GET Node Field di Drupal dan Mengirimnya ke Halaman Native PHP



ROOT93 - Secara default kita tidak bisa mendapatkan node field dari setiap content type yang ada pada situs Drupal kita, maksudnya nilai (seperti tokens) sebuah Node Field ataupun Current Page yang sedang aktif tidak bisa diakses sembarang melalui text editor yang kita gunakan.

Jika kita membutuhkan sebuah Node Field atau nilai tertentu seperti misal Judul artikel yang sedang aktif , lalu kemudian misalnya data tersebut ingin kita kirimkan melalui parameter GET ke halaman Native PHP, kita mungkin bisa menggunakan module token dan token filter. 
 
module filter
Module token perlu diaktifkan
Sumber : root93 blogs

Module di : https://www.drupal.org/project/token_filter

Dengan menggunakan module filter, memungkinkan kita untuk bisa mengakses nilai tertentu seperti misalnya sebuah Node atau tokens Current Page tertentu. 
 
node
Filter yang sudah tersedia:
Sumber : root93



Pada gambar diatas memang tidak di list atau dijelaskan tentang pengaksesan sebuah Node tapi sebenarnya ketika tokens filter sudah diaktifkan maka kita bisa mengakses node field pada content type tertentu.

Jika ingin mengakses sebuah current page judul yang sedang dibaca misalnya, kita tinggal tulis text editor [curren-page:title] atau jika misalnya ingin mengakses sebuah node pada content type tertentu kita tinggal tulis misalnya, [node:field_tags].

Setelah module token filters diaktifkan Anda juga perlu melakukan sedikit konfigurasi pada text editor atau text format yang digunakan dengan mencentang pilihan Replace tokens seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini
 
mengaktifkan filter
Mengatur token supaya replace di text editor
Sumber : root93

Selanjutnya di halaman PHP, nanti Anda hanyta tinggal meng GET data yang ada di URL
 
Ini memang ide yang sederhana yaitu hanya ingin mendapatkan sebuah node atau judul yang sedang aktif lalu mengirimnya ke halaman native PHP, tapi dalam kondisi tertentu mungkin cara ini dibutuhkan supaya halaman web drupal kita bisa berkolaborasi dengan halaman Native PHP, meskipun itu hanya untuk sekedar GET data saja.
(Ahmad Zaelani / root93)

Related Posts :

1 Response to "GET Node Field di Drupal dan Mengirimnya ke Halaman Native PHP"

  1. Alhamdulillah, hatur nuhun kang infonya...izin nyimak sareng baca aja ya, coz kalau terlalu dipantengin buat sayah mah malah jadi lieur materi seperti ini teh kumargi bukan bidangnya hehehe

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...