Fix Error Prestashop 8 Installation on Localhost Windows

Fix Error Prestashop 8 Installation on Localhost Windows

Saat Anda mencoba mengembangkan CMS Prestashop pada localhost windows, mungkin Anda akan menemukan beberapa masalah yang cukup merepotkan seperti error berikut :
  • “Unable to generate private keys using openssl_pkey_new. Check your OpenSSL configuration, especially the path to openssl.cafile.”
  • “Setting "realpath_cache_size" to e.g. "5242880" or "5M" in php.ini* may improve performance on Windows significantly in some cases.”

Pertama kita atasi dulu masalah realpath_cache_size pada prestashop. Anda hanya perlu memodifikasi baris realpath pada php.ini menjadi seperti berikut :

realpath_cache_size = 5M

Masalah kedua adalah adalah terkait ssl, pada versi sebelumnya ssl tidak dipermasalahkan tetapi pada versi sekarang dengan alasan tertentu pada saat instalasi kita perlu mengaturnya terlebih dahulu.

  1. Pertama pastikan openssl sudah dipastikan pada php.ini. Anda perlu memastikannya dengan cara mememeriksa baris ;extension=openssl terlihat seperti berikut :
    extension=openssl
  2. Selanjutnya Agar SSL berfungsi, maka harus ada variable yang mengarah ke file openssl.cnf. Dalam contoh kasus kali ini sebenarnya xampp memiliki file tersebut tetapi entah kenapa xampp tidak mengarahkannya ke jalur yang benar pada system sehingga Anda perlu mengarahkannya secara manual atau menambahkan variable tersebut pada windows
  3. Bukan Run atau tekan tombol kombinasi Windows + Run. Ketik sydm.cpl
  4. Klik tab advanced lalu klik enivorment variabel

    mengatur path ssl xampp windows

  5. Klik new pada system variables lalu pada variable name isi dengan nama OPENSSL_CONF dengan value misal "C:\xampp\apache\conf\openssl.cnf” sesuai direktori instalasi xampp Anda
  6. Terkahir restart komputer, lalu jalankan kembali proses installasi pada url misal http://localhost/prestashop/install/index.php
Dalam contoh kasus saya cara diatas berhasil. Jika terdapat error lain seperti misal error warning rename pada saat proses instalasi, silahkan lihat artikel cara mengatasi error rename prestashop 8

0 Response to "Fix Error Prestashop 8 Installation on Localhost Windows"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlebih dahulu di moderasi oleh Admin