Tips Mencegah Dan Mengatasi Kesalahan Saat Interview Kerja


interview kerja

Aku akan selalu memilih orang malas untuk mengerjakan pekerjaan yang sulit, karena ia akan menemukan cara yang mudah untuk mengerjakannya.

Ketika akan memasuki dunia kerja, interview atau wawancara kerja adalah hal yang pasti akan anda temui. Untuk itu banyak tips wawancara kerja yang dibutuhkan untuk menghadapi interview kerja. Berikut ini Kerja-Id.com akan mencoba berbagi cara mengatasi kesalahan di saat wawancara kerja.

1. Jika Datang Terlambat

Datang terlambat saat ingin interview kerja, merupakan salah satu kesalahan yang fatal. Sebab ini kesalahan yang menunjukkan kredibilitas Anda di depan
pewawancara. Apabila meminta maaf, maka artinya Anda menunjukkan bahwa Anda sadar telah melakukan kesalahan. Lalu sebaiknya hindari alasan yang terlalu dibuat-buat. Akan lebih baik lagi bila Anda mengabari sebelumnya, melalui telepon bahwa akan telat.

2. Apabila Ponsel Berdering

Jika di tengah-tengah wawancara ponsel Anda berdering, yang harus Anda lakukan yaitu segera mematikan ponsel dan langsung meminta maaf. Katakan saja bahwa tadi Anda pikir ponsel tersebut sudah disilent atau dimatikan.

3. Saat Mendadak Buyar

Banyak calon pekerja yang saat diinterview, tiba-tiba otaknya tak bisa berpikir atau mendadak buyar dan tak bisa menangkap maksud dari pertanyaan si pewawancara. Apabila ini terjadi pada Anda, jangan sampai Anda asal-asalan menjawab. Yang harus dilakukan yaitu tanyakan kembali pertanyaan yang dilontarkan oleh interviewer. Sehingga Anda bisa yakin dengan pertanyaan tersebut dan jawabannya.

4. Tak Sengaja Berbicara Keburukan

Tak sedikit calon karyawan yang saat diinterview, tanpa sadar mereka membicarakan keburukan perusahaan, atasan, dan rekan kerja sebelumnya. Tentunya ini tidak akan terdengar baik di depan si pewawancara. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa langsung mengubah topik menjadi lebih positif. Misalnya, ceritakan bahwa Anda dapat pengalaman yang banyak dan bermanfaat.

Dari keempat cara di atas, semoga dapat membantu anda mengatasi kesalahan-kesalahan saat wawancara kerja. Semoga anda mendapatkan penilaiaan yang baik dan tentunya di terima kerja oleh perusahaan yang anda dambakan.

Artikel kiriman dari :
Amalia Lais 
Country Manager Indonesia
id.jooble.org

7 Responses to "Tips Mencegah Dan Mengatasi Kesalahan Saat Interview Kerja"

  1. Saat interview, saya menghindari untuk mematikan hape. Karena pengalaman-pengalam saat interview, hape berdering, biasa panggilan dari teman yang kawatir atau ingin segera tahu asil wawancara.
    Biar tidak terlambat, biasanya pula saya sudah meninjau lokasi jauh sebelum hari interview. Biar tahu letak dan posisi serta keadaan perusahaan.
    Biasanya saya terjebak pada tawar-menawar gaji.

    ReplyDelete
  2. Wah sangat bermanfaat banget tip[s ini, khususnya yang sedang mencari pekerjaan.

    ReplyDelete
  3. saat kita sedang interview memang kegrogian sangat mendalam terasakan, tetapi jika kita membaca artikel ini sebelum berangkat interview kerja rasanya kemungkinan untuk mengalahkan saingan kita dalam menangkaplowongan kerja yang tersedia pada kantor yang kita tuju akan berjalan dengan nyaman dan tetap nyantey kaya dipantey menghadapi interviewnya dong ah

    ReplyDelete
  4. Persiapan lah biar diterima kerjaan, yaealaahh... Sap tau dengan tips diatas saya lancar keterima kerja,.. Tapi kalau jadi blogger kayanya ngak perlu interview

    ReplyDelete
  5. wahhh bener tuh apalagi gugup saat di wawancara bisa bahaya banget dah

    ReplyDelete
  6. Poin yang menarik untuk disimak sebelum berangkat wawancara supaya bisa sukses diterima kerja.
    Tentunya tidak lupa doa dan restu dari orang tua. Penting juga ituh.

    ReplyDelete
  7. bener mas, kadang interview eh malah mendadak curhat, boro-boro mau sok intelek eh malah ungkapkan kejengkelan karena susahnya cari pekerjaan
    tipsnya sangat membantu terima kasih

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...