Cara Mengamankan File – File Rahasiah di Komputer Menggunakan FreeOTFE

FreeOTFE merupakan sebuah perngkat lunak (software) yang prinsip kerjanya hampir sama seperti TrueCrypt, software tersebut bisa membuat sebuah folder yang terkunci dengan kapasitas tertentu dan folder tersebut nantinya bisa diakses divirtual drive, jadi nanti akan muncul drive baru dikomputer. Mungkin itu akan terlihat seperti sebuah partisi baru dikomputer namun ingat bahwa drive tersebut sebenarnya hanyalah sebuah folder biasa.



Saya menggunakan FreeOTFE yang terdapat di Hiren’s BootCD versi 15 dimana saya bisa menggunakan software tersebut tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu dan berikut adalah Cara Mengamankan File – File Rahasiah di Komputer Menggunakan FreeOTFE :

1. Siapkan File CD/Flashdisk yang berisi Hiren’s Boot CD versi 15. Jalankan HBCDMenu.cmd Hiren’s. Klik Programs -> Security/Encryption -> FreeOTFE. Bila Free OTFE sudah muncul klik New Untuk membuat file/folder baru yang terkunci/terenkripsi 
run programs
FreeOtfe
 
2. Pada Jendela berikutnya klik next 
 
freeotfe welcome
 
 
3. Selanjutnya pilih Volume File kemudian klik Next > 
 
 

4. Pada jendela berikutnya anda harus member nama dan menentukan dimana anda akan meletakan folder terkunci tersebut. Pada contoh kali ini saya menaruh folder rahasiah saya di drive F dengan nama “filerekunci”. Bila telah selesai klik next. 
memberi nama folder free Otfe
 


5. Beriuktnya tentukan kapasitas dari folder yang anda buat, saran saya sesuaikan saja dengan kebutuhan serta besar file yang akan anda masukan ke dalam folder tersebut.
menentukan kapasitas folder
 


6. Berikutnya adalah menentukan jenis kemanan dari folder yang anda buat. Pilih saja jenis keamanan yang direkomendasikan oleh FreeOTFE, untuk lebih jelasnya anda bisa melihat gambar dibawah ini. Klik Next Bila telah selesai 
 
menentukan jenis enkripsi folder
 7. Pada jendela berikutnya klik next saja 
 
FreeOtfe
 


8. Terkahir berikan password untuk mengakses Folder tersebut. Lalu klik Finish
 
memberi password
 


Bila folder berhasil dibuat maka akan terlihat sebuah drive di FreeOTFE. Coba anda cek di drive komputer maka nanti anda akan melihat sebuah drive baru. Silahkan copy/pindahkan file – file rahasiah anda ke drive tersebut. Bila sudah selesai anda bisa membuka kembali jendela FREE OTFE kemudian klik kanan di drive lalu klik Dismount all untuk menutup folder tersebut. 
 
freeotfe finish
 
 

Bila anda ingin membukanya kembali maka anda tinggal klik Mount File, kemudian pilih file/folder yang dibuat sebelumnya dan masukan password yang valid



Bila mengamankan file – file rahasiah dengan cara biasa maka bisa jadi file rahasiah anda tersebut jatuh ke orang yang tidak bertanggung jawab. Bila file – file rahasiah yang anda miliki ingin aman maka mungkin FreeOTFE bisa jadi solusinya.

Deskripsi :

2 Responses to "Cara Mengamankan File – File Rahasiah di Komputer Menggunakan FreeOTFE"

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...