Mengubah versi PHP Apache dari 8.0 ke 8.2

Sebelumnya Saya jelaskan terlebih dahulu bahwa sebelumnya saya menginstal php versi 8.0 pada sistem ubuntu yang saya gunakan kemudian saya mencoba mengupgradenya menjadi versi 8.2 karena ada kebutuhan khusus yang memang memerlukan versi php tersebut.


Tetapi saya heran karena setelah diupgrade, pada browser tetap terbaca versi php 8.0 tetapi pada terminal terbaca php versi 8.2. Hal tersebut setelah saya pelajari kemungkinan terjadi akibat konfigurasi yang tidak tepat pada server web yang saya gunakan. Sehingga disini saya perlu mengarahkan server web ke versi php yang diinginkan (yaitu 8.2).

Mengubah versi PHP Apache dari 8.0 ke 8.2

Jika Anda mengalami masalah yang sama seperti yang saya alami, maka Anda mungkin bisa mengikuti langkah – langkah umum untuk mengarahkan server web (contoh disini Apache) ke versi PHP 8.2 seperti berikut :

  1. Buka terminal dan jalankan perintah berikut untuk mengaktifkan modul PHP 8.2 pada Apache:

    sudo a2dismod php8.0

    sudo a2enmod php8.2

    Perintah diatas akan menonaktifkan modul PHP 8.0 dan mengaktifkan modul PHP 8.2 pada Apache.

  2. Setelah itu, restart Apache agar perubahan dapat diterapkan:

    sudo service apache2 restart

  3. Uji kembali versi PHP yang terdeteksi di browser Anda. Pastikan juga cache pada browser sudah dibersihkan agar tidak mempengaruhi deteksi versi php yang sudah dikonfigurasi sebelumnya

versi php apache sudah berhasil diarahkan ke versi 8.2

Jika Anda menggunakan server web selain Apache, prosesnya mungkin sedikit berbeda. Dalam kasus tersebut, pastikan Anda merujuk pada dokumentasi resmi server web yang Anda gunakan (seperti Nginx, Lighttpd, dll.) untuk mengetahui langkah-langkah spesifik yang diperlukan untuk mengarahkan server web tersebut ke versi PHP yang diinginkan.

0 Response to "Mengubah versi PHP Apache dari 8.0 ke 8.2"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlebih dahulu di moderasi oleh Admin