3 Hal Mudah yang bisa Kamu Lakukan Untuk Menghadapi Industri 4.0



 ROOT93 - Kemajuan dan perkembangan teknologi sudah tidak dapat dibendung lagi, negara yang tidak siap dengan itu akan tertinggal jauh oleh negara – negara lain dan kini kita telah memasuki era industri 4.0, era kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dan itu artinya pada era ini akan terjadi banyak sekali perubahan dimana teknologi otomatisasi akan mengambil alih peranan manusia dalam beberapa industri.

Hanya saja saat ini revolusi industri 4.0 ini tidak terjadi secara serentak di seluruh dunia. Menurut penelitian yang dilakukan oleh ABB dan The Economist Intelligence Unit (2018) terhadap 25 negara terkait kesiapan mereka untuk menghadapi era serba otomatis berkat kecanggihan robot dan AI menemukan bahwa tingkat kesiapan Indonesia berada di posisi ke 25. 
Ranking kesiapan sebuah negara terhadap otomatisasi (www.automationreadiness.eiu.com)


Tentu saja bukan hal yang mengherankan jika Korea Selatan berada di urutan pertama terhadap kesiapan otomatisasi ini, karena di negara tersebut ilmu programming sudah diajarkan dari sejak masih anak – anak. Bahkan di Negara dengan sistem pendidikan terbaik seperti Finlandia juga mengajarkan coding kepada anak – anak sejak SD.


#1 Belajar Coding
belajar coding root93
Belajar coding. Sumber: root93
Coding merupakan salah satu bekal penting untuk mnghadapi revolusi industri 4.0 karena di era ini banyak perusahaan besar dan bonafid yang mewajibkan para karyawannya untuk memiliki kemampuan coding. Semua kecanggihan yang saat ini kita rasakan seperti berbelanja online, memesan layanan transportasi melalui smartphone dan lain sebagainya merupakan buah dari peranan para coder/programmer yang berada dibelakang layar.

Industri 4.0 sudah berada didepan mata dan kita tidak hanya bisa menunggu pemerintah merubah kurikulum yang berada di sekolah agar memasukan coding kedalam kurikulumnya, oleh karena itu kita perlu mempersiapkan diri kita sebaik mungkin untuk menghadapi era industri 4.0 salah satunya adalah dengan belajar coding

Sekarang ini banyak sekali kelas – kelas online yang menawarkan para peserta didiknya untuk belajar coding dari dasar sampai mahir, atau juga bisa belajar melalui buku – buku programming

#2 Membuat Website

membuat website
Dalam satu bulan ini saya sudah bisa menghasilkan lumayan sedikit uang dari hasil iklan dan produk yang saya jual di website. Mungkin itu adalah nilai yang kecil, tapi setidaknya orang desa seperti saya ini jadi tahu bahwa ternyata mengelola website ataupun berjualan melalui media website adalah satu hal yang bisa mendatangkan keuntungan secara finasial

Persaingan di dunia kerja semakin ketat hal tersebut tentunya dikarenakan setiap tahunnya banyak sekali angkatan kerja yang ikut bersaing untuk mencari pekerjaan di berbagai perusahaan/industri.

Saya merupakan salah satu orang yang merasakan betapa kerasnya persaingan tersebut dan akhirnya harus tersingkir. Namun pada akhirnya saya menemukan sebuah peluang baru melalui internet dengan memanfaatkan teknologi website.

Saya mulai berbisnis melalui website, dari mulai berjualan produk digital, membuat layanan pembuatan website sampai menjadi publisher iklan seperti google adsense.

Saat ini untuk membuat website di internet sangatlah mudah, kita bisa menggunakan platform/cms seperti wordpress, drupal atau bisa menggunakan layanan gratis web blog seperti dari  blogger milik google atau wordpress.com milik wordpress

Untuk performa terbaik dari website ataupun blog, saya sarankan untuk menggunakan layanan dari Hosting terbaik yang ada di indonesia. Belilah layanan hosting yang bagus serta memiliki tingkat respon yang cepat saat kita mengalami kendala teknis.

Impian terbesar saya adalah bisa menjalankan bisnis secara online secara full time dari rumah. Sehingga saya bisa bekerja kapanpun dan dimanapun saya suka.

#3 Mengonlinekan Bisnis


Saat ini saya pribadi lebih suka berbelanja online ketimbang berbelanja secara langsung, alasannya adalah lebih mudah dan praktis.

Kamu mungkin bisa mengonlinekan bisnis dengan membuat toko online atau sekarang ini yang paling gampang adalah dengan membuat toko di market place online yang ada di Indonesia.

Berjualan atau berbisnis online di internet tidak harus punya modal besar, kita bisa saja berperan sebagai dropshiper atau menjual produk milik orang lain yang berada di lingkungan tempat kamu tinggal

Bisnis yang tidak dapat beradaptasi dengan era industri 4.0 saat ini bisa kemungkinan perlahan – lahan akan tersingkir.
#

Revolusi Industri 4.0 sudah tidak bisa terbendung lagi, tidak bisa menunggu kita siap atau tidak, sehingga sudah sewajarnya jika kita membekali diri atau para generasi bangsa agar mampu bersaing di era revolusi industri 4.0
( Ahmad Zelani )

Related Posts :

1 Response to " 3 Hal Mudah yang bisa Kamu Lakukan Untuk Menghadapi Industri 4.0"

  1. Saya pengen buka toko online mas, tapi gak tau mau jual apa hehe

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...