Bypass Login Windows Menggunakan Hiren's BootCD


Istilah bypass pertama kali saya dengar yaitu didalam dunia jaringan komputer. Dalam jaringan komputer ada istilah bypass, dan kalau saya sendiri mengartikan baypass sebagai sebuah tindakan atau cara yang dilakukan oleh seseorang untuk masuk kedalam sebuah sistem tanpa harus melalui/melewati autentifikasi terlebih dahulu.

Jadi semisal dalam sebuah sistem jaringan komputer kita memberlakukan sistem berpassword bagi siapa saja yang ingin mengakses internet maka dengan menggunakan teknik baypass kita tidak perlu lagi melakukan login atau mengetahui username dan password untuk masuk ke sistem tersebut.

Intinya baypass merupakan sebuah teknik yang memungkinkan seseorang untuk dapat masuk ke dalam sebuah sistem tanpa harus login atau memasukan username dan password sebagai autentifikasi.

Setelah beberapa lama menggunakan Hiren's BootCD, saya baru menyadari bahwa ternyata software ini bisa melakukan hal yang menurut saya sebagai sebuah tindakan “bypass”. Dengan Hiren's BootCD, Saya bisa masuk ke sistem windows dan mengakses data – data yang terdapat pada drive komputer saya secara bebas, tanpa harus login terlebih dahulu. Bypass Login Windows Menggunakan Hiren's BootCD sangatlah mudah, caranya :

1. Pertama siapkan terlebih dahulu CD/Flashdisk yang berisi Hiren's.

Bila Anda belum memiliki Hiren's maka Anda bisa download dari situs resminya atau Anda bisa menggunakan Hiren's BootCD yang telah saya modifikasi. Download Hiren's BootCD 15 Hasil Modifikasi

2. Lakukan Pengaturan Bios


Atur bios pada laptop/komputer agar melakukan booting pertama dari flashdisk/cd Hiren's

3. Masuk Menggunakan Mini Windows XP

Ketika boot sudah selesai diatur dan diarahkan ke cd/flashdisk yang berisi Hiren's maka nanti secara otomatis komputer akan langsung boot ke Hiren's. Nanti Anda bisa memilih menu Mini Windows XP.



Hiren's BootCD


Dengan menggunakan tiga langkah diatas maka seseorang bypasser bisa dengan mudah meangkses drive komputer windows Anda, mengcopy/menyalin file, melihat isi hardisk/direktori, delete dan melakukan hal lain tanpa harus meminta izin kepada Anda. Ini tentu akan menjadi pemandangan yang kurang menarik, apalagi bila di komputer tersebut terdapat data – data penting, photo, atau video rahasiah Anda, dan tentu saja Anda tidak menginginkan hal itu terjadi.

Bila Anda menginginkan agar komputer windows aman dan terhindar dari ancaman bypass yang dilakukan oleh orang – orang yang tidak bertanggung jawab, maka Anda bisa menerapkan cara – cara berikut :

1. Aktipkan sistem berpassword pada bios komputer.


Anda bisa mengaktipkan/memberi password pada bios komputer Anda, sehingga dengan begitu seseorang yang ingin mencoba boot dari media CD/Flashdisk/Hardisk yang berisi program seperti Hiren's akan kesulitan untuk mengeset dan booting dari program, karena bios suda diberi password.

2. Atur urutan Boot Pada Bios.


Meskipun Anda sudah mengeset/memberi password pada bios tapi urutan boot pada bios tidak diatur maka itu akan sangat percuma, karena kadang – kadang ada komputer/laptop yang akan langsung membaca dan melakukan booting dari media seperti CD, Flashdisk ataupun Hardisk eksternal tanpa harus mengeset urutan boot di bios terlebih dahulu.

Jadi urutan boot pada bios selalu pastikan dimulai dari hardisk utama atau hardisk yang berisi windows, kalau perlu matikan saja (disable) fungsi boot dari CD/flashdisk.

3. Enkripsi Folder/File dengan Password


Bila anda memang memiliki file – file penting di komputer yang sangat rahasiah maka sebaiknya Anda mengenkripsinya atau menerapkan sistem berpassword pada folder. Ini pilihan yang cukup bagus dan efektip karena meskipun seseorang mampu melakukan bypass komputer windows kita, tapi dia belum tentu bisa bypass dan mengkses folder yang telah kita beri password.

Ada banyak aplikasi yang memiliki kemampuan enkripsi sebuah data/folder, tapi saya sendiri untuk urusan enkripsi data menyerahkannya kepada Truecrypt. Karena truecrypt mampu membuat sebuah folder dengan enkripsi yang nantinya bisa diakses dalam mode virtual drive.

Untuk para pengguna linux, khususnya pengguna linux ubuntu Anda jangan khawatir. Meskipun login komputer ubuntu Anda bisa di bypass tapi data – data, partisi linux atau hardisk yang dipartisi menggunakan linux tersebut tidak akan terbaca oleh Mini Windows XP Hiren's BootCD.

Hiren's BootCD memang bagaikan sebuah pisau memiliki dua mata, disisi satu sisi Hiren's bisa digunakan untuk tujuan kebaikan tapi disisi lain juga Hiren's bisa digunakan untuk kejahatan seperti dengan melakukan bypass login windows.

2 Responses to "Bypass Login Windows Menggunakan Hiren's BootCD "

  1. Salam kenal dan salam blogger mas, kunjungan pertama nih.

    Nggak sia sia mampir kesini, dapat ilmu yang sangat bermanfaat. Makasih ya mas

    ReplyDelete
  2. Password BIOS emang cucok. Terutama diaplikasikan buat komputer kantor.

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...