Mengenal Jaringan IX dan IIX Beserta Kelebihan dan Kekurangannya


Mengenal Jaringan IX dan IIX Beserta Kelebihan dan Kekurangannya


Web hosting merupakan salah satu hal yang kamu butuhkan untuk membuat sebuah website. Hosting digunakan untuk menyimpan semua file dan data website sehingga bisa diakses oleh banyak orang melalui internet.

Tanpa adanya hosting murah terbaik tentu kamu tidak bisa membuat sebuah website. Inilah alasan mengapa kamu perlu menyewa hosting dan nama domain terlebih dahulu untuk membuat website.

Secara garis besar hosting dibagi menjadi dua yaitu hosting dengan jaringan IX dan IIX. Lantas sebenarnya apa itu jaringan IX dan IIX? Berikut merupakan penjelasan beserta kelebihan dan kekurangannya.

Apa Itu Jaringan IX dan IIX?

Sebelum mempelajari lebih dalam mengenai perbedaan hosting jaringan IX dan IIX, penting bagi kamu untuk mengetahui apa pengertian dari jaringan IX dan IIX. Ini dia pengertian dari jaringan IX dan IIX.

Pengertian Jaringan IX

International eXchange atau IX merupakan infrastruktur fisik yang memungkinkan para penyedia jasa layanan ISP dan jaringan untuk menukarkan lalu lintas internet antar jaringan mereka ke internasional.

Hosting IX sendiri merupakan link luar negeri atau website yang berada di luar negeri. Jenis hosting ini lebih cocok digunakan untuk target website dari luar negeri.

Pengertian Jaringan IIX

Jaringan IIX sendiri merupakan layanan web hosting yang servernya terhubung dengan Indonesia Internet eXchange (IIX). IIX merupakan sebuah jaringan interkoneksi yang menghubungkan semua penyedia layanan internet di Indonesia.


Melalui jaringan IIX setiap akses ke website dari pengunjung Indonesia tak perlu mengunjungi server luar negeri dari masing-masing penyedia layanan internet. Pasalnya lokasi server IIX sendiri berada di Indonesia.

IIX merupakan hosting negara Indonesia jadi mampu menawarkan kecepatan akses yang jauh lebih baik bagi pengguna internet di Indonesia. Saat ini lokasi server IIX berada di beberapa data center DKI Jakarta dan sekitarnya.

Kelebihan dan Kekurangan Jaringan IX dan IIX

Layanan jaringan IX maupun IIX memiliki berbagai manfaat yang ditawarkan. Nah berikut merupakan beberapa kelebihan dari jaringan tersebut.

Kelebihan Jaringan IX

Seperti yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya jika hosting server IX lebih cocok untuk target website dari luar negeri. Lantas apa saja sih kelebihan dari jaringan hosting IX?

  • Jaringan hosting IX mudah diakses oleh website-website crawles seperti Yahoo, Google, MSN dan lain sebagainya.
  • Pengiriman ataupun penerimaan email terbilang cukup lancar. Sebab routing ke mail server-mail server besar seperti Hotmail, Yahoo, Gmail dan lainnya terbilang cukup pendek.
  • Cenderung mudah diakses dari mana saja karena USA merupakan simpul dari internet dunia.
Kelebihan Jaringan IIX

Layanan jaringan hosting IIX cenderung lebih cocok untuk target website dari Indonesia. Nah berikut merupakan beberapa kelebihan dari jaringan hosting IIX yang perlu kamu ketahui.

  • Tidak dipengaruhi dengan kondisi jaringan global dari ISP dalam negeri yang digunakan.
  • Bandwidth International relatif lebih kecil. Jadi pengiriman email dengan attachment besar ke arah mail server di luar seperti Hotmail, Yahoo, Gmail dan lain sebagainya sering ter-delay.
  • Cenderung lebih cepat diakses dari dalam negeri yaitu Indonesia sebab routing terbilang pendek.
Kelemahan Jaringan IX dan IIX

Layangan jaringan server IX dan IIX juga memiliki beberapa kelemahan yang patut untuk dipertimbangkan. Setelah mengetahui kelemahannya maka kamu bisa menentukan jaringan hosting mana yang lebih tepat dipilih.

Kekurangan dari jaringan hosting IX yaitu kecepatan akses dari negara Indonesia kalah jika dibandingkan dengan server yang berlokasi di Indonesia.

Sedangkan kekurangan dari jaringan hosting IIX yaitu relatif lebih lambat jika diakses dari luar negeri. Sebab lokasi servernya berada di Indonesia seperti hosting Indonesia.

Mana yang Lebih Tepat Dipilih Jaringan IX dan IIX?

Sebenarnya ada beberapa yang khususnya perlu kamu pertimbangkan saat memilih jaringan IX dan IIX. Sebab kedua jaringan ini mampu memberikan kelebihan dan kekurangan yang patut untuk dipertimbangkan.

Apabila target pengunjung website atau blog berasal dari Indonesia saja, maka akan jauh lebih baik menggunakan server hosting yang berada di Indonesia. Sebab server tersebut terhubung dengan jaringan Interkoneksi Indonesia eXchange IIX.

Jika target pengunjung website atau blog kamu berada dari seluruh dunia, maka akan jauh lebih bagus menggunakan server hosting yang terletak di Amerika atau jaringan internet hosting eXchange IX.

Lokasi server ternyata cukup berpengaruh terhadap kecepatan akses sebuah halaman website. Meski demikian hal ini bukanlah faktor tunggal.

Faktor internal server juga dipengaruhi oleh spesifikasi server, jumlah website yang di-host dalam server yang sama dan memori server. Faktor eksternal yang cukup berpengaruh adalah ISP yang digunakan.

Jadi bisa diartikan server Indonesia jauh lebih cepat diakses dari Indonesia dan akan lebih lambat diakses dari Amerika.

Itu dia penjelasan mengenai apa itu jaringan IX dan IIX. Jaringan IX dan IIX memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Pemilihannya harus disesuaikan dengan kebutuhan website kamu. Jadi sebelum memilihnya pastikan untuk melakukan beberapa pertimbangan.

0 Response to "Mengenal Jaringan IX dan IIX Beserta Kelebihan dan Kekurangannya"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlebih dahulu di moderasi oleh Admin