Mengatasi Masalah mysqli_stmt_close() expects parameters


Mengatasi Masalah mysqli_stmt_close() expects parameters

root93.co.id - awalnya saya menyusun kode dengan cara biasa, tanpa ada prepared statement, namun kalau dipikir – pikir cara itu tidak keren dan mungkin kurang begitu aman, sehingga saya coba menulis ulang terutama untuk bagian query saat menyimpan datanya, namun apa yang terjadi setelah semuanya selesai, saya menemukan error dengan pesan seperti berikut ini Warning : mysqli_stmt_close() expects parameters 1 to be mysqli_stmt.

 Mengatasi Masalah mysqli_stmt_close() expects parameters
Sumber : root93.co.id : pesan error yang ditampilkan
Pada pesan diatas terlihat jelas bahwa line 680 bermasalah, namun kendati demikian terkadang pesan error yang ditampilkan tidak bisa benar – benar mewakili kesalahan kode yang dibuat dan hal inilah yang terkadang bisa membuat seseorang menjadi bingung. Saya coba berkali – kali mengeceknya menggunakan var_dum($stmt) dan hasilnya false padahal statement pertama hasilnya bagus, namun pada close statement kedua hasilnya selalu false.

Baca juga :  Mengatasi Masalah mysqli_stmt_bind_param : Number of elements in type definition string doesn’t match

Close statement ini biasanya digunakan untuk mengakhiri statement yang dibuat, supaya nantinya statement tersebut bisa digunakan pada baris/line kode berikutnya, maka statement di tutup alias di close menggunakan perintah mysqli_stmt_close($namavariabelstatement);
Contoh :
close statemenet
Close Statement. Sumber : root93.co.id


Sudah sekitar 3 hari 3 malam saya memikirkan mengapa kode yang saya buat error saat mencoba menyimpan data, dan yang ditampilkan oleh PHP hanya pesan error itu – itu saja tidak ada yang lain, akhirnya saya pun mencoba mengecek variabel koneksi yang dibuat.

Saya hanya menuliskan kode var_dump($koneksi); untuk mengecek variabel koneksi dan akhirnya PHP menampilkan letak kesalahan yang dibuat seperti berikut ini
kode yang salah
Mengecek variabel koneksi dengan fungsi var_dump(); sumber : root93.co.id

Dari Pesan yang terlihat diatas, sudah jelas bahwa si PHP bingung, karena tidak bisa menemukan kolom yang dimaksud atau pada perintah INSERT tabel data kolom yang dituliskan tidak sesuai dengan kolom tabel yang terdapat pada database “Unknown column ‘model_ujian’ in ‘field_list’”
Kasus semacam ini tentu akan sangat membingunkan terutama ketika kita menginsert data dalam jumlah yang banyak, khususnya ketika kita keliru saat menuliskan nama kolom yang terdapat di tabel. 

Jadi jika mengalami masalah seperti ini, sebaiknya cek closing statementnya, dan variabel koneksinya yang Anda buat menggunakan fungsi var_dump();. sehingga diharapkan nanti PHP bisa lebih menjelaskan/menampilkan kesalahan yang ada secara lebih mendetail.

Related Posts :

3 Responses to " Mengatasi Masalah mysqli_stmt_close() expects parameters"

  1. Kalau saya pastinya lebih bingung lagi.

    ReplyDelete
  2. Heeemmm....mantap betul tutornya, saking mantapnya membuat saya geleng-geleng kepala, ini problem yang benar-benar belum pernah saya alami,

    Beruntung sekali punya temen yang demen oprek data program komputer, jadi gak perlu khawatir jika nanti terjadi orror...

    ReplyDelete
  3. mysqli_stmt_close() expects parameters aja aku baru denger maaasss hihi emang buta kali aku kalo soal ginian mas..

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...