Pilih Blogspot atau Wordpress ?

pilih blogspot atau wordpress

Tidak bisa dipungkiri bahwasanya memiliki sebuah website merupakan hal yang cukup penting diera industri digital , terlebih lagi dengan jumlah pengguna internet yang cukup besar saat ini tentu merupakan sebuah peluang  yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti bisnis , politik, pendidikan  dan lain sebagainya.

Website bukan hanya sekedar sebagai media informasi saja, tetapi khususnya dalam bisnis, website bisa menjadi wajah atau representasi bisnis ataupun perusahaan itu sendiri. Sehingga sebuah website memiliki peranan cukup besar dalam mengembangkan sebuah perusahaan.

Pada era industry digital 4.0 ini memiliki ataupun membangun sebuah website bisa dilakukan oleh siapaun yang bahkan tidak memiliki latar belakang pendidikan teknologi informasi, hal tersebut dikarenakan berkat  adanya berbagai macam platform ataupun teknologi yang telah berevolusi sehingga penggunaannya menjadi mudah.

Ada berbagai macam platform/teknologi yang bisa kita gunakan dalam membangun sebuah website untuk berbagai macam keperluan. Saat ini sendiri untuk membangun sebuah website, orang banyak sekali mengandalkan cms (content management system) seperti drupal, joomla, wordpress dan jenis cms lainnya. Alasanya cukup sederhana karena CMS mudah digunakan, gratis, cepat dan aman, serta kita tidak perlu belajar coding terlebih dahulu untuk. 

Selain dengan menggunakan CMS kita juga bisa menggunakan teknologi/platform seperti contohnya blogspot dari Blogger.com yang merupakan salah satu produk atau platform blogging milik Google yang juga sering dimanfaatkan sebagai media website untuk berbagai macam keperluan. 

Selain Blogspot, sebenarnya Wordpress juga memiliki platform blogging yang seperti blogger tetapi kali ini Saya hanya akan memfokuskan untuk perbandingan Wordpress yang versi self hosting dan Blogspot sebagai bahan pertimbangan dalam membangun sebuah website.

Baik Blogspot ataupun Wordpress memiliki keunggulan/kelemahan masing – masing , berikut ini akan saya sampaikan beberapa keunggulan/kelemahannya masing – masing, yang mudah – mudahan bisa menjadi bahan refrensi ataupun pertimbangan dalam pengambilan keputusan pengembangan sebuah website ketika Anda bingung antara pilih blogspot atau wordpress ?

Keunggulan dan Kekurangan Blogspot 

Blogspot sendiri sudah menjadi platform besar yang banyak dimanfaatkan, seperti namanya blogspot, platform ini sebenarnya digunakan sebagai sarana blogging atau sederhananya kegiatan menulis dan berbagi informasi melalui media blog, tetapi sebenarnya blogspot bisa dimanfaatkan lebih jauh selain hanya untuk berbagi informasi melainkan juga bisa dimanfatkan untuk keperluan bisnis, apalagi mengingat saat ini dukungan terhadap platform blogspot cukup besar, dari mulai tersedianya berbagai jenis template, hingga dukungan penggunaan top level domain seperti .com .net .org .co.id dsb.

Berikut ini keunggulan dan kelemahan Blogspot 

Keunggulan

  1. Lebih Ekonomis
    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa blogspot merupakan platform blogging yang disediakan secara gratis oleh Google melalui blogger.com, dimana artinya kita tidak perlu lagi membeli paket hosting yang biaya sewa pertahunnya yang cukup mahal. Hal ini tentu saja tidak berlaku untuk Blogspot, kita tidak perlu sewa hosting, kita mungkin hanya perlu membeli domain yang tentunya jauh lebih murah dibandingkan harus membeli domain dan hosting. 

  2. Bisa Beli domain .COM kapan saja.
    Secara default jika menggunakan blogspot, maka domain website/blog Anda akan memiliki alamat seperti berikut www. Domainblogkita.blogspot.com, tetapi alamat domain tersebut bisa dirubah dengan mudah dengan cara membeli top level domain pada penyedia layanan hosting. Top Level Domain sendiri bisa Anda beli langsung dari blogspot/blogger atau Anda bisa membelinya dari layanan hosting diluar blogspot.

    Anda bisa memiliki domain yang lebih professional meskipun menggunakan blogspot, apalagi ditambah dengan sentuhan template yang menarik, maka sempurnalah tampilan website Anda di internet, selain itu Anda tidak perlu membelinya secara terburu – buru, Anda dapat membeli atau merubah domainnya kapan saja 

  3. SEO (Search Engine Optimation) Lebih Mudah
    Blogspot sendiri sudah terafiliasi dengan alat – alat / produk google lain seperti Google Search Console, Google Analytics dll, dalam upaya mengoptimalkan hasil pencarian website pada mesin pencari Google.  Karena Blogspot merupakan bagian produk google, maka optimasinya jauh lebih mudah dan cepat

  4. Aman
    Kita tidak perlu terlalu banyak memikirkan soal keamanan, semuanya sudah diserhakan pada sistem keamanan google

  5. Konten Dapat Dipindahkan ke Sistem Lain
    Konten yang Anda tulis pada blogspot bisa dibackup dan dipindahkan dengan mudah pada platform/teknologi CMS lain seperti Wordpress, Drupal, Joomla dan jenis CMS lainnya. Contohnya seperti Wordpress, CMS Wordpress mendukung pemindahan konten dari blogspot ke sistem Wordpress dengan mudah. Jadi ini artinya meskipun pada blogspot, Anda bisa berpindah ke sistem lain kapapun Anda mau

Kekurangan

  1. Terbatas
    Karena ini dihosting pada platform blogger, tentunya ini terbatas dimana Anda hanya sebatas mengatur tampilan/mengedit tampilan website Anda saja. JIka Anda menginginkan sesuatu yang kompleks seperti contohnya pengelolaan database daftar pelanggan maka ini agak sulit dilakukan
  2. Blog Anda dapat dihapus kapan saja oleh Blogger
    Jika blog yang Anda buat tidak mematuhi standar ataupun melakukan pelanggaran, Google bisa saja menghapus kapapun dia mau, baik dengan alasan atau tanpa alasan yang jelas. Jadi secara teknis Anda tidak terlalu memiliki banyak kebebasan, ibaratnya seperti Anda menumpang tinggal pada rumah orang lain, maka Anda harus tunduk dan taat pada pemilik rumah yang Anda tumpangi.


Keunggulan dan Kekurangan Wordpress 

Wordpress adalah salah satu CMS yang paling popular dengan jumlah pengguna terbanyak di internet. Wordpress sendiri memiliki berbagai macam keunggulan serta tentunya dukungan komunitas yang bisa membimbing ataupun membantu Anda ketika menemukan kesulitan. Selain itu Wordpress bisa digunakan untuk keperluan bisnis dalam skala besar, hal ini tentunya dengan adanya dukungan berbagai macam plugins yang bisa digunakan dalam proses transaksi bisnis.

Keunggulan

  1. Tidak Terbatas
    Tidak terbatas dalam artian bahwa Website yang Anda kembangkan bisa dikostumisasi secara bebas dan bisa lebih kompleks. Berbeda jika Anda menggunakan Blogspot, Anda hanya bisa mengkostumisasi bagian templatenya saja dan pengaturan – pengaturan yang disediakan oleh Blogspot, sedangkan Wordpress bisa dikostumisasi lebih dari itu, selain bisa mengkostumisasi bagian template, Wordpress dimungkinkan untuk dipasang berbagai macam plugins untuk berbagai macam keperluan seperti mengumpulkan data, mengembangkan aplikasi dan lain sebagainya.
  2. Aman
    Wordpress merupakan produk open source yang dikembangkan oleh banyak programmer dari berbagai Negara dan bahkan selalu diperbaharui atau diupdate kemanannya setiap saat, sehingga kita tidak terlalu memikirkan soal kemanannya, kendati demikian keamanan ini juga bergantung pada sisi server dimana Anda menghosting Website Wordpress Anda, karena percuma saja Anda memiliki Wordpress yang aman tetapi server tempat Anda menghosting websitenya tidak aman.
  3. Tersedia Berbagai macam Plugins dan Template
    Wordpress memiliki banyak dukungan Plugins dan Template, dari mulai template gratisan hingga yang berbayar. Hal ini tentunya sangat mendukung dalam pengembangan website berbasis wordpress
  4. SEO
    Wordpress juga memiliki dukungan dalam pengoptimalan website pada hasil pencarian mesin pencari.  Anda bisa mengoptimalkan Website Wordpress Anda dengan mudah, dari mulai dengan cara konvensional hingga dengan bantuan Plugins. Intinya Anda tidak perlu khawatir soal SEO karena Wordpress sudah memiliki dukungan khusus untuk masalah ini.

Kekurangan

  1. Kurang Ekonomis

    Jika untuk skala kecil atau penggunaan pribadi bisa dibilang bahwa wordpress self hosted kurang ekonomis apalagi jika memang Anda menggunakan sebagai sumber penghasilan. Jika penghasilan website Anda masih kecil atau bahkan sama sekali tidak ada, maka Saya pribadi beranggapan penggunaan Website Wordpress dengan self hosting kuranglah ekonomis karena disini Anda harus membeli hosting sekaligus domain.

    Harga hosting + domain termurah bisa mencapai Rp. 700 ribu itupun dengan resource terbatas, jika website Anda memiliki trafik yang besar, tentunya Anda perlu tambahan resource, dan itu artinya juga Anda perlu menambah biaya.

    Kurang ekonomis menurut saya, karena memang setiap orang punya kepentingan ataupun kebutuhan yang berbeda - beda, dimana jika misalnya kebutuhan saya disini hanya untuk sekedar ngeblog dengan penghasilan pas - pasan, maka saya pikir harganya kurang ekonomis. Tentunya ini jauh lebih murah biayanya jika hanya menggunakan blogspot  dengan top level domain dengan kisaran harga Rp. 119 ribu s.d 150 ribu

  2. Perlu Tambahan Pengetahuan

    Meskipun memang Wordpress telah memberikan kemudahan dari segi penggunaannya, tetapi memang Anda perlu sedikit tambahan pengetahuan seperti untuk konfigurasi database, memahami fitur di cPanel dan hal – hal lain yang memang terkadang butuh sedikit pengetahuan teknis. Tentunya hal ini bisa diatasi dengan mudah asalkan mau sedikit belajar 

  3. Meski Aman tetapi Harus tetap dijaga

    Kejahatan atau serangan cyber terhadap website saat ini memang relative banyak, dari mulai hanya sekedar untuk iseng -iseng sampai untuk kepentingan ekonomi. Wordpress sendiri merupakan sebuah CMS Open source yang bisa dibilang raletive aman, tetapi faktor keamanan itu tidak hanya bergantung pada sisi Wordpressnya saja, tetapi juga dari sisi server dan penggunanya, oleh karena itu meskipun Wordpress aman tetapi harus tetap diperhatikan dan dijaga karena tidak ada yang 100% aman, Anda harus rajin mengupdate wordpress yang Anda miliki serta tentunya rutin melakukan backup website

Jadi kesimpulannya adalah semuanya tergantung  kebutuhan Anda, jika website yang ingin Anda bangun adalah website sederhana untuk berbagi informasi maka mungkin Anda bisa memilih untuk menggunakan Blogspot atau jika Anda menginginkan suatu yang lebih kompleks maka mungkin Anda perlu memilih Wordpress.

Terima kasih, semoga ini bisa jadi refrensi bagi Anda yang bingung apakah memilih harus Blogspot atau Wordpress 


0 Response to "Pilih Blogspot atau Wordpress ?"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlebih dahulu di moderasi oleh Admin