Pengalaman Memesan Tiket Pesawat di Traveloka Melalui Indomaret


Bagi yang suka traveling atau jalan – jalan, pasti sudah tidak asing lagi dengan situs yang satu ini. Yah Traveloka, merupakan sebuah situs yang memberikan layanan/jasa penjualan tiket secara online, setahu saya di traveloka kita bisa pesan tiket pesawat dan booking hotel dengan cara yang sangat mudah, cepat dan aman.
Menurut saya , Traveloka bukan hanya sekedar situs yang mencari keuntungan semata, ada hal lain selain itu yaitu keberadaan situs ini telah banyak membantu dan mempermudah banyak orang dalam melakukan setiap perjalanan ke berbagai tempat.

Kemudian juga ada sisi positif lainnya dimana saya melihat bahwa ternyata Traveloka secara tidak langsung telah memberikan banyak kesempatan bagi kita semua untuk ikut berbisnis dalam dunia transportasi, salah satu contohnya adalah kita bisa membuka usaha/jasa pemesanan tiket pesawat, karena walaupun sekarang ini sudah banyak orang yang mengenal dunia online dan tahu bagaimana cara bertransaksi online seperti salah satu contohnya adalah memesan tiket pesawat secara online, tapi tidak sedikit juga dari mereka yang lebih senang mengandalkan jasa orang lain dalam urusan memesan tiket pesawat , dan ini bisa kita manfaatkan sebagai ladang usaha dengan cara bekerja sama dengan Traveloka, maksudnya adalah kita memesankan tiket untuk orang lain dan kita mengambil sedikit keuntungan dari jasa tersebut. Mungkin ini akan terlihat seperti ajang percaloan, tapi menurut saya ini sah – sah saja, selagi harga dari jasa yang kita tawarkan tidak terlalu mahal dan tentunya juga memesan tiket pesawat secara online itu membutuhkan biaya terutama biaya untuk membeli kouta internet.

Salah satu perusahaan yang ikut ambil bagian dari bisnis transportasi ini adalah Indomart. Sekarang ini kita bisa memesan tiket pesawat di traveloka kemudian melakukan pembayaran uangnya melalui Indomart, saya kurang mengerti tentang sistemnya tapi itulah yang saya lakukan. Ada beberapa hal /alasan yang membuat seseorang lebih mengandalkan atau memilih metode pembayaran melalui Indomaret dibandingkan dengan metode transfer bank, diantaranya :

1. Tidak mengerti atau tidak memiliki kartu kredit.

Untuk jaman yang secanggih ini mungkin memiliki kartu kredit sudah menjadi kebutuhan tersendiri terutama untuk keperluan transfer uang, tetapi tidak semua orang memahaminya dan ingin mengerti tentang itu, mereka lebih senang berhubungan langsung dengan penjual atau pemilik jasa tertentu.

Coba Anda perhatikan saja di Kantor Pos, hampir setiap hari atau setiap bulannya banyak orang yang mengantri untuk melakukan pengiriman uang melalui Kantor Pos, padahal kita tahu sendiri bahwa kita bisa mentransfer uang dengan cara yang lebih mudah yaitu menggunakan metode transfer bank yang saat ini bisa dilakukan melalui handphone atau smartphone kita dengan salah satau fasilitas yang sering disebut dengan mobile banking.
Semua hal ini tentu saja disadari oleh pihak Traveloka, sehingga mereka juga menerima pembayaran melalui Indomart dan menurut saya seharusnya semua situs online yang menyediakan jasa penjualan tiket menyadari hal tersebut, karena itu semua juga demi kemajuan dan perkembangan usaha itu sendiri. Mungkin suatu saat nanti, Traveloka bisa lebih mengembangkan usahanya lagi yaitu dengan cara bekerja sama dengan Pos Indonesia. 
2. Uang di kartu kredit atau mesin ATM habis

Terkadang selalu saja ada hal – hal yang tidak terduga seperti Uang di kartu kredit habis, Uang dimesin ATM habis, mesin ATM gangguan atau tidak bisa untuk digunakan transaksi, dan masih banyak hal – hal yang tidak terduga lainnya, maka dari itu metode pembayaran atau pemesan tiket melaui indomart ini bisa menjadi pilihan.

​Dan masih banyak alasan lainnya yang membuat seseorang lebih senang menggunakan metode pembayaran selain transfer bank.
Berikut ini merupakan Pengalaman Memesan Tiket Pesawat di Traveloka Melalui Indomaret

1. Memesan Tiket di Traveloka.com

Hal pertama yang saya lakukan sebelum datang ke Indomart untuk mendapatkan tiket pesawat yang saya inginkan adalah dengan melakukan registrasi di situs traveloka. Memilih tempat/bandara dari mana kita akan melakukan penerbangan dan kemudian memilih tujuan/bandara tempat dimana kita akan transit kemudian tinggal pilih tanggal keberangkatan dan pesawat yang ingin gunakan untuk melakukan penerbangan. 

Registrasinya menurut saya cukup mudah dan tanpa saya yakin orang awampun akan langsung mengerti dengan proses registrasi tersebut.

2. Tidak ada pilihan metode pembayaran dari Indomaret 
     di situs Traveloka

Sebelum saya memesan tiket, saya menanyakan terlebih dahulu ke costumer service Traveloka tentang apakah Traveloka bisa melayani pembayaran lewat Indomart melalui menu chat yang ada di pojok kanan bawah, dan ternyata costumer service menjawab bahwa hal tersebut bisa dilakukan. Berikut ini merupakan percakapan saya dengan costumer service Traveloka yang bernama Miftahul Intan :

-----------------------------START CHAT--------------------------------

Chat started on Friday, February 12, 2016 4:06:56 PM

(4:06:56 PM) *** Visitor 36270274 has joined the chat ***

(4:06:56 PM) Ahmad: Pembayarannya bisa lewat Indomart atau Alfamart ga mas ???

(4:06:59 PM) *** Miftahul Intan has joined the chat ***

(4:07:38 PM) Miftahul Intan: Selamat sore Bapak Ahmad, saya Mitha dengan senang hati menjawab pertanyaan atau permasalahan yang dialami. Baik, Bapak menanyakan untuk pembayaran Indomaret/Alfamart ya Pak?

(4:08:12 PM) Ahmad: Indomart mba... buat penerbangan jakarta pekanbaru

(4:09:05 PM) Miftahul Intan: Baik, untuk pembayaran Traveloka menyediakan Indomaret, tidak Alfamart ya Pak.

(4:09:42 PM) Ahmad: Terima kasih

(4:10:00 PM) Miftahul Intan: Baik, apakah sudah cukup jelas informasinya Pak Ahmad?

(4:10:16 PM) Ahmad: Sudah,, ini juga langsung mau pesen tiket

(4:10:36 PM) Miftahul Intan: Baik, apakah ada lagi yang ditanyakan?

(4:11:16 PM) Ahmad: sudah cukup

(4:11:18 PM) Miftahul Intan: Senang sekali bisa membantu Bapak Ahmad. Jika pelayanan kami hari ini sangat baik silakan klik thumbs up di pojok kanan atas dan masukan yang diberikan kepada kami sangat kami hargai. :)

Apabila nanti ada pertanyaan kembali silakan hubungi kami di line telepon 0804-1500-308/ LiveChat ini/email ke cs@traveloka.com. Terima kasih telah menghubungi Traveloka. :)

(4:12:24 PM) Ahmad: Nanti,, pas datang ke indomartnya,, saya nunjukin nomor pesanannya saja kan ???

(4:14:13 PM) Miftahul Intan: Baik, untuk tata cara dengan Indomaret: Pertama mengklik “Indomaret” pada halaman pembayaran, lalu klik “Bayar”. Customer membaca syarat dan ketentuan pembayaran lalu mengklik “Saya Setuju”. Ada biaya Rp 5.000/transaksi (tidak termasuk di total transaksi) untuk pembayaran melalui gerai Indomaret. Ini merupakan ketentuan sepenuhnya dari Indomaret dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya, kemudian mendapatkan Kode Pembayaran Indomaret, Bapak akan pergi ke Indomaret terdekat untuk melakukan pembayaran dengan menyiapkan: Kode Pembayaran dan Nomor Telefon Pembayar, dan Bapak menerima konfirmasi pembayaran dan e-ticket melalui email.

(4:16:32 PM) Miftahul Intan: Baik, apakah Bapak masih bersama kami?

(4:18:09 PM) Miftahul Intan: Baik, apakah Bapak masih bersama kami?

(4:19:53 PM) Ahmad: iyah terima kasih,, saya mau pergi ke indomart dulu..

(4:19:58 PM) Miftahul Intan: Senang sekali bisa membantu Bapak Ahmad. Jika pelayanan kami hari ini sangat baik silakan klik thumbs up di pojok kanan atas dan masukan yang diberikan kepada kami sangat kami hargai. :)

Apabila nanti ada pertanyaan kembali silakan hubungi kami di line telepon 0804-1500-308/ LiveChat ini/email ke cs@traveloka.com. Terima kasih telah menghubungi Traveloka. :)

------------------------------------END CHAT-------------------------------------

3. Mendapatkan Kode Booking

Pada saat itu Saya bilang bahwa Saya mengerti tentang semua hal yang dijelaskan oleh si costumer service, teteapi beberapa menit kemudian saya mulai kebingungan karena di website saya benar – benar tidak menemukan metode pembayaran melalui Indomart.

Ini tentu saja sangat membingungkan, apalagi pada saat saya datang ke Indomart Saya dimintai kode booking, saya pikir saya cukup memperlihatkan kode pesanannya saja. Akhirnya saya mencoba membuka kembali website Traveloka dan mulai kembali bertanya ke costumer service yang bernama Anisya Oktaviani

----------------------------------START CHAT--------------------------------

Chat started on Friday, February 12, 2016 4:46:33 PM

(4:46:33 PM) *** Ahmad has joined the chat ***
(4:46:33 PM) Ahmad: Saya mencoba memesan dan mebayar,, tapi di website tidak ada pilihan pembayaran melalui indomart,,, duh gimana sih,,,
(4:47:44 PM) *** Anisya Oktaviani has joined the chat ***
(4:48:27 PM) Anisya Oktaviani: Selamat sore Bapak Ahmad, saya Nissa dengan senang hati menjawab pertanyaan atau permasalahan yang dialami.
(4:48:48 PM) myroot593@gmail.com: saya sudah mengecek di pesanan saya,, tapi enggak ada kode bookingnya
(4:49:18 PM) Anisya Oktaviani: Baik, Bapak Ahmad ingin melakukan pembayaran namun tidak menerima kode bookingnya ya Pak?
(4:49:48 PM) Anisya Oktaviani: Baik, bisa diinformasikan untuk alamat email yang digunakan pada saat proses pemesanan tersebut Bapak?
(4:50:16 PM) myroot593@gmail.com: iya benar sekali,, saya udah daftar,, saya cuma tinggal bayar aja ke indomart tapi indomartnya minta kode booking,,, sedangkan saya tidak tahu kode bookingnya...
(4:51:39 PM) Anisya Oktaviani: Baik, Bapak Ahmad bisa diinformasikan Pak untuk alamat email yang digunakan pada saat proses pemesanan tiket tersebut?
(4:52:52 PM) myroot593@gmail.com: myroot593@gmail.com, saya pesannya atas nama lina yuliandini ,, saya juga udah daftar jadi member traveloka..
(4:53:37 PM) Anisya Oktaviani: Baik, kami akan coba lakukan pengecekan terlebih dahulu Bapak bisa menunggu 1 menit?
(4:54:28 PM) myroot593@gmail.com: oke silahkan
(4:55:18 PM) Anisya Oktaviani: Baik, Bapak Ahmad apakah betul alamat email tersebut digunakan pada saat melakukan pemesanan tiket tersebut? karena kami tidak dapat melakukan pengecekan dengan alamat email tersebut.
(4:55:50 PM) Anisya Oktaviani: Atau bisa diinformasikan nomor telepon yang Bapak gunakan pada saat pemesanan tiket tersebut?
(4:56:09 PM) myroot593@gmail.com: benar sekali mba,,,, ini kode pesannan saya,, coba cek kode pesanan saya ini 66955998
(4:56:54 PM) myroot593@gmail.com: Jakarta (CGK) - Pekanbaru (PKU)
Lion Air

Pergi

15 Feb 2016

Status

Booked
No. Pesanan 66955998
Refund Detail
(4:58:49 PM) myroot593@gmail.com: ini nomor teleponnya, 085320959800
(5:00:36 PM) Anisya Oktaviani: Baik, Bapak betul untuk nomor pemesanan 66955998 dan kode PNR LXXXX atas nama Lina Yuliandini untuk penerbangan dengan rute Jakarta-Pekan Baru menggunakan maskapai Lion air. Dengan total tagihan yang harus dibayarkan adalah 452,498 harap Bapak lakukakan pembayaran sebelum jam 18:30 agar tidak melewati batas waktu pembayaran.
(5:02:16 PM) myroot593@gmail.com: jadi kode bookingnya PNR LXXXXX
(5:02:50 PM) Anisya Oktaviani: Untuk kode booking PNRnya adalah: LXXXXX
(5:04:56 PM) myroot593@gmail.com: Terima kasih,, sangat memabntu sekali
(5:05:06 PM) Anisya Oktaviani: Baik, apakah sudah cukup jelas informasinya atau ada lagi yang bisa dibantu?
(5:06:16 PM) myroot593@gmail.com: Sudah cukup mba terimakasihh,, tapi untuk masukan aja, seharusnya di website juga disertakan metode pembayaran lewat indomarnya juga, agar pelanggan enggak kebingungan,, terima kasih banyak atas bantuannya...
(5:08:29 PM) Anisya Oktaviani: Baik, terima kasih atas saran dan masukannya Bapak Ahmad untuk kedepannya menjadi acuan agar Traveloka dapat memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan setia Traveloka.
(5:10:53 PM) Anisya Oktaviani: Baik, apakah sudah cukup jelas informasinya atau ada lagi yang bisa dibantu?
(5:16:11 PM) Anisya Oktaviani: Senang sekali bisa membantu Bapak Ahmad. Jika pelayanan kami hari ini sangat baik silakan klik thumbs up di pojok kanan atas dan masukan yang diberikan kepada kami sangat kami hargai. :)

Apabila nanti ada pertanyaan kembali silakan hubungi kami di line telepon 0804-1500-308/ LiveChat ini/email ke cs@traveloka.com. Terima kasih telah menghubungi Traveloka. :)


---------------------------------END CHAT---------------------------------------

Untungnya costumer service dari Traveloka cepat tanggap sehingga saya bisa mendapatkan kode booking, ini memang tidak praktis karena kode booking tidak dikirim ke email atau ke halaman member Traveloka, saya tidak bisa menemukan kode booking di halaman “pesanan saya”, entah kenapa, mungkin websitenya ada gangguan atau mungkin ada kesalahan lain yang tak saya mengerti.

Walaupun kode booking dikirim melalui chating dan terkesan tidak praktis, tapi menurut saya hal tersebut sangatlah membantu , dan saya sangat senang pelayanan dari costumer service Traveloka yang cepat tanggap saat melayani pelanggannya. Ini mungkin bisa jadi pelajaran bagi semua orang bahwa usaha kita akan mendapatkan pandangan positif dari orang lain, ketika kita memperlakukan pelanggan dengan baik.


4. Memberikan Kode Booking ke Petugas Indomaret

Setelah mendapatkan kode booking, maka langkah selanjutnya adalah kita tinggal pergi ke Indomart terdekat dan menunjukan kode booking tersebut ke Petugas Indomaret. Tapi tunggu dulu, ternyata pada saat kode booking tersebut di serahkan ke petugas, ternyata petugas Indomart bilang bahwa kode tersebut tidak ada atau tidak muncul

Akhirnya saya coba kembali membuka website Traveloka, dan menanyakan ke costumer service bernama Agung :

----------------------------START CHAT------------------

Chat started on 2016-02-13 02:02 AM UTC

(02:02:06 AM) *** Ahmad joined the chat ***
(02:02:06 AM) Ahmad: Saya kan ingin melakukan pembayaran lewat indomaret,, nah kemarin di kasih kode booking sama costumer servicenya mba anisa,, kode bookingnya LNOABW, tapi pas di cek di indomaret katanya tidak ada,, bagaimana ?? sekarang saya sudah daftar lagi... terus mau bayar ke indomaret,, terus saya butuh kode booking yang benar,, ??? di web saya gak melihat metode pembayaran melalui indomaret,,, jadi gimana ini ???
terima kasih
(02:02:13 AM) *** Agung Firmansyah joined the chat ***
(02:02:31 AM) Agung Firmansyah: Selamat pagi Bapak Ahmad, saya Agung dengan senang hati menjawab pertanyaan atau permasalahan yang dialami.
(02:02:48 AM) Ahmad: Saya kan ingin melakukan pembayaran lewat indomaret,, nah kemarin di kasih kode booking sama costumer servicenya mba anisa,, kode bookingnya LNOABW, tapi pas di cek di indomaret katanya tidak ada,, bagaimana ?? sekarang saya sudah daftar lagi... terus mau bayar ke indomaret,, terus saya butuh kode booking yang benar,, ??? di web saya gak melihat metode pembayaran melalui indomaret,,, jadi gimana ini ???
terima kasih
(02:04:27 AM) Agung Firmansyah: Baik, jadi Bapak ingin membayar melalui Indomaret ya? kami informasikan untuk pembayaran melalui Indomaret harus dilakukan untuk pemesanan 3 hari kedepan, jadi metode Indomaret tidak akan muncul jika pemesanan kurang dari 3 hari.
(02:06:17 AM) Agung Firmansyah: Apakah informasinya sudah cukup jelas?
(02:06:37 AM) myroot593@gmail.com: Saya kan tadinya mau pesen yang tanggal 15, nah berarti gak bisa yah ?? kalau tanggal 16 atau 17 bisa gak ???
(02:08:06 AM) Agung Firmansyah: Jika untuk tanggal 16 tidak bisa Ibu, akan tetapi jika tanggal 17 masih bisa.
(02:10:25 AM) Agung Firmansyah: Apakah informasinya sudah cukup jelas?
(02:12:44 AM) myroot593@gmail.com: mas, saya udah daftar lagi untuk tanggal 17 februari nanti,, atas
Nama : Lina Yuliandini
(02:13:17 AM) myroot593@gmail.com: mas, saya udah daftar lagi untuk tanggal 17 februari nanti,, atas
Nama : Lina Yuliandini
No HP : 085320959800
mohon bantuannya untuk masalah kode booking
(02:15:26 AM) Agung Firmansyah: Baik, jika begitu kami sarankan untuk membayar dengan secepatnya. Untuk kode pemesanan akan otomatis Bapak dapatkan ketika melakukan pemesanan.
(02:17:13 AM) myroot593@gmail.com: maaf nih mas,, bukannya saya ngeyel,, tapi kata costumer service yang kemarin,, kode pemesanan sama kode booking itu beda,, terus pihak indomaret nya juga mintanya kode booking bukan kode pemesanan
(02:20:25 AM) Agung Firmansyah: Baik, jika begitu kami berikan informasik untuk kode pembayaran Indomaret Bapak dapatkan ketika memilih setuju dengan pemesanan metode Indomaret pada saat memesan tadi.
(02:23:22 AM) Agung Firmansyah: Apakah informasi yang kami sampaikan sudah cukup jelas?
(02:25:34 AM) myroot593@gmail.com: duh,, mas,,, sumpah, saya disini gak lihat metode pembayaran melalui indomaret,,, disini saya klik setuju, malah suruh transfer lewat BCA,,, saya akan coba metode transfer lain saja,, silahkan mas cek sendiri websitenya, disana tidak ada metode pembayaran melalui indomaret,, solanya kemarin katanya bisa lewat indomaret,, tapi malah pelanggan kesulitan dapat kode booking
(02:28:22 AM) Agung Firmansyah: Baik, jika Bapak tidak dapat melakukan pembayaran melalui Indomaret, kami akan coba cek dan untuk saat ini Bapak bisa menggunakan metode pembayaran yang lain.
(02:31:12 AM) Agung Firmansyah: Baik, apakah sudah cukup jelas informasinya atau ada lagi yang bisa dibantu?
(02:31:28 AM) myroot593@gmail.com: sudah cukup. terima kasih
(02:34:20 AM) Agung Firmansyah: Baik, apakah ada lagi yang ditanyakan?
(02:37:47 AM) Agung Firmansyah: Baik, apakah Bapak masih bersama kami atau ada hal lain yang bisa kami bantu?
(02:41:30 AM) myroot593@gmail.com: saya kan enggak punya ATM mas,, pinjem ke orang lain enggak bisa, dan gak ada yang mau dipinjemin,, padahalkan sebenarnya ini simple saja,, pelanggan tinggal dikasih kode booking dan pelanggan tinggal tukrin kode booking tersebut ke Indomart,,, yah terima kasih mas,, atas bantuannya,, itu cuma sekedar masukan atau saran saja,, saya akan coba dulu nyari pinjeman ATM,, nanti saya akan pesan lagi disini,,,
(02:45:14 AM) Agung Firmansyah: Baik mohon maaf atas ketidaknyamanannya Bapak, kami sudah cek dan tidak ada masalah dengan metode bayar Indomaret, jika Bapak memang sudah memesan untuk 3 hari kedepan dan tidak ada menu metode pembayaran Indomaret. Kami sarankan untuk mencobanya secara berkala dan memilih metode pembayaran lain.
(02:49:11 AM) Agung Firmansyah: Baik, apakah sudah cukup jelas informasinya atau ada lagi yang bisa dibantu?
(02:49:12 AM) *** myroot593@gmail.com left the chat ***

--------------------------------END CHAT------------------------

5. Menu Pembayaran Melalui Indomart Menghilang ? 

Dalam chating tersebut saya bilang bahwa saya tidak melihat metode pembayaran lewat Indomaret, tapi costumer service bilang, dia sudah mengecek dan sistem pembayaran lewat Indomaret ternyata ada.

Dan disini saya mengambil kesimpulan bahwa mungkin sistem komputer saya yang rusak, padahal saya disini sudah bergonat ganti komputer, dan hasilnya sama saja, metode pembayaran lewat Indomaret tidak tersedia di website. 

6. Membeli Tiket Pesawat dari Tukang Nasi Padang
 
Keputusan terkahir yang saya ambil adalah memesan tiket dari penjual Nasi padang , loh kok bisa ?? tentu saja, soalnya kebetulan adik dari penjual nasi padang tersebut adalah seorang agen penjual tiket pesawat yang berada di Jakarta sana, pesannya pun lewat telephone dan metode pembayarannya pun langsung diserahkan ke tukang nasi padangnya.  cukup 5 menit berbicara dan tiketpun langsung berada ditangan

Walaupun harga yang ditawarkan oleh agen tersebut cukup fantastis dan memang lebih murah jika pesan dari website langsung, tapi karena butuh dan sangat mendesak, maka tiket tersebutpun dibeli.

Itulah pengalaman saya memesan tiket pesawat di traveloka yang ujung - ujungnya malah pesan tiket pesawat ke Tukang Nasi Padang. Terkadang memang berhubungan langsung dengan manusia itu lebih baik dibandingkan melalui media perantara seperti website. Hanya saja yang perlu Anda ingat disini adalah jangan asal memesan tiket ke sembarang orang/atau yang mengaku agen Traveloka yang belum kita percaya, karena bisa - bisa Anda kena tipu.



Kalau memang ternyata sistem website Traveloka yang error, mungkin pihak Traveloka perlu sesegara mungkin untuk mengevaluasinya, tapi saya rasa ini mungkin kesalahannya ada di jaringan/ komputer yang saya gunakan

Video Menu Pembayaran Melalui Indomaret di Traveloka Menghilang 


18 Responses to "Pengalaman Memesan Tiket Pesawat di Traveloka Melalui Indomaret"

  1. mantap nih dapat pengalaman berharga dari sini, yg lain bisa belajar lebih hati hati

    ReplyDelete
  2. Bisa bayar lewat indomart jg ternyata...

    ReplyDelete
  3. Metodenya malah ganti ke penjual nasi padang ya mas he..he..

    ReplyDelete
  4. wah, mantap banget ini kang, bisa mempermudah dalam memesan tiket nantinya :)

    ReplyDelete
  5. Tapi kesannya agak ribet gitu mas...saya belum pernah sich pesan tiket via online. tp ini info bagus agar kita selalu hati-hati...

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. pembayaran indomaret hanya bisa digunakan minimal pemesanan dilakukan 3 hari sebelum keberangkatan

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...