun juga bisa. Selain itu Aplikasi Bukalapak juga tersedia dan bisa diakses melalui pc/laptop, sehingga seandainya sang pelaku bisnis tidak punya smartphone pun (mis. Hilang atau dijual pake modal nikah) tetap bisa mengakses atau bergabung menjadi agen bukalapak dengan mengaksesnya melalui browser komputer dengan sambungan internet.

Seperti yang saya paparkan pada awal pembukaan tulisan, anggap saja tulisan ini hanyalah sebagai kiritik ataupun saran.

Kalau Anda mau menjadi salah satu dari bagian PayTren, yah silahkan tidak usah ragu – ragu tidak usah terpengaruh dengan pembahasan saya, karena sebenarnya ini hanya sebatas pembahasan dalam masalah/cakupan keterbatasaan dari segi aplikasinya, dimana PayTren hanya sebatas bisa untuk melakukan pembayaran – pembayaran saja, tidak bisa berbelanja atau berjualan online. Sedangkan untuk sistem atau Aplikasi PayTren sendiri saya yakin bahwa sistemnya sangat bagus, cepat dan aman


Related Posts :

1 Response to "Mengapa Saya Tidak Menggunakan Aplikasi PayTren"

  1. Ini sependapat dengan saya, sebenarnya saya ingin lebih banyak untuk memberikan komentar. Ya itu takut ada yang tersinggung.
    Marketplace semisal toko yang disebutkan diatas, lebih baiklah.

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...