Mencegah Input Data Yang Sama ke MySQL Menggunakan PHP Part 2


Sebelumnya saya sudah pernah juga membahas tentang bagaimana supaya tidak ada data yang sama atau double pada saat insert data ke database mysql dari php, maksud dari supaya tidak ada data yang sama adalah untuk bagian data - data tertentu misalnya seperti username, nisn, nim dan lain sebagainya.

Pada tutorial sebelumnya, teknik ataupun caranya kurang praktis, oleh karena saya menggunakan cara yang lebih simpel dan mudah saat digunakan

Sebuah aplikasi yang dibangun menggunakan PHP idealnya memiliki kemampuan untuk mencegah inputan data - data tertentu agar tidak sama, tujuannya tentu saja adalah supaya data tersebut lebih mudah untuk di identifikasi apakah data tersebut milik si A atau si B dan selain itu memudahkan sang programmer dalam melakukan query berdasarkan data tertentu.

Contoh penulisan kode ini menggunakan procedural style dan untuk querynya menggunakan prepared statement, untuk contoh script atau source codenya bisa Anda unduh pada halaman : CRUD PHP Procedural Style , namun dalam contoh saya belum melengkapinya dengan fungsi untuk pengecekan data supaya tidak ada bagian data tertentu yang sama/dobel.

Untuk itu kalian bisa melihat Video Mencegah Cara Mudah Input Data Yang Sama ke MySQL pada video dibawah ini
Selain bergantung pada script yang kita buat, dalam praktikny supaya tidak ada duplikat data pada salah satu field di kolom tabel, Anda bisa mengeset kunci unik pada nilai field yang memang diinginkan supaya tidak memiliki kesamaan dengan data lain

Baca : Fungsi Kunci Unik di Database MySQL


3 Responses to "Mencegah Input Data Yang Sama ke MySQL Menggunakan PHP Part 2"

  1. Biar lebih jelas ,saya ingin lihat tutorialnya di youtube.
    Siapa tahu lebih paham.

    ReplyDelete
  2. Makasih infonya kawan, jadi tambah ilmu

    ReplyDelete
  3. Mantap dah kalau artikel tentang web programming.. Apalagi dilengkapi dengan video, pengunjung dibuat mengerti dan juga nyaman dalam memahami inti dari tema.

    Mantap BroZaelani!

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlebih dahulu di moderasi oleh Admin