Sidebar Blog Tiba - Tiba Pindah Ke Bawah

Kemarin Saya mengalami masalah yang bagi Saya cukup rumit, pasalnya salah satu blog Saya mengalami error dimana pada saat Saya melakukan ‘older post’ atau melakukan pengecekan tampilan perhalaman (thumbnail), tiba – tiba ketika mencapai halaman tertenu sidebar blog Saya jadi berpindah kebawah, padahal ketika Saya berada di halaman “Home” sidebarnya tetap berada disamping.

Sebenarnya awalnya Saya sudah melakukan perubahan terhadap sidebar, yaitu dengan menambahkan lebar sidebar menjadi 300px, dan melakukan perubahan lainnya, namun waktu itu Saya masih kurang teliti dan Saya anggap blog Saya tersebut sudah selesai bereskan. Namun ketika blog Saya sudah berganti domain, saya sedikit menjadi lebih perhatian dan melakukan banyak pengecekan, dan saat pengecekan tersebut Saya mendapat kejanggalan seperti yang sudah Saya jelaskan diatas, ketika saya melakukan “older posts” dan mencapai halaman tertentu, tiba – tiba sidebar blog yang terdapat di sebelah kanan jadi pindah kebawah. Bagi Saya ini cukup menganggu, dan tidak seperti apa yang Saya harapkan
Sidebar blog dibawah postingan pindah ke bawah
Sidebar di seblah kanan jadi pindah di bawah postingan

Sudah berbagai macam cara Saya lakukan, seperti dengan mengupload ulang template namun hasilnya tetap sama saja, Saya pikir ada yang salah dengan template. Disini Saya jadi berfikir untuk mengganti template, tapi setelah dipikir – pikir lagi template yang Saya pakai sekarang ini memang lebih simple dan Saya sendiri sudah merasa cocok, lagi pula kalau Saya sendiri tidak mau ribet, tidak mau rombak – rombak lagi template.


Setelah lama berfikir akhirnya Saya coba untuk memperbaikinya dan melakukan ‘older posts’ pada bagian yang membuat sidebar blog Saya tiba – tiba pindah ke bawah. Setelah dicek ternyata benar saja ada sedikit kejanggalan pada bagian “Posted in” dimana postingan lain “Posted in” nya menempel ke thumbnail artikel sedangkan ada sebuah artikel yang posted in nya berada di luar thumbnail

thumbnail artikel yang bermasalah
Thumbnail artikel yang bermasalah

Dan ternyata itu tidak hanya satu artikel saja, melainkan ada sekitar 3 artikel yang akhirnya juga ikut mempengaruhi sidebar template blog. Disini Saya berfikir bahwa yang bermasalah bukan Template blognya melainkan “Artikelnya”

Akhirnya Saya coba edit setiap artikel yang bermasalah tersebut dengan cara melakukan “Remove Formatting” artikel, dan hasilnya thumbnail artikelnya menjadi normal sesuai dengan artikel – artikel yang lain
thumbnail artikel kembali normal

Jadi penyebab utama permasalahan ini sebanarnya dari format artikel yang kita tulis. Saya sebenarnya sering menulis di MS. Word terlebih dahulu sebelum akhirnya di publish ke blog, dan biasanya sebelum di copy saya hilangkan terlebih dahulu dengan cara “Remove Formatting”, tapi entah kenapa ada beberapa artikel yang ternyata masih error meskipun sebelumnya Saya sudah melakukan remove formatting.

Masalah ini sebenarnya pernah Saya alami juga pada template Evo Magz yang Saya pakai di blog root93 ini. Hanya Saja tidak sampai mengganggu sidebar blog, masalahnya adalah ketika melakukan “older posts” atau melakukan browsing artikel dari menu navigasi bawah, artikel yang ditampilkan tidak sama rata, maksudnya di halaman pertama di tampilkan 7 artikel sedangkan pada halaman kedua hanya ditampilkan 6 artikel, dan untuk mengatasi masalah tersebut Saya juga melakukan “Remove Formatting” pada artikel yang diduga sebagai penyebab error.

Saya kurang tahu kenapa hal tersebut bisa terjadi, tapi yang jelas mungkin hampir semua template blog sensitif terhadap format – format yangbelum dibersihkan.

Untuk mengatasi masalah tersebut ada baiknya setiap kali akan memindahkan artikel ke blog dari MS.Word, Anda copykan dulu tulisannya ke Notepad untuk menghindari error atau keruskan template seperti yang Saya alami, menurut Saya "Notepad" lebih efektip untuk melakukan penghapusan format tulisan tertentu

Memang kita bisa menghapus format artikelnya langsung dari blog, tapi kadang kala semua hal tersebut tak berhasil, dan pada akhirnya mungkin Anda akan mengalami masalah yang Sama seperti yang Saya alami.

5 Responses to "Sidebar Blog Tiba - Tiba Pindah Ke Bawah"

  1. Itu karena tulisan yang dicopy dari Ms. Word menggandung CSS...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh pantes,, makasih kang... soalnya aku rada ora mudeng masalah CSS,,, :D

      Delete
  2. Ooh.. gitu? Saya sering ngetiknya di word tapi langsung kopi paste aja. Salah yak? Jadi harus gimana? Udah terlanjur dari awal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa sih mba ??? heheh kalau langsung di paste biasanya tampilan previewnya acak - acakan,, sementara di blog punya mba enggak acak - acakan...

      Delete
  3. Ooh.. gitu? Saya sering ngetiknya di word tapi langsung kopi paste aja. Salah yak? Jadi harus gimana? Udah terlanjur dari awal.

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...