Cara Menyimpan Ip Address Pengunjung Website Kedalam Database


Setiap situs web diinternet punya cara tersendiri dalam mengolah beberapa informasi yang keluar masuk kedalam situsnya. Informasi tersebut berisi tentang data pengunjung yang mengakses situsnya seperti, apa sistem operasi yang digunakannya ?, browser yang digunakannya?, Dari mana asal pengunjung dan berapa ip addressnya ? dan masih banyak lagi.

Informasi/Data yang berhasil diperoleh akan disimpan kedalam database. Biasanya pemilik situs web menyelipkan script terntentu yang mempunyai fungsi atau kemampuan untuk merekam, menyimpan data pengunjung ke dalam database secara otomatis tanpa disadari oleh pengunjung situs web itu sendiri.

Di dalam PHP terdapat fungsi yang digunakan untuk mendeteksi IP client. Contoh script

<?php

$1p=$_SERVER[“REMOTE_ADDR”];

echo “Tampilkan IP”.$1p;

?>

Disini kita tidak hanya menampilkan ip client saja namun juga menyimpannya ke dalam database. Cara yang paling mudah adalah dengan menyisipkan script diatas kedalam sebuah form jadi pada saat ada pengunjung yang mengisi form, meninggalkan pesan atau komentar di website tersebut secara otomatis website juga akan mendeteksi ip client dan kemudian menyimpannya ke dalam database. Dalam form anda bisa menyelipkan script berikut :

<input name=”ip” type=”hidden” id=”ip” value=”<?php echo $_SERVER[‘REMOTE_ADDR’];?” />

Untuk contoh source code yang lebih lengkap lagi anda bisa membaca salah satu artikel saya yang berjudul Cara Membuat Aplikasi Buku Tamu Untuk Website Menggunakan Script PHP.  Fungsi untuk mendeteksi ip client ini sangat penting untuk diterapkan kedalam sebuah website dengan alasan keamanan.

4 Responses to "Cara Menyimpan Ip Address Pengunjung Website Kedalam Database"

  1. aduh ora maksud bahasa beginian mas...kalau memasak malah aku bisa...:)

    ReplyDelete
  2. makasih atas infonya mas,sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  3. teman - teman kesulitan untuk belajar komputer karena kesibukan? kini kami memfasilitasi kursus komputer jarak jauh via online, silahkan kunjungi website kami di asianbrilliant.com, ilmu komputer, Editing Film, master Animator, Web Master

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...