Mengenal Perangkat Jaringan Wireless

Sebagai seorang administrator sebuah jaringan komputer tentunya harus mengenal semua perangkat jaringan yang dia gunakan dalam membentuk jaringan komputernya. Dalam jaringan wireless terdapat lima perangkat yang biasanya digunakan untuk membentuk sebuah jaringan wireless :

1. Adaptor Jaringan Wireless

2. Access Point

3. Router Wireless

4. Antena tambahan untuk wireless

5. Sinyal Booster

Beberapa komponen diatas, hukumnya tidak wajib karena itu semua tergantung dari setting jaringan komputer yang diinginkan.

Adaptor jaringan wireless adalah wifi client yang merupakan tempat untuk mengirim dan menerima data menggunakan jaringan wireless. Adapun acces point dan router ini biasanya sudah dalam satu hardware karena hardware acces point umumnya memiliki fasilitas untuk routing. 

access point


Selanjutnya yang paling penting adalah antenna tambahan untuk wireless. Pada umumnya wifi client memiliki slot yang berfungsi untuk memasang antenna tambahan. Namun ada juga wifi client yang tidak memiliki slot untuk antena eksternal. Terutama yang ekstensinya dari usb atau PCMCIA.

Antena sendiri adalah bagian yang paling krusial dan penting dalam pembuatan jaringan Wifi. Semua itu dikarenakan jenis dan fungsi antenna bermacam – macam tergantung pada keperluan.

Pemilihan antenna yang tepat dapat dapat mengoptimasikan performa dari jaringan wifi yang kita miliki. Secara garis besar, ada beberapa jenis antenna ditinjau dari arah transmisinya :
*Antena Omni : Antena ini dapat menyebar ke semua arah/omnidirectional. Arah
  transmisinya adalah 360 derajat. 
gambar antena omni
Gambar antena omni

*Antena Sektoral : Berbeda dengan antenna Omni, antenna sektoral hanya
 mengarah ke sector tertentu, misal 90 derajat, 120 derajat, atau lainnya
antena sektoral
Gambar antena sektoral
* Antena direksional : Antena ini mengarah ke tujuan tertentu saja
antena direksional
Gambar antena direksional


Anda bisa membeli sebuah antenna di toko komputer ataupun kelompok – kelompok hoby yang menyediakan antenna dalam berbagai jenis. Untuk antenna direksional bahkan bisa anda buat sendiri, dari berbagai bahan, dari mulai bahan yang dibeli, sampai bahan di sekeliling rumah Anda. 

Untuk membuat sebuah jaringan wireless/hotspot itu memang membutuhkan banyak alat dan keluar banyak biaya, nah oleh karena itu bagi yang memiliki keterbatasan dalam hal tersebut maka Anda bisa menggunakan sebuah software untuk membuat jaringan hotspot/wireless. Baca Cara Mudah dan Instan Membuat Hotspot




7 Responses to "Mengenal Perangkat Jaringan Wireless "

  1. Wifi komputer saya sedang mengalami masalah, tidak mau di share dengan perangkat lainnya. harus di upgrade drivernya. tapi belum nemu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm,,, semoga masalahnya bisa cepet - cept fix yah gan

      Delete
  2. Antena yang paling bagus mas yang mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. semuanya juga bagus kang,,, tinggal disesuaikan sama kebutuhan aja

      Delete
  3. wifi untuk jenis seperti yang di atas tuh berapa harganya mas ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harganya beragam,,, akang bisa cek dbeberapa web yang jual antena,,, gak mahal kok

      Delete
  4. saya kemarin sudah nyoba trik dari mas mempercepat koneksi internet dengan wajan bolik, akhirnya josss, terus berkarya mas :)

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...