Masalah File Backup dari PHPExcel Tidak Bisa Dibuka


Masalah File Backup dari PHPExcel Tidak Bisa Dibuka
Masalah File Backup dari PHPExcel Tidak Bisa Dibuka. Sumber : root93

Excel cannot open the file.... because the file format or file extension is not valid. Verify that  the files has not been crroupted and that the file extension matches the format of the file

Begitulah pesan yang saya lihat pada saat membuka file jenis excel yang merupakan file excel hasil backup menggunakan plugins phpexcel.

Sebelumnya saya pernah mengalami masalah ini, biasanya terjadi karena file tidak matching, misalnya data cel A yang harusnya di isi dengan data A, malah kita isi dengan data D, maka hasilnya file tidak akan bisa dibuka. Singkatnya jika susunan di script phpexcel tidak beurutan dengan data kolom yang berada di database, maka hasil phpexcel akan mengalami masalah. Jadi ketika mengalami error saya berasumsi seperti itu

Namun setelah beberapa jam saya periksa, dan saya kurangi jumlah data yang di backup supaya tidak terlalu pusing, hasilnya file masih tidak bisa dibuka, dan anehnya script untuk melakukan backup tersebut merupakan script yang sama yang digunakan pada aplikasi lain yang jalan, dan ini sungguh – sungguh sangat mengherankan, karena script yang sama percis justru berjalan baik pada sistem lain.

Akhirnya setelah browsing di stackoverflow saya menemukan solusinya, seperti yang saya jelaskan dalam video dibawah ini.


(Ahmad Zaelani / r93 )


Related Posts :

1 Response to "Masalah File Backup dari PHPExcel Tidak Bisa Dibuka"

  1. itu akun youtubenya ya sob atau bukan kalau ia nanti saya subscribe

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...