Menampilkan Views Drupal Berdasarkan Hak Kepemilikan Data


Setiap content type yang dibuat pada drupal bisa diatur hak aksesnya, siapa yang dapat membuat, mengedit, mengupdate data yang ada dan juga siapa yang boleh melihatnya. Termasuk salah satunya adalah kita dapat mengatur untuk menampilkan sebuah data pada views berdasarkan hak akses atau kepemilikan data content masing – masing user yang sedang login.

Jadi yang dimaksud dengan menampilkan data views berdasarkan hak kepemilikan data masing – masing adalah : Misal ada user A menambah data pada jenis content type Artickel kemudian ada user B juga yang menambah data pada content type yang sama. Lalu pada views nanti hanya akan menampilkan data berdasarkan data yang telah dibuat oleh masing – masing user. Intinya nanti kita filter data berdasarkan user yang sedang login atau bahasa inggrisnya, “Filter the view to the currently logged in user”

Berikut ini adalah bagaimana caranya untuk memenuhi kebutuhan menampilkan data views berdasarkan user pembuat kontennya :

  1. Buat views seperti biasa, atur FORMAT dan FIELDS sesuai kebutuhan masing – masing
  2. Lalu pada RELATIONSHIPS klik add, cari dan tambahkan jenis CONTENT AUTHOR
  3. Selanjutnya pada FILTER CRITERIA, cari dan tambahkan USER : CURRENT

    Menampilkan Views Drupal Berdasarkan Hak Kepemilikan Data
  4. Terakhir klik save Klik Save
Views yang sudah dibuat diatas nantinya akan menampilkan data berdasarkan user pembuat konten atau berdasarkan user yang sedang login
 
 
 
 

Related Posts :

0 Response to "Menampilkan Views Drupal Berdasarkan Hak Kepemilikan Data "

Post a Comment

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...