Membuat Block Region Baru di Drupal


Membuat Block Region Baru di Drupal
Contoh tata letak atau disebut dengan istilah block region yang terdapat pada template
Sumber gambar : root93.co.id

Sebuah pastinya template memiliki layout / tata letak dan itu bisa disebut sebagai sebuah region atau dalam isitilah blogspot bisa disebut dengan isitilah block widget, dan block – block yang tersedia pada umumnya sudah memiliki jumlah dan gaya tertentu. Sehingga terkadang untuk memnuhi atau membuat sebuah layout/region baru, kita perlu memodifikasi yang sudah ada atau menambahnya supaya bisa sesuai dengan selera atau memunuhi kebutuhan yang kita inginkan, pada dasarnya konsepnya sama seperti penambahan posisi tata letak widget pada blogspot, hanya terminologi/istilah dalam penyebutannya saja yang berbeda.

Root93 kali ini akan menjelaskan secara sederhana tentang bagaimana membuat sebuah region ataupun block baru di drupal. Dalam contoh ini saya menggunakan drupal 7 dan template bootstrap, untuk template jenis lainnya caranya tidak jauh berbeda.

  1. Pada template info masing – masing tambahkan nama region yang diinginkan
  2. Jika sudah ditambahkan, pada file page.tpl.php panggil region tersebut menggunakan perintah render. Contoh
    <?php if (!empty($page['namaregion'])): ?>
    <div class="fitur">
    <div class="container">
    <?php print render($page[' namaregion ']); ?>
    </div>
    </div>
    <?php endif; ?>
  3. Terakhir simpan lalu bersihkan semua cache
Sampai disini region sudah berhasil ditambahkan, nanti proses pemanggilan di region juga dapat ditambahkan custom class css tertentu atau bisa menggunakan class yang sudah tersedia pada framework template masing – masing. Struktur blok dibagian admin nantinya tergantung susunan skrip  yang kalian buat pada template info masing – masing.


Related Posts :

0 Response to "Membuat Block Region Baru di Drupal"

Post a Comment

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...