Dampak Positif dan Negatif Menggunakan Framework PHP

Dampak Positif dan Negatif Menggunakan Framework PHP


Dewasa ini ada berbagai macam framework php yang bisa kita pilih untuk membangun sebuah website ataupun aplikasi berbasis web, seperti laravel, codeigniter, symphony ,cake php dsb. Dari semua framework – framework tersebut memiliki konsep, ide ataupun garis besar yang sama, yaitu supaya pekerjaan jadi lebih cepat, mudah, aman, mudah di maintenance,hemat, hemat biaya dan hemat waktu.


Dampak Positi dan Negatif Menggunakan Framework PHP

Meskipun kehadiran framework ini merupakan sebuah angin segar bagi para programmer, tetapi kenyataanya mungkin kehadiran framework ini akan membuat seorang programmer kehilangan esensinya sebagai seorang the real programmer. Tetapi disisi lain kita juga tidak bisa menutup mata bahwa kehadiran framework ini juga sekarang menjadi sebuah trend, dimana banyak dari perusahaan – perusahaan yang mencari programmer – programmer yang menguasi framework php, kita tidak bisa menjadi seorang fanatik, idealis dan menutup diri dari perkembangan teknologi framework tersebut, kita masih tetap bisa maju dengan idealisme yang kita miliki sembari terbuka pada hasil pemikiran orang lain

Dampak Positif

Dampak positif dari penggunaan framework ini sudah jelas diantaranya :

1. Cepat dan Hemat Waktu

Dengan menggunakan framework php, pekerjaan kita bisa jauh lebih cepat, bayangkan saja untuk membuat sebuah paginasi misalnya membuat paginasi di laravel, Anda cukup mengetikan parameter seperti DB::(‘nama_table’)->paginate(), dan “bim salabim paginasi halamanpun jadi”, bayangkan jika Anda membuatnya secara manual, Anda harus membuat query, membuat pembagian halaman, membuat looping supaya nilai paginasinya tidak ditampilkan semua dan lain sebagainya. Maka itu sangat tidak efisien secara waktu, sedangkan kita butuh sesuatu produk yang bisa dengan cepat menghasilkan uang.

2. Aman

Tidak ada orang yang 100% dalam kemaanan, dan jika ada orang yang mengatakan sebaliknya, itu bohong” - Kevin Mitnick.

Bisa dikatakan bahwa framework php umumnya merupakan projek yang dikembangkan secara bersama – sama, bahkan pada saat kita menginstal laravel, ada berbagai macam library yang juga ikut terinstall. Dan semua itu tidaklah dikerjakan oleh satu orang programmer, tetapi melibatkan banyak programmer dari seluruh penjuru dunia, dan mereka bukan hanya memperhatikan dari segi bagaimana kode yang mereka buat bisa berjalan sesuai keinginan, mereka juga memperhatikan unsur ataupun aspek keamanan.

Dan ini artinya kita sudah tidak perlu memikirkan soal keamanan ketika menggunakan framework, semuanya sudah dipikirkan oleh the real programmer yang ikut serta dalam pembangunan framework yang Anda gunakan.

3. Jadi lebih mudah saat bekerja dengan tim

Setiap framework php umumnya sudah memiliki konsep masing – masing, umumnya adalah konsep MVC (Model view Controller) dan dengan konsep tersebutlah maka para programmer yang bekerja dibawah satu konsep tersebut akan memiliki kesamaan kode dan cara berpikir karena semua programmer yang berada dalam tim akan dituntut untuk menggunakan cara yang sama dalam memecahkan masalah.

Bayangkan jika itu merupakan sebuah native code, setiap programmer yang bekerja dengan tim ini bisa menghasilkan kode dengan variasi berbeda – beda.


Dan hasilnya jika menggunakan sebuah framework antara programmer A dan B ini akan bisa saling mengkoreksi dan tahu bagaimana alur kerja yang mereka buat, programmer A tidak perlu waktu berhari – hari, berbulan – bulan atau bahkan bertahun – tahun untuk mengerti bagaimana kode yang dibuat programmer B, karena baik programmer A dan B berada dibawah payung framework yang sama


Dampak Negatif


Meskipun framework begitu banyak menawarkan kemudahan, tetapi disisi lain framework juga akhirnya memiliki satu dampak negatif khususnya terhadap programmer itu sendiri. Dampaknya hanya satu yaitu mereka jadi kehilangan arti “Programmer” itu sendiri. Dan pada akhirnya framework juga telah melahirkan programmer yang sebenarnya tidak kompeten, kenyataanya adalah mereka tidaklah pandai, mereka hanya bersandar dan bergantung pada hasil pemikiran orang lain


Seorang programmer itu adalah orang yang seharusnya mengerti setiap jengkal kode yang mereka tulis, bukan hanya bersandar pada hasil pemikiran orang lain. Framework bukan hanya telah memotong dan memangkas proses coding seorang programmer, tetapi cara berpikirnyapun ikut terpangkas habis. Bisa menampilkan data dengan perintah DB::table bukanlah sesuatu yang luar biasa, karena itu adalah hasil pemikiran orang lain, bukan hasil pemikiran Anda !


Dan dampak negatif ini hanyalah untuk orang – orang yang idealis yang mungkin bukan hanya sekedar mendapatkan hasil, tapi tahu proses setiap jengkalnya. Dan jujur saja idealisme seperti ini memang merepotkan, dan memakan banyak waktu, kesungguan bagi seseorang yang benar – benar ingin menjadi The Real Programmer


The Real Programmer

Seperti yang sudah saya paparkan sebelumnya bahwa kita tidak bisa menutup mata bahwa kehadiran framework ini memanglah sesuatu yang baik dan juga bagus, kita tidak bisa menjadi seorang fanatik, idealis dan menutup diri dari perkembangan teknologi.


Tetapi perlu digaris bawahi bahwa untuk menjadi seorang The Real Programmer maka Anda tidaklah boleh hanya bergantung pada hasil pemikiran orang lain, tetapi Anda juga harus memiliki hasil pemikiran sendiri atau hasil pemikiran Anda bisa digunakan oleh orang lain.


Jangan sampai kita tidak mau terbuka pada teknologi orang lain, bahkan tidak mau belajar karena merasa tidak sesuai dengan idealisme, tetapi idealismenya sendiri sama sekali tidak ada kemajuan bahkan tidak menghasilkan apa – apa ataupun manfaat bagi orang lain. Sehingga akhirnya tertinggal dan miskin ilmu, lalu membusuk bersama idealismenya.


Kita masih tetap bisa maju dengan idealisme yang kita miliki sembari tetap terbuka pada hasil pemikiran orang lain” – Ahmad Zaelani (The Unreal Programmer )


0 Response to "Dampak Positif dan Negatif Menggunakan Framework PHP"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlebih dahulu di moderasi oleh Admin