Memindahkan SSD Ubuntu ke Komputer Lain

Jadi ceritanya saya memiliki dua buah SSD satu terinstall windows dan satunya lagi terinstall ubuntu versi 22, dimana dulu ketika bosan saya mencoba membeli SSD dan menginstall sistem operasi linux dalam hal ini ubuntu kedalamnya. SSD yang ternstall Ubuntu tersebut digunakan pada perangkat Laptop Core i5 generasi ke-3 dengan intel HD graphic 4000, tetapi penggunaan ubuntu tersebut tidak terlalu lama mengingat ada pekerjaan – pekerjaan tertentu yang memang harus menggunakan windows, terlebih lagi kalau harus bongkar pasang SSD tentu juga itu merepotkan.

laptop yang  pertama di install ubuntu
Sepk Laptop yang  pertama di install ubuntu

Kemudian pada akhirnya saya memutuskan untuk merakit sebuah komputer dan berpikir bahwa saya akan memindahkan SSD Ubuntu yang tidak digunakan tersebut ke PC Desktop yang telah selesai saya rakit. Namun saya agak ragu mengingat komputer yang saya rakit tersebut tentu spesifikasinya sedikit berbeda dari perangkat yang sebelumnya meskipun memang PC yang saya rakit inipun juga PC Core i5 generasi ke-3 dengan Mesa Intel HD Graphic 2500, tapi setelah dicoba memindahkan SSD Ubuntu yang pernah di instal di laptop ke PC Desktop ternyata Ubuntu bekerja dengan normal, tidak masalah yang saya alami khususnya dari sisi Driver.

komputer yang menerima ssd ubuntu pindahan
Spek komputer yang menerima ssd ubuntu pindahan

Sehingga saya berkesimpulan jika memindahkan sistem operasi yang pernah terinstall di suatu komputer ke komputer lain itu bisa dilakukan asalkan memiliki kemiripan yang identik atau tidak jauh berbeda. Dalam contoh kasus ini memindahkan SSD Ubuntu ke Komputer lain itu ternyata bisa dilakukan tanpa harus memikirkan apakah perangkat dapat menjalankannya atau nantinya akan terjadi masalah driver

Kemudian jika seandainyapun berbeda, menurut saya hal ini juga dapat dilakukan karena OS dengan sistem terbaru seperti Ubuntu, Mint, Fedora dan sejenisnya tentu memiliki kemampuan untuk mendeteksi perangkat keras yang digunakan sehingga akan dengan secara otomatis melakukan penyesuaian secara otomatis. Hal ini tentu berkat adanya teknologi kernel yang dimiliki oleh sistem operasi tersebut, semakin baru sebuah kernel maka kemungkinan semakin banyak pula dukungan terhadap perangkat – perangkat tertentu yang membuatnya dapat secara otomatis mengenali perangkat pada sistem komputer lalu melakukan penyesuaian. Tetap dalam kasus tertentu memang terkadang Driver tambahan perlu di install, misalnya ketika Anda menggunakan Eksternal VGA, kemungkinan Anda perlu menginstall driver graphic tambahan untuk bisa membuat kinerja komputer / VGA secara maksimal.

Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman saja serta beberapa refrensi artikel yang pernah saya baca di internet. Jika Anda memiliki pengalaman ataupun pendapat yang berbeda, Anda bisa menuliskannya pada kolom komentar.


0 Response to "Memindahkan SSD Ubuntu ke Komputer Lain"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlebih dahulu di moderasi oleh Admin