Membuat Role Baru di Drupal

Dalam Drupal Role merupakan sebuah cara untuk memilah – memilah otoritas dari setiap user, mengatur apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan,  secara default dalam drupal terdapat 3 role dengan permission yang berbeda – beda yaitu, anonymouse user, authenticated user, dan administrator yang merupakan role/level tertinggi user di drupal, kendati demikian setiap role bisa saja diatur untuk memiliki level yang sama tergantung dari keinginan pemilik situs. Ketika Anda misal membuat/menambahkan user baru ke situs drupal, maka nanti juga Anda juga harus mengatur role apa yang akan diberikan terhadap user tersebut.

Drupal memang lebih fleksibel, Anda bisa menambahkan role baru dengan hak akses/permission yang sesuai dengan keinginan, misalnya saja Anda membuat role dengan nama “Editor”, nanti role editor tersebut bisa di atur permissionnya agar hanya bisa melakukan editing saja.

Membuat Role Baru di Drupal bi sa dilakukan menggunakan cara berikut
  1. Klik menu People > Permissions > Role. Sehingga nanti akan muncul tampilan seperti dibawah ini
    mengatur role pertama
  2. Untuk menambahkan role baru, Anda bisa memasukan nama role pada kotak add role. Masukan nama role sesuai dengan keinginan Anda lalu klik Add role, disini Saya menambahkan role dengan nama “userlihat”, maka nanti akan terlihat nama role baru dengan nama “userlihat”

    role baru sudah ditambahkan
  3. Ketika role baru sudah ditambahkan, Anda bisa mengedit permission/hak akses dari role yang baru saja ditambahkan. Klik edit permission, untuk mengatur/menambahkan permission
    mengatur permission
Permission ini bisa berkaitan dengan banyak hak akses, seperti menambahkan, mengedit, mendelete, menambahkan konten, mengakses menu, mengatur block dan masih banyak lagi, semua permission yang ada memang sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan biasanya setiap module baru yang ditambahkan juga nanti permissionya bisa diatur dari halaman tersebut

0 Response to "Membuat Role Baru di Drupal"

Post a Comment

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...