Aplikasi Rapor Madrasah Berbasis Web Gratis


Seperti yang diketahui semua bahwa Kemenag sendiri sudah menyediakan Aplikasi RDM yang bisa digunakan oleh madrasah dalam mengelola nilai/raport, tetapi mungkin ada juga beberapa madrasah yang ingin mengelola data internal sekolahnya secara mandiri tanpa harus bergantung pada aplikasi RDM dari Kemenag yang tentunya memiliki keterbatasan khususnya dari segi kostumisasinya, karena setiap sekolah/madrasah mungkin memiliki kebutuhan yang berbeda – beda.

Sikola merupakan salah satu Aplikasi berbasis web  yang selain sebagai sistem informasi sekolah, database siswa dan guru, juga bisa digunakan sebagai  manajemen nilai/raport (e-rapor) di sekolah. Ketika Anda membeli aplikasi ini juga Anda akan mendapatkan fitur raport/manajemen nilai siswa secara GRATIS didalamnya.

Fitur Raport Sikola


Berikut ini adalah fitur rapor ataupun manajemen nilai yang terdapat pada Aplikasi Sikola

  1. Manajemen mata pelajaran


    Sekolah/Madrasah dapat mengelola daftar mata pelajaran yang akan diuji disekolah. Administrator dapat menambah mata pelajaran baru, berdasarkan jenis, kelompok, standar nilai dan siapa guru yang bertanggung jawab sebagai pengajar pada mapel tersebut. Selain itu setiap Mapel dapat memiliki Submapel, sehingga kita tidak perlu khawatir jika misal dalam satu pelajaran terdapat beberapa submapel didalamnya

    mata pelajaran - sikola

  2. Satu Guru Dapat Mengelola Banyak Mapel

    Pada Aplikasi sikola, guru sebagai penanggungjawab mata pelajaran akan terlibat langsung baik dalam penggunaan aplikasi maupun penginputan,pengelolaan nilai berdasarkan mata pelajaran yang diampunya. Setiap guru juga dimungkinkan untuk ditambahkan lebih dari satu mapel. Kemudian selain itu setiap guru mata pelajaran yang sama bisa diatur untuk mengajar pada kelas yang berbeda – beda sehingga tidak terjadi bentrok ataupun kekeliruan saat mengatur nilai. 




    pengelolaan daftarb ajar sikola

    Dashboard penilaian

  3. Sistem Remidial

    Setiap Siswa/i yang tidak atau belum memnuhi standar nilai yang ditentukan pada sebuah mata pelajaran, maka secara otomatis ketika nilainya tidak terpenuhi akan menghasilkan nilai remidial. Guru dapat mencetak laporan daftar siswa yang terkena remidial dalam ujian tertentu, begitupun dengan siswa dapat langsung melihat daftar remidialnya pada laman aplikasi sikola. 

    Siswa/i yang sudah melakukan remidial nilainya dapat dirubah oleh guru yang bersangkuta dengan mudah, maka siswa yang bersangkutan nantinya akan langsung bisa melihat hasil nilainya sehingga sesuai dengan standar nilai kelulusan


  4. Laporan Nilai, Raport dan Leger

    Setiap kategori ujian dapat memiliki rangkuman nilai per-masing – masing siswanya, laporan ini bisa dalam bentuk leger ataupun buku rapot format excel/pdf. Administrator dapat mencetak leger ataupun raport, dan Guru yang ditunjuk sebagai wali kelas juga dapat melakukannya, tetapi hanya kelas yang diwalikan kepadanya saja. Kemudian guru mapel juga dapat memberikan semua laporan penialaian dari mata pelajaran yang diampunya.



    laporan penilaian guru dalam bentuk pdf
    Laporan Hasil Penialain Guru

    Contoh Leger Nilai
    Contoh Leger pada pada Aplikasi Sikola

    contoh leger nilai aplikasi sikola
    Contoh Leger dengan QRCode

Keunggulan Raport Aplikasi Sikola


Modul ataupun fitur Raport pada Aplikasi sikola tentunya memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan raport konvensional, dan berikut ini adalah keunggulan Aplikasi Raport Sikola
  1. Dapat diakses secara online

    Karena Raport yang terdapat pada aplikasi sikola ini adalah aplikasi berbasis web, sehingga nilai raport bisa diakses kapan saja dan dimana saja melalui jaringan internet. Hal ini tentunya tidak seperti Aplikasi Offline, data hanya bisa diakses oleh satu pihak saja serta tidak terpusat

  2. Sistem Pengumpulan Nilai Mudah dan Terpusat

    Jika dibandingkan dengan sistem aplikasi offline/desktop atau berbasis excel, maka sistem penilaian raport, pengumpulan ataupun pengelolaan nilai pada aplikasi sikola ini jauh lebih mudah, cepat dan terpusat karena setiap guru menggunakan satu aplikasi yang sama dalam proses penialaian atau pengumpulan data. Berbeda dengan aplikasi offline, data tidak terpusat, lalu data - data nilai perlu dihimpun dari setiap guru  yang menggunakan aplikasi offline. 

    Dengan fitur e-Raport yang terdapat pada aplikasi sikola, nilai - nilai yang sudah diinput oleh setiap guru mata pelajaran akan terkumpul pada tempat yang sama, bukan hanya terkumpul tapi bisa dikelompokan data - datanya, berdasarkan kelas, jenis ujian dan tahu pelajaran. 

  3. Hemat Waktu dan Biaya

    Dibandingkan menggunakan cara manual, misalnya guru melakukan penilaian menggunakan aplikasi desktop seperti excel, lalu nilai - nilai tersebut perlu lagi dikumpulkan dengan nilai - nilai mata pelajaran lain ke wali kelas, maka dari segi waktunya pun sangat tidak efisien.

    Selain itu Raport Digital /Pengelolaan Nilai Siswa/i Pada Aplikasi Sikola ini bisa dibilang lebih hemat biaya, contoh kasus misalnya :

    Ketika terdapat sebuah remidial pada nilai - nilai siswa, maka guru mata pelajaran tidak perlu repot - repot mengetik daftar siswa yang harus melakukan remidial serta mencetak atau menempelnya, Guru yang menerapkan sistem remidial, dapat langsung mengunduh daftar siswa yang terkena remidial karena sistem aplikasi akan secara otomatis tahu mana siswa yang harus melakukan remidial, guru tinggal mengirimkan soft filenya melalui Grup WhatsApp atau media digital lainnya, jadi bukan hanya hemat waktu saja, tapi hemat biaya karena tidak perlu banyak print dokumen.

Dengan fitur rapor yang terdapat pada Aplikasi Sikola, Anda bisa dengan mudah melakukan penilaian atau manajemen nilai siswa dengan mudah dan cepat




3 Responses to "Aplikasi Rapor Madrasah Berbasis Web Gratis"

  1. wah, skrg jadinya lwt web ya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, simple, mudah cepat, aplikasi sikola udah dilengkapi e-rapor seperti RDM

      Delete

Komentar yang Anda kirim akan terlebih dahulu di moderasi oleh Admin